Bikin Dokumenter Ala Yuda Kurniawan

Nyanyian Akar Rumput, sebuah film dokumenter Yuda Kurniawan yang berhasil menyabet Piala Citra dalam FFI 2018. Yuda Kurniawan bersama Rekam Docs, rumah produksi yang ia kembangkan untuk membuat karya film dokumenter. Selain Nyanyian Akar Rumput, film dokumenter lain garapan Yuda adalah Balada Bala Sinema dan Jalan Dakwah Pesantren.

Studio Antelope mengajak Yuda Kurniawan untuk membagi kisah perjalanannya bertemu dengan film dokumenter dan memberikan tips bagi para filmmaker dalam membuat film dokumenter. Ada beberapa tips yang perlu dimiliki oleh seorang filmmaker dokumenter.

Referensi

Sebagai pembuat film, tentu haruslah banyak menonton film. Memperkarya referensi, kemudian menjadi digali lebih dalam dan bisa dijadikan bahan referensi saat membuat film. Tentu saja, jika ingin membuat film dokumenter maka perlu banya menonton film dokumenter pula.

Empati

Bagi Yuda Kurniawan, kepekaan adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh filmmaker dokumenter. Kepekaan pada isu di lingkungan sekitar. Isu yang diangkat bisa persoalan sosial, politik, dan budaya. Melalui kepekaan akan timbul empati pada subjek dan isu yang menjadi concern bagi pembuat film. Yuda juga menyatakan:

Film dokumenter adalah bagaimana cara berempati pada subjek,  sebagai alat atau media penyampai perasaan dan pengeras suara. 

Membuat

Satu-satunya hal yang bisa membuatmu disebut filmmaker adalah membuat film. Buatlah, melalui film yang dibuat kelak akan mengetahui ruang-ruang kesalahan yang bisa diperbaiki ke depannya dan bisa menjadi lebih baik. Jika kamu membuat film secara konsisten, kelak kamu akan merasa telah membuat masterpiece-mu. Setelah kamu berhasil membuat film dokumenter, jangan lupa untuk mendistribusikan filmmu. Salah satunya adalah melalui festival film, baca tips lolos festival film.

Baca Juga:  10 Situs Online Untuk Belajar Bikin Film Secara Mandiri

Kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang mengenai film dokumenter melalui video di bawah ini:

Jika penasaran ingin mengetahui lebih banyak tentang karya Yuda Kurniawan dan Rekam Docs melalui kanal Youtube-nya di REKAM DOCS.

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.
No Comments

Tulis Komentar:

shares