6 Tips Lolos Casting Film

Bagi para sineas, dan pelaku industri perfilman tentunya sudah tidak asing dengan istilah casting. Casting adalah proses pemilihan aktor yang sesuai dengan karakter dan peran dalam sebuah skenario film. Sebelum membaca tips lolos casting film, kamu perlu mengetahui jenis-jenis casting film. Ada beberapa jenis-jenis casting yang biasa diterapkan oleh para pelaku industri film. Jenis-jenis casting, di antaranya yaitu casting by type, casting by ability, dan casting to emotional temperament.

Casting by type adalah proses pemilihan pemain atau calon talent film berdasarkan kecocokan fisik dengan karakteristik dan peran yang dibutuhkan dalam film. Casting by ability adalah casting dengan melihat kemampuan para calon talent serta melihat kecerdasan dalam melakukan akting di depan kamera sesuai dengan arahan sutradara maupun casting director. Casting to emotional temperament adalah proses pemilihan pemain dengan melihat kesamaan emosi dan temperamen. Penerapan jenis-jenis casting di atas disesuaikan dengan kebutuhan skenario, dan film yang akan diproduksi. Untuk kalian yang suka ikut casting, di bawah ini ada beberapa tips agar kalian bisa lolos casting film dengan mudah.

Amati Kecocokan Kalian Dengan Karakter Dalam Film

Tips Lolos Casting: Be Yourself!
Dari penjelasan jenis-jenis casting di atas kalian bisa lebih tahu, casting mana yang lebih cocok untuk kalian. Misalnya ada kesamaan ciri-ciri karakter yang diminta dengan diri kalian, seperti rambut ikal, berwajah oriental, maka kalian tentu akan dilirik untuk jadi salah satu kandidat terkuat karena dianggap lolos casting to type. Jika tidak bisa sesuai secara fisik, maka kalian harus punya bakat akting yang bagus agar bisa lolos casting film tersebut. Banyak jalan menuju Roma, jadi jangan menyerah, ya!

Baca Juga:  5 Pihak Ini Penting Tapi Sering Terlupa Dalam Industri Film

Datang Tepat Waktu

Setelah menerima kabar hari dan jam yang ditentukan dari pihak film, datanglah tepat waktu. Ketepatan waktu kalian akan memberikan first impression yang bagus. Kalian akan dinilai sebagai talent yang profesional. Ingat! Manajemen waktu yang baik tercermin dari kebiasaan kita dalam menghargai waktu janjian. Datang tepat waktu atau datang lebih awal nggak ada ruginya, kok. Kalian bisa bersantai sekaligus mempersiapkan diri untuk casting. Selain itu, kalian juga bisa berkenalan dengan beberapa kru yang terlibat dalam proses casting dan para peserta casting lainnya. Jika kalian datang lebih awal, kalian bisa punya waktu lebih untuk melakukan latihan sebelum masuk ruangan casting.

Perhatikan Pakaian dan Riasan Kalian

Datang ke tempat casting nggak perlu pakai pakaian yang berlebihan atau ‘lebay’ untuk terlihat menarik. Hal tersebut justru akan membuat kalian dinilai over percaya diri dan norak. Perhatikan aturan peserta casting baik-baik, jika memang tidak ada dresscode tertentu, pilihlah baju dengan warna-warna netral tanpa banyak corak. Jangan berpikir para juri atau casting director akan tertarik dengan pakaian kalian. Selain memperhatikan pakaian, kalian juga harus memperhatikan riasan kalian. Jangan terlalu menor dan ‘lebay’ hanya untuk mencoba menarik perhatian. Kalian harus beradu akting bukan adu eksis dengan cara berpakaian necis apalagi riasan mencolok mata. Jangan sampai salah pilih pakian dan riasan kalian, ya!

Terus Belajar

Kamu harus selalu belajar setiap saat, apalagi kalau kamu mau menjadi seorang ahli. Maka belajarlah dari ahlinya! Beranikan diri untuk bertanya kepada aktor atau aktris senior yang bisa memberimu pelajaran. Salah satu aktor senior yang sangat terbuka adalah Yayu Unru. Beliau selain menjadi aktor, ia juga seorang pelatih akting. Kamu bisa belajar tentang akting oleh Yayu Unru melalui video berikut!

Be Yourself!

Salah satu lolos casting film adalah datang tepat waktu!
Ini adalah poin penting. Jadilah diri kalian sendiri! Kalian harus menunjukkan versi terbaik dari diri kalian saat melakukan casting. Jangan menjiplak gaya orang lain, karena hal tersebut sangat tidak dianjurkan, ya. Biasanya casting director akan jeli dan detil melihat gelagat para penjiplak atau plagiat. Tunjukkan sesuatu yang unik versi diri kalian sendiri. Jadilah calon aktor dan aktris yang kreatif. Mengambil inspirasi dari orang lain sah-sah saja, asal tidak melakukan plagiasi. Kalian juga nggak suka, kan, kalau ada orang yang menjiplak style kalian? Kalau nggak mau dijiplak, jangan menjiplak style orang lain, ya.

Perhatikan Vokal Suara

Saat melakukan casting, suara itu sangat penting. Kalian harus memperhatikan vokal suara mulai dari artikulasi sampai volume suara. Dengan mengeluarkan suara yang lantang dan jelas, tentunya akan menambah nilai plus untuk kalian. Para juri atau casting director akan melihat ekspresi dan suara kalian dengan jelas, tanpa harus bingung memberi nilai atau melakukan pengulangan adegan karena suara yang sangat kecil. Dengan mengeluarkan suara yang lantang dan jelas, para juri dan casting director bisa menilai seberaapa besar tingkat kepercayaan diri kalian. Jangan ragu untuk mengeluarkan suara kalian. Ekspresi tidak hanya dilihat dari wajah dan gestur tapi juga dari vokal suara kalian, dengan intonasi serta artikulasi yang tepat dan jelas. Sebelumnya kami pernah menulis tips menjaga suara bagi voice over talent, mungkin bisa kamu aplikasikan juga!

Keep positive thinking dan terus berusaha, ya. Ingat! Kalian adalah calon bintang! Selamat mengikuti casting.

Yolanita Varensia

Junior Creative Writer
Lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta jurusan Film dan Televisi. Menyukai cerita fantasi dan imajinatif. Selain itu, ia punya obsesi dengan luar angkasa. Saat ini bekerja sebagai Junior Creative Writer di Studio Antelope.
Yolanita Varensia

Latest posts by Yolanita Varensia (see all)

Baca Juga:  Tips Penyutradaraan: Memahami Teks dan Subteks

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?