5 Tips Mencari Pemeran Untuk Film Karya Mahasiswa

Proses pemilihan pemeran sering disepelekan dalam pembuatan film independen, padahal casting juga sebuah proses yang penting dan gak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi sekadar memilih teman sendiri yang cantik atau tampan biar keliatan oke di kamera. Nih, kami kasih beberapa tips buat cari pemeran di film kamu.

Prioritaskan Aktor Profesional

Pasti kamu berpikir, “Ah, budget dari mana nih?” atau “Mana mungkin mau sih si A main di film mahasiswa kayak begini!” Nah ini adalah contoh persepsi yang salah dan harus dibuang jauh-jauh. Sebab kenyataannya banyak sekali aktor profesional yang mau membantu karya mahasiswa dengan biaya yang tak sama dengan “biaya asli” mereka. Yang perlu kamu lakukan adalah dekati dan ceritakan kenapa karya ini penting untuk dibuat dan kenapa dia adalah aktor yang tepat untuk peran itu. Percayalah, aktor profesional akan membuat pekerjaanmu amat sangat jauh lebih mudah.

Hindari Open Casting

Apabila kamu terpaksa mencari pemeran non-profesional, maka kami sangat menyarankan untuk menghindari open casting. Daripada menghabiskan waktu dengan terlalu banyak calon pemeran, lebih baik habiskan waktu lebih lama mengeksplorasi pemeran yang udah pernah kamu lihat atau direkomendasikan oleh sumber terpercaya. Sebagai contoh, kamu bisa mencari rekomendasi itu dari kegiatan mahasiswa di bidang teater, atau nonton film-film pendek karya kawan lain untuk menemukan calon pemeran yang kualitas aktingnya cocok dengan visi misi kamu.

Berikan Pengarahan

Ini dia tips mencari pemeran untuk film-film karya mahasiswa!

Ingat, kamulah yang akan bekerja secara langsung dengan pemeran. Setelah calon pemeran mencoba memerankan adegan, coba beri pengarahan dan lihat bagaimana mereka mencerna arahan. Memberitahukan subteks, motivasi, dan fungsi karakter di setiap adegan itu lebih penting, ketimbang membuat bingung calon pemeran dengan kata-kata just be yourself atau malah membandingkannya dengan aktor yang lebih berpengalaman. Dan jangan lupa, sebisa mungkin, berkomunikasilah langsung dengan aktor tanpa perantara astrada.

Pasangkan Dengan Pemeran Lain

Pasangkan dengan calon pemeran lain untuk melihat bagaimana kemampuan mereka membangun chemistry dengan rekannya. Selain itu, kamu juga akan bisa melihat gimana profesionalitas kerja mereka. Beberapa orang bisa bekerja dengan baik dan nyaman ketika sendirian, tapi membuat film adalah tentang kerja tim. Kalau dengan lawan mainnya aja dia gak bisa membangun suasana yang nyaman dan profesional, gimana dengan seluruh kru nantinya?

Lakukan Beberapa Sesi

Kamu gak mungkin menemukan pemeran hanya dalam satu kali sesi. Panggilah sekali atau dua kali lagi untuk mengeksplorasi sisi lain dari calon pemeran itu. Kamu juga bisa melakukan sesi lain di suasana dan tempat yang berbeda untuk mengeluarkan potensi terbaik calon pemeranmu.