8 Ide Tema Iklan Video yang Inspiratif untuk Film dan Web Series

Dalam dunia pemasaran digital, video adalah alat yang sangat kuat untuk menarik perhatian dan membangun hubungan emosional dengan audiens. Menggunakan format film dan web series dapat memberikan kedalaman narasi yang lebih, membuat iklan video menjadi lebih menarik dan berkesan. Berikut ini adalah delapan ide tema iklan video yang bisa kamu eksplorasi untuk menciptakan konten yang inspiratif dan efektif.

Ide Tema Iklan Video dalam bentuk film dan web series.

1. Serial Petualangan Produk

Ide pertama adalah membuat serial petualangan yang melibatkan produk kamu. Misalnya, sebuah jam tangan yang menemani karakter utama melalui berbagai tantangan dan petualangan. Setiap episode bisa memperlihatkan bagaimana produk tersebut berperan penting dalam membantu karakter mengatasi rintangan. Serial seperti ini tidak hanya menarik tapi juga menunjukkan keunggulan produk dalam situasi nyata yang menegangkan.

Studio Antelope pernah membuat film pendek untuk PUBG Mobile bertema petualangan. Dibintangi Pevita Pearce, menceritakan petualangannya di dalam dunia PUBG Mobile.

 

2. Asal-Usul Brand

Gunakan format web series untuk menceritakan asal-usul brand kamu. Ceritakan perjalanan brand dari ide awal hingga menjadi produk yang ada saat ini, lengkap dengan drama-drama menegangkan tapi inspiratif. Kisah perjuangan dan dedikasi di balik sebuah brand bisa memberikan koneksi emosional yang kuat dengan audiens.

Studio Antelope pernah memproduksi sebuah dokumenter untuk Bramble. Bramble adalah sebuah brand furniture asal Amerika Serikat yang pabriknya terletak di kota Solo, Indonesia. Kamu bisa menonton dokumenter tersebut di bawah ini:

 

3. Slice of Life

Tema slice of life menunjukkan bagaimana produk kamu dapat mengintegrasikan diri dalam kehidupan sehari-hari dan menyelesaikan masalah nyata. Misalnya, sebuah web series tentang kehidupan sehari-hari beberapa karakter yang menggunakan produk kamu untuk mengatasi tantangan harian mereka. Pendekatan ini membuat produk terlihat relevan dan sangat berguna.

Penasaran dengan contohnya? Studio Antelope pernah memproduksi sebuah film pendek untuk UniCornetto. Film pendek berjudul ’90 Hari Memendam Rasa’ ini bercerita tentang slice of life dua mahasiswa yang saling menyukai satu sama lain. Kamu bisa menontonnya di sini:

 

4. Drama Keluarga

Ceritakan kisah keluarga yang berinteraksi dengan produk kamu dalam situasi sehari-hari. Drama keluarga yang relatable bisa menarik empati audiens. Contohnya, sebuah seri yang menampilkan konflik dan kebahagiaan dalam keluarga yang diselesaikan atau diperkuat dengan bantuan produk kamu.

Studio Antelope pernah membuat sebuah drama keluarga untuk brand Yamaha Indonesia. Film pendek ini bercerita tentang seorang ayah yang mengalami PHK di tengah pandemi dan harus menyembunyikan pekerjaan barunya sebagai maskot ke keluarganya.

 

5. Web Series Edukatif

Kembangkan web series yang edukatif dan relevan. Jika kamu menjual produk kesehatan, buatlah cerita tentang pentingnya hidup sehat. Setiap episode bisa fokus pada topik kesehatan yang berbeda dan bagaimana produk kamu dapat membantu audiens menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Studio Antelope pernah membuat web series edukatif yang bekerja sama dengan Djarum Foundation Bakti Lingkungan. Web series berjudul ‘Healing Trip’ ini mengusung tema lingkungan, tapi dibungkus dengan genre komedi romantis yang bikin penonton terhipnotis di dalam ceritanya.

 

6. Cerita Pengguna

Buat seri yang mengikuti perjalanan pelanggan nyata dari menghadapi sebuah masalah hingga menemukan solusi melalui produk kamu. Ini tidak hanya menunjukkan manfaat produk, tapi juga memberikan bukti sosial yang kuat tentang efektivitas produk kamu. Kisah nyata pelanggan sering kali lebih dipercaya dan bisa membangun kepercayaan yang lebih besar.

Buat kamu yang penasaran seperti apa contohnya, Studio Antelope pernah membuat video tentang pendiri Ina Cookies yang memproduksi kue-kuenya menggunakan margarin Blue Band. Video singkat ini merupakan kolaborasi Studio Antelope dengan Blue Band.

 

7. Fantasi dan Imajinasi

Gunakan elemen fantasi dan imajinasi untuk menciptakan dunia di mana produk kamu memegang kunci atas petualangan atau misteri yang harus dipecahkan. Misalnya, sebuah produk teknologi yang membuka pintu ke dunia lain atau memberikan kekuatan super kepada penggunanya. Pendekatan ini memungkinkan kreativitas yang tidak terbatas dan bisa sangat menghibur.

Studio Antelope pernah memproduksi sebuah film pendek fantasi berjudul ‘Seperti Sediakala’. Film pendek karya sutradara Anggita Puri ini bercerita tentang sepasang kekasih yang bertemu kembali dalam kehidupan setelahnya. Film pendek ini menampilkan Samsung Galaxy S20 sebagai bagian dari properti penting di dalam ceritanya.

 

8. Kisah Inspiratif

Bagikan kisah-kisah inspiratif dan motivasi yang berkaitan dengan nilai brand dan cara produk kamu membantu orang mencapai tujuan mereka. Cerita tentang keberhasilan, perjuangan, dan pencapaian bisa sangat menggugah dan memberikan inspirasi kepada audiens. Ini juga memperkuat asosiasi positif antara brand dan nilai-nilai yang dihargai oleh audiens.

Studio Antelope pernah memproduksi sebuah film pendek untuk brand elektronik Sekai. Film bertajuk ‘Kasih Sepanjang Masa’ mengisahkan cerita inspiratif di balik perjuangan seorang ibu membesarkan ibunya di tengah segala keterbatasan.

 

Kesimpulan

Dengan menggunakan salah satu dari delapan ide tema iklan video ini, kamu bisa menciptakan konten yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga menginspirasi dan membangun koneksi emosional dengan audiens. Ingat, kunci dari iklan video yang efektif adalah menceritakan cerita yang kuat dan relevan, serta menunjukkan bagaimana produk kamu bisa menjadi bagian penting dari kehidupan audiens. Jadi, dari ide-ide di atas, mana yang paling ingin kamu coba buat? Selamat berkreasi dan semoga sukses!

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?