3 Cara Membuat Efek Darah Untuk Syuting

Mau syuting film horor, thriller, atau bahkan drama yang melibatkan adegan bersimbah darah? Kami di Studio Antelope mau membagikan beberapa cara memperoleh darah palsu. Dua dari tiga cara di bawah ini bisa kalian lakukan di rumah dan “darah-darahannya” edible alias bisa dimakan! Setelah baca artikel ini kalian bisa bebas mengkreasikan adegan yang melibatkan darah, dari yang visual darah setetes sampai yang perlu darah satu ember penuh. Berikut 3 cara membuat darah palsu untu syuting!

Cara Membuat Darah Palsu Untuk Syuting

Cara 1: Resep Dasar

Buat yang senang bereksperimen di dapur, cara pertama ini bisa menyenangkan dan mudah dilakukan bagimu. Karena cara yang pertama ini akan menggunakan bahan-bahan yang biasa ada di dapur.

Siapkan:
1 gelas sirup jagung
1 sdm air
2 sdm pewarna makanan merah
Beberapa tetes pewarna makanan hijau

Pertama, campurkan sirup jagung, air, dan pewarna makanan merah dan diaduk rata. Tekstur darah agak kental dan tidak secair air. Oleh karena itu bahan paling dasar adalah sirup jagung yang konsistensinya paling mirip dengan darah, namun perlu diencerkan sedikit menggunakan air. Kalau kalian perhatikan warna darah, warnanya bukan warna merah murni, melainkan agak kecoklatan. Di sinilah peran pewarna makanan hijau, tambahkan sedikit saja hingga warna merahnya menjadi agak gelap dan kecoklatan.

Fakta Menarik!

Di era film hitam putih para pelaku film menggunakan sirup coklat sebagai pengganti darah. Tekstur dan perilaku sirup coklat sangat mirip dengan darah asli. Warnanya yang coklat tidak menjadi masalah karena zaman itu film masih bewarna hitam putih.

Cara 2: Resep Lanjutan

Siapkan:
1 campuran resep dasar
Tepung kanji
Bubuk cokelat

Cara 1 sebenarnya sudah cukup untuk menghasilkan darah yang realistis di tampilan kamera, tapi ada bahan-bahan tambahan lain yang bisa membuat darah palsu kalian lebih meyakinkan lagi. Apabila dari resep dasar dirasa masih terlalu encer dapat menambahkan tepung kanji. Tepung kanji akan mengentalkan campuran dan bisa ditakar sendiri kekentalan yang kalian inginkan. Kemudian apa bila saat darah diusapkan ke kain putih dan dirasa masih terlalu transparan, kalian bisa menambahkan bubuk cokelat. Hal ini akan menambahkan kepadatan warna dan memberikan warna kecoklatan yang dimiliki darah.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Film Pendek Tentang Tionghoa

Cara 3: Beli Darah Palsu yang Tersedia di Pasaran

Di industri make up special effect juga terdapat produk darah palsu yang mudah didapatkan di platform-platform e-commerce. Bedanya produk ini dengan cara 1 dan 2 adalah darah palsu ini sama sekali tidak bisa dikonsumsi karena zat-zat kimia yang ada di dalamnya. Namun semua sudah diformulasi sehingga penampilan dan perilaku darah palsu ini sangat mirip dengan darah asli. Selain itu pigmen-pigmen warna di produk ini sudah dienkapsulasi sehingga tidak akan meninggalkan noda atau bekas merah di mana pun, baik itu kain maupun kulit. Ada bermacam-macam tipe berdasarkan kegunaannya, ada produk darah palsu yang hanya untuk ditaruh saja dan ada yang untuk dimuncratkan. Efek yang dihasilkan akan sangat berbeda.

Begitu tiga cara untuk membuat darah palsu, untuk syuting ya! Selanjutnya bisa kalian kreasikan sendiri berapa banyak pun yang mau kalian buat untuk keperluan syuting atau untuk keperluan pelengkap kostum Halloween kalian di akhir bulan ini!

Wyona Pramono

Producer
Mulai menggiati perfilman di Liga Film Mahasiswa (LFM) ITB walaupun jurusan kuliahnya sangat jauh dari itu: Biologi. Setelah lulus dari ITB, Wyona bergabung dengan Studio Antelope sebagai produser.
Wyona Pramono

Latest posts by Wyona Pramono (see all)

No Comments

Tulis Komentar: