Cara Akting Menangis dalam Film

Menjadi seorang aktor atau aktris dituntut untuk bisa berekspresi sebanyak mungkin. Semua perasaan manusia harus bisa mereka ekspresikan melalui akting senatural mungkin. Meski secara natural, tetapi ekspresi yang ditampilkan harus bisa dipahami oleh penonton. Banyak yang menganggap jika akting sedih dan menangis adalah ekspresi yang paling susah untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara akting menangis yang cepat dan tetap natural?

Ingat-Ingat Kenangan Sedih

Salah satu cara akting untuk bisa menangis adalah mengingat-ingat kembali kenangan sedih. Misal, ingat-ingat hewan peliharaanmu yang sudah meninggal atau bahkan ingat kenangan dengan mantan terindahmu. Kenangan-kenangan itu bisa menghadirkan perasaan sedih dan rindu, kemudian menjadi sendu. Untuk sebagian orang, mengingat-ingat kenangan itu bisa terbawa sedih bahkan menangis.

Dengar Lagu Sedih

Kalau nonton film kelamaan, salah satu media lain yang terbawa suasana sedih adalah mendengarkan lagu sedih. Atau lagi-lagi lagu yang bisa mengingatkanmu pada kenangan bersama kekasih yang sudah tidak lagi bersama. Selain mendengarkan melodinya, kamu juga bisa mengengarkan dengan seksama lirik lagu. Lirik lagu terkadang bisa lebih menyedihkan, maka kamu bisa manfaatkan dengan membayang-bayangkan adegan sedih yang pas untuk memvisualisasikan lirik itu.

Kalau ternyata cara-cara akting menangis di atas belum berhasil untukmu, maka mau tidak mau harus menggunakan trik lain agar di kamera kamu bisa terlihat menangis. Apa saja trik yang bisa kamu gunakan?

Pakai Obat Tetes Mata

Sebagian orang sudah mengetahui trik ini agar aktor terlihat menangis. Namun, pastikan ekspresimu juga harus mencerminkan kalau kamu sedang sedih atau menangis. Sehingga, antara obat tetes mata dan ekspresi sedih bisa sinkron, agar penonton tetap terbawa suasana sedihnya dengan melihat ekpresi kamu. Selain itu, penonton jadinya percaya atas aktingmu itu.

Baca Juga:  Manfaatkan Instagram Sebagai Personal Branding

Kamu bisa banyak mendapatkan tips tutorial akting menangis melalui video berikut ini lho! Untuk kamu yang sedang mempelajari cara akting menangis mungkin tutorial ini bisa kamu gunakan. Tetapi, resiko ditanggung sendiri ya kalau ternyata itu bikin kamu terbawa suasana bahkan sampai kelar syuting!

Swasthi Mangundjaya

Community Manager
Kuliahnya di Surabaya menjadi awal pertemuannya dengan komunitas dan festival film. Setelah kuliahnya rampung, kembali pulang ke Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Community Manager di Studio Antelope.
Swasthi Mangundjaya

Latest posts by Swasthi Mangundjaya (see all)

No Comments

Tulis Komentar: