Hari Menanam Pohon Indonesia, Tonton 5 Film Berlatar di Hutan Ini!

Tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran kita untuk menanam pohon. Sudah sering mendengar ‘kan tentang gas rumah kaca yang sekarang menjadi polemik dunia? Nah, salah satu gas penyumbang utama adalah karbon dioksida (CO2). Lihat di situ ada kata yang cukup familiar, ‘karbon’! Bayangkan di dunia kita ini ada banyak ‘tempat penyimpanan’ karbon, ada yang di atmosfer, di dalam tanah, di air, dan di makhluk hidup! Ya, kita adalah salah satu ‘tempat penyimpanan’ karbon, termasuk juga pohon. Masalahnya sekarang ini karbon yang ada di atmosfer sudah terlalu berlimpah dan kita sudah tau dampaknya, global warming.

Penanggulangannya cukup simpel, kita harus mengalihkan karbon yang ada di atmosfer ke ‘tempat’ lain. Salah satu cara yang paling mudah adalah menanam pohon karena pohon membutuhkan karbon dioksida sebagai sumber ‘makanan’-nya.
Selain itu, pohon juga memiliki peran penting, yaitu menjadi habitat bagi makhluk hidup lainnya. Pasti sering dong dengar hutan hujan tropis? Salah satu karakter dari habitat ini adalah terdiri dari banyak pohon. Hutan hujan tropis juga memiliki tingkat keberagaman yang sangat tinggi. Diperkirakan 50% spesies terestrial ada di dalam hutan hujan tropis. Makin terbayang dong pentingnya hutan bagi semua makhluk hidup? Untuk itu kamu juga perlu menjaga lingkungan dengan syuting ramah lingkungan yaa!

Di Hari Menanam Pohon Indonesia ini kami punya beberapa pilihan film untuk kalian tonton agar semakin cinta sama pohon dan semoga setelah kalian nonton film-film ini semakin ingin untuk menanam pohon ya!

Avatar

Avatar salah satu film yang berlatar di hutan ini disutradarai oleh sutradara kenamaan James Cameron. James Cameron tidak pernah setengah-setengah dalam membuat film, selalu lewat riset dan design yang sangat dalam. Beliau merekrut ahli linguistik dan membuat bahasa yang tidak boleh mirip dengan bahasa yang sudah ada di dunia. Mereka membuat hingga 1000 kata dalam bahasa Na’vi. Film ini bercerita tentang seorang veteran perang, Jake yang pergi ke bulan Pandora untuk menjadi ‘pengemudi’ sebuah tubuh yang menyerupai penduduk asli Pandora. Jake bertemu Neytiri dan menjelajahi alam indah Pandora hingga menemui masalah yang datang dari kaum manusia sendiri. Di film ini kita bisa melihat hutan Pandora kreasi para CGI artist yang sangat indah dan tak terlupakan.

Baca Juga:  5 Serial Terbaik Yang Bisa Ditonton Di Iflix Untuk Menemani Akhir Pekan

Petualangan Sherina

Pasti banyak yang deh yang masih suka nonton film ini ketika ingin nostalgia masa kecil. Siapa sih yang ga suka melihat kecerdikan dan kejenakaan Sherina? Tidak pernah bosan menonton petualangan yang dialami Sherina saat diculik dan dibawa melewati hutan. Lokasi yang dipilih menjadi latar di film ini juga Bandung pisan, hutan pinus ketika Sherina pertama kali sampai di kota Bandung, hutan dekat perkebunan, hingga hutan sekitar Boscha yang ikonik. Asri banget! Tidak salah bukan kalau Petualangan Sherina masuk ke daftar film berlatar di hutan.

Princess Mononoke

Princess Mononoke adalah film animasi jebolan Studio Ghibli. Film ini mengikuti petualangan Ashitaka yang mencari cara mematahkan kutukan yang mengenai tangannya. Ashitaka kemudian singgah di desa Irontown yang baru dibangun dan mata pencahariannya pencarian dan pengelolaan besi. Namun ada perseteruan antara penduduk dan pemimpinnya, Lady Eboshi dengan dewa-dewi hutan dan ujung tombaknya, San seorang gadis manusia yang mengendarai Moro, dewi serigala. Perseteruan disebabkan hutan makin banyak ditebang sejak pembangunan desa dan pengolahan besi. Dalam suatu peristiwa Ashitaka dibawa San untuk masuk ke dalam hutan dan bertemu roh-roh penghuni hutan. Di film ini kita dapat melihat bahwa penebangan hutan untuk memenuhi kebutuhan manusia adalah area yang sangat abu-abu. Penasaran?

The Kings of Summer

Film coming-of-age ini bercerita tentang sekelompok remaja laki-laki yang memutuskan untuk kabur dari keluarga mereka untuk tinggal di dalam hutan. Film ini adalah film pertama garapan sutradara Jordan Vogt-Roberts dan ditulis oleh Chris Galletta. Walaupun ini adalah film pertama Vogt-Roberts, namun arahannya cukup menggali emosi dalam momen-momen lucu yang dialami para karakter dan insting-nya dalam pemilihan gambar dan kesesuaian latar juga makin membuat penonton terbawa dalam perjalanan pencarian arti.

Baca Juga:  5 Film Dengan Kisah Cinta Yang Tak Biasa

The Lord of the Rings: The Two Towers

Film ini adalah film kedua dari epik trilogi garapan Peter Jackson yang disadur dari novel berjudul sama oleh J.R.R. Tolkien. Walau hampir semua film dalam trilogi ini mengambil latar hutan, namun The Two Towers rasanya paling tepat untuk Hari Menanam Pohon. Pertama, kita dibawa para hobbit Pippin dan Merry ke dalam hutan Fangorn dan bertemu Treebeard, seorang Ent (makhluk pohon jadi-jadian?). Kedua, kita bisa melihat pohon-pohon ditebang dan hutan hancur karena para Uruk-Hai, tentunya karena instruksi dari Saruman yang haus akan kekuasaan. Sedih bukan main saat melihat pohon-pohon tumbang dan terbakar.

Itu dia lima film pilihan untuk Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain melihat keindahan dan keberagaman makhluk hidup di dalam hutan, kita juga disuguhi beberapa adegan di mana hutan-hutan mengalami kerusakan yang disebabkan manusia. Semoga setelah menonton film-film ini kita semua jadi tergugah untuk menanam pohon ya!

Wyona Pramono

Producer
Mulai menggiati perfilman di Liga Film Mahasiswa (LFM) ITB walaupun jurusan kuliahnya sangat jauh dari itu: Biologi. Setelah lulus dari ITB, Wyona bergabung dengan Studio Antelope sebagai produser.
Wyona Pramono
No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?