Menyambut Ramadhan, Tonton 5 Film Religi Ini!

Sebentar lagi kita akan dihadapkan dengan Bulan Ramadhan, aktivitas menonton menjadi menarik sambil menunggu bulan Ramadhan datang. Bagi yang akan menjalankan ibadah puasa maupun yang tidak, berikut 5 film religi yang wajib kamu tonton untuk menyambut Bulan Ramadhan!

1. Mencari Hilal (2015)

Mencari Hilal, salah satu rekomendasi film buat kamu!
Film ini disutradarai Ismail Basbeth, menceritakan tentang Mahmud yang menempuh jalan hidup islam secara kaffah. Ketika Mahmud mengetahui sidang Isbat Kementerian Agama menelan dana 9 milyar hanya untuk menentukan hilal, Mahmud terpukul atas realita yang tidak masuk akal. Ia teringat tradisi mencari hilal yang dulu dilakukan di pesantrennya. Di ujung usianya, Mahmud ingin mengulang tradisi mencari hilal untuk membuktikkan bahwa beribadah tidak untuk memperkaya diri dan mencari hilal tidak memerlukan dana sampai bermilyar-milyar.

Mencari Hilal adalah film tentang perbedaan dan bagaimana kita mencari kehangatan dari perbedaan. Sebuah drama keluarga dengan balutan religi yang secara teknis cukup bagus.

2. Sang Pencerah (2010)

Sang Pencerah, salah satu rekomendasi film religi buat kamu!
Sang Pencerah, film ini mengajak kita untuk mengenal lebih dalam pembentuk organisas Muhammadiyah yaitu Ahmad Dahlan. Bercerita tentang Darwis pemuda 20 tahun yang baru pulang dari Mekah. Ia terpukul karena masyarakat di kampungnya melaksanakan ajaran agama islam yang melenceng. Darwis juga mengubah namanya menjadi Ahmad Dahlan. Hal pertama yang dibuktikan Ahmad Dahlan adalah mengubah arah kiblat yang melenceng. Selain arah kiblat, ia mulai menghimbau masyarakat untuk berdoa kepada tuhan dengan tanpa perantara. Banyak rintangan yang dilalui Ahmad Dahlan untuk mengubah kebiasaan masyarakat di kampungnya menjadi Islam yang benar menurut ajaran Nabi.

Film ini menjadikan sejarah sebagai pelajaran pada masa kini tentang toleransi, koeksistensi (bekerjasama dengan yang berbeda keyakinan), kekerasan berbalut agama, dan semangat perubahan yang kurang.

Baca Juga:  6 Potret Film Musik Makan 2019

3. Ayat-ayat Cinta (2008)

Ayat-Ayat Cinta, salah satu rekomendasi film buat kamu!
Diadaptasi dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy berjudul Ayat Ayat Cinta dan film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, naskahnya ditulis oleh Salman Aristo. Bercerita tentang sebuah kisah cinta yang berlatar belakang agama islam, sebuah kisah yang penuh dengan nilai-nilai kesabaran, keikhlasan, ketulusan dan kemuliaan tentang cinta.

4. Le Grand Voyage (2004)

Le Grand Voyage
Le Grand Voyage, salah satu film tentang perjalanan ibadah haji. Perjalanan darat seorang ayah dan anak mengemudikan mobil, ada yang menarik dari mobilnya yaitu semua warna mobil biru kecuali pintu kanan yang berwarna kuning. Perjalanan tersebut dari Prancis ke Arab Saudi dengan dua watak yang berbeda antara ayah dan anak.

Ayah yang tidak bisa membaca, tapi bersikukuh sebagai pimpinan perjalanan, mengatur uang, makanan, mengatur kapan waktu istirahat dan kapan jalan. Sementara sang anak dengan pikirannya yang masih tertinggal di Prancis. Perjalanan yang menakjubkan dan mengharukan, lika-liku di dalamnya cukup memberikan pembelajaran.

Akting Nicolas Cazalé (Reda) dan Mohamed Majd (Ayah) terlihat begitu natural. Karena peran Reda, Nicolas mendapat award sebagai best actor dalam Newport International Film Festival.

5. The Message (1976)

The Message, salah satu rekomendasi film religi buat kamu!
Film yang disutradarai oleh Moustapha Akkad menggambarkan tentang kisah perjalanan Nabi Muhammad dan para pengikutnya. Mulai dari meneriwa wahyu, hijrah, perang badar, perang uhud sampai merebut kota Mekkah kembali. Film kolosal ini menghabiskan 6 tahun untuk pengembangan ide dan 1 tahun untuk pengambilan syuting. Film ini masih sangat revelan ditonton sampai saat ini karena mengandung nilai-nilai universal.

Gimana, kamu sudah siap menyambut bulan Ramadhan dengan menonton film religi di atas? Karena di bulan Ramadhan butuh ketenagan, kami juga ada list film-film yang menenangkan: 5 Rekomendasi Film Spiritual.

Dicky Dwiaji Himawan

Content Writer
Dicky Dwiaji Himawan lahir di Tegal, 6 Mei 1997. Mulai tertarik dengan dunia perfilman sejak SMP dan memiliki hobi menonton film. Menempuh pendidikan program studi film di salah satu sekolah tinggi swasta di Yogyakarta.
Dicky Dwiaji Himawan

Latest posts by Dicky Dwiaji Himawan (see all)

Baca Juga:  Percakapan Dengan Sutradara Film Pendek Wregas Bhanuteja & Jason Iskandar

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares