10 Film Tentang Pentingnya Kesehatan Mental

Film merupakan salah satu media massa yang mampu memberikan nilai hiburan pada masyarakat di saat kepenatan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Film memungkinkan kita dapat merasakan berbagai macam karakter yang belum pernah kita temui secara langsung sebab film merupakan seni audio-visual yang bisa menyampaikan pesan kepada penontonnya. Saat menonton atau membaca cerita, seseorang kadang membayangkan karakter dan perilaku para tokoh adalah diri sendiri. Hal ini membuat seseorang bisa merasakan empati terhadap karakter suatu tokoh. Banyak isu yang bisa dibahas melalui film, salah satunya tentang kesehatan mental.

World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2019 diperingati sebagai salah satu bentuk usaha pembangkitan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan mental. World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa kalangan remaja dan dewasa muda menjadi kelas usia yang paling rawan mengalami gangguan kesehatan mental. Mungkin bagi orang-orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan mental tidak akan tahu sebesar apa penderitaan yang dihadapi orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental. Berikut merupakan 10 film yang akan membantu kita lebih memahami tentang pentingnya kesehatan mental.

Joker (2019)

Film Joker menceritakan tentang asal muasal musuh utama Batman. Film yang berkisah tentang seorang badut yang tinggal bersama ibunya di sebuah kota yang kacau balau ini menderita kelainan otak yang menyebabkannya tertawa pada waktu yang tidak tepat dan membuatnya harus sering mengunjungi psikiater untuk mendapatkan obatnya. Joker berfokus pada perjalanan Arthur Fleck (dibintangi oleh Phoenix), sering diabaikan oleh masyarakat dan membuatnya berubah menjadi penjahat yang keji. Ia tumbuh dari masyarakat kalangan bawah yang terus gagal untuk meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai komedian.

Forrest Gump (1994)

Forrest Gump adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 berdasarkan novel tahun 1986 karya Winston Groom. Film ini sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun rilisnya. Film ini meraih total 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam diantaranya, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Aktor Terbaik (Tom Hanks).

Baca Juga:  5 Cara Menjadi Selebgram

Film ini menceritakan tentang seorang pria dengan IQ 75 dan epik perjalanan hidupnya, bertemu dengan tokoh-tokoh bersejarah, memengaruhi budaya pop dan bahkan turut di dalam peristiwa-peristiwa bersejarah tanpa menyadari betapa pentingnya peristiwa itu, akibat kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Film ini berbeda secara substansi dari karya novel aslinya.

Silver Lining Playbooks (2012)

Silver Linings Playbook bercerita tentang Pat Solitano, pria dengan bipolar disorder yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa setelah dia memukuli selingkuhan istrinya hingga hampir tewas, kembali tinggal bersama kedua orang tuanya. Dia pun berniat untuk ‘hidup’ kembali dan rujuk dengan Nikki, istrinya. Seorang temannya, Ronnie, mengundang Pat untuk makan malam bersama di rumahnya, saat itulah Pat bertemu dengan Tiffany Maxwell, adik ipar Ronnie yang mengalami depresi setelah suaminya meninggal.

Memento (2000)

Memento adalah film misteri thriller Amerika Serikat tahun 2001 yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Jennifer Todd dan Suzanne Todd. Naskah film ini ditulis oleh Christopher Nolan berdasarkan cerita pendek Memento Mori karya Jonathan Nolan. Film ini dibintangi oleh Guy Pearce, Carrie-Anne Moss dan Joe Pantoliano. Film Memento ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 5 September 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Maret 2001. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

A Beautiful Mind (2001)

Film A Beautiful Mind mengisahkan kisah nyata tentang Profesor John Nash yang diperankan oleh Russell Crowe, seorang ahli matematika jenius yang mengidap gangguan mental skizofrenia. Dimana dalam kehidupannya dia tidak dapat membedakan mana yang kenyataan dan mana yang khayalan. Antara kenyataan dan khayalan keduanya, tercampur sehingga membuat kehidupan Profesor Nash kacau. Film tentang kesehatan mental ini disutradarai oleh Ron Howard.

Baca Juga:  5 Film Pendek Motivasi Untuk Memberimu Semangat

The Perks of Being Wallflower (2012)

Menceritakan tentang Charlie, seorang remaja berumur 15 tahun yang canggung dalam bersosialisasi yang tidak memiliki teman. Sampai akhirnya Sam dan Patrick yang merupakan kakak kelas Charlie berteman dengannya dan membantunya menemukan kebahagiaan dalam pertemanan, cinta pertama, musik dan lainnya. Tetapi saat kedua temannya mulai mempersiapkan diri mereka untuk masuk ke universitas, Charlie kembali dilanda kesedihannya selama ini yang merusak kepercayaan dirinya yang telah dia bangun.

Taxi Driver (1976)

Film ini mencerita kan tentang Travis Bickle yang diperankan oleh Robert De Niro, seorang veteran Perang Vietnam, kini hidup sendiri dan dalam masa depresi, serta mengalami insomnia akut. Sehingga, dia memutuskan menjadi seorang supir taksi yang bekerja siang malam untuk mengisi aktivitas sehari-hari. Film ini disutradarai oleh Martin Scrosese bisa dijadikan salah satu film untuk mendiskusikan tentang kesehatan mental.

Girl, Interrupted (1999)

Girl, Interrupted merupakan film drama psikologi tahun 1999 yang berasal dari Amerika. Film ini berdasarkan pada memoir tahun 1993 berjudul sama karya Susanna Kaysen. Film tersebut berkisah tentang Susanna Kaysen di sebuah rumah sakit jiwa sebab orangtua Kaysen mengiranya memiliki gangguan kepribadian. Di rumah sakit jiwa, Kaysen beertemu dengan para remaja yang memiliki gangguan kepribadian yang beragam. Dari sinilah petualangan hidup Kaysen dimulai hingga akhirnya ia menemukan jati dirinya yang sebenarnya.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah film drama romantis fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Michel Gondry dan diproduseri oleh Steve Golin dan Anthony Bregman. Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 9 Maret 2004 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Maret 2004. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Baca Juga:  4 Fakta Tentang Awal Karir Christopher Nolan

Fight Club (1999)

Film yang disutradarai oleh David Fincher ini menceritakan tentang seorang pria pengidap penyakit insomnia bernama Edward Norton yang bertemu dengan seorang penjual sabun bernama Tyler Durden yang diperankan oleh Brad Pitt dan tinggal bersamanya di rumah kumuh milik Tyler setelah apartemen miliknya hancur. Keduanya merasa bosan akan hidup mereka dan memutuskan untuk membangun arena pertarungan bawah tanah dengan aturan yang ketat dan bertarung dengan pria lain yang juga bosan dengan kehidupan mereka. Namun persekutuan mereka mulai hancur ketika Marla (Helena Bonham Carter), menarik perhatian Tyler.

Dewi Masithoh Fahrur

Content Writer
Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta jurusan Penyiaran. Memiliki ketertarikan di bidang perfilman dan bercita-cita memiliki production house sendiri. Roman & Drama Keluarga merupakan genre favoritnya. Dewi memiliki ketertarikan dengan dunia disabilitas dan ingin membuat film tentang mereka.
Dewi Masithoh Fahrur

Latest posts by Dewi Masithoh Fahrur (see all)

No Comments

Tulis Komentar: