7 Film Bertema Musik Jazz

Tanggal 30 April dinobatkan sebagai International Jazz Day. Film dan musik jazz dapat disatukan menjadi sebuah karya yang menakjubkan, berikut ada beberapa film yang bertema musik jazz.

1. The Jazz Singer (1927)


Pada tahun 1927, Warner Bros membuat studio film suara pertamanya untuk memproduksi film bicara. Di studio inilah film produksi Warner Bros, The Jazz Singer karya Alan Crosland tercatat sebagai film panjang berbicara pertama di Amerika. Sukses film inilah yang nantinya akan merubah arah industri film Hollywood untuk selama-lamanya. Dalam film The Jazz Singer, dikisahkan bahwa Al Jonson merupakan penyanyi Yahudi yang ditentang oleh tradisi keluarganya. Keluarganya yang Yahudi tersebut menolak Al Jonson menjadi seorang superstar.

2. Round Midnight (1986)

Salah satu film terbaik bertemakan musik jazz yang pernah dibuat adalah Round Midnight yang disutradarai oleh Bertrand Tavernier. Film ini berlatar di Paris pada tahun 1950-an bercerita tentang pertemanan musisi jazz pemain saxophone yang terjebak dengan alkohol dan seorang graphic designer untuk poster film sebagai teman yang membantu untuk lepas dari pengaruh alkohol. Pemeran utamanya Dexter Gordon sebagai Dale Turner adalah seorang musisi profesional. Suatu keharusan bagi pecinta musik jazz untuk menonton film ini. Sebuah karya seni yang fantastis dan menakjubkan.

3. The Glenn Miller Story (1954)

Disutradarai oleh Anthony Mann, The Glenn Miller Story memenangkan Oscar pada tahun 1955. Dibintangi James Stewart sebagai Glenn Miller, pemimpin band sekaligus peniup trombon. Film ini bercerita tentang kisah cinta melodramatis di mana musik mempersatukan sebuah cinta.

4. Born To Be Blue (2016)

Pemain terompet asal Amerika, Chet Baker adalah legenda jazz. Baker adalah salah satu musisi kulit putih yang mendapatkan tempat diantara musisi hebat jazz, seperti Miles Davis, Dizzy Gillespie, dan Thelonious Monk. Layaknya film dengan genre biopic, Born To The Blue adalah perjalanan panjang seorang musisi jazz dalam merintis karir hingga meraih kesukesan. Sutradara film ini, Robert Budreau memfokuskan pada tahun-tahun terakhir kehidupan Baker yang berlatar waktu pada 1960-1970 menceritakan kehidupan seorang musisi jazz legendaries, Chet Baker.

5. The Fabulous Baker Boys (1990)

Tidak dapat dipungkiri bahwa jazz identik dengan hal-hal yang berbau romantis. Dan itulah yang coba diangkat melalui film The Fabulous Baker Boys. Film yang bergenre roman drama komedi musikal ini ditulis dan disutradari oleh Steve Kloves. Film ini menceritakan tentang perjuangan kakak beradik untuk hidup di Seattle sebagai pianis jazz. Film ini masuk dalam nominasi piala Oscar untuk the Best Actress, Best Cinematography, Best Film Editing dan Best Original Score.

6. Whiplash (2014)

Film yang bertema musik jazz satu ini disutradarai Damien Chazelle ini berkisah tentang kehidupan bermusik Andrew Newman, seorang anak 19 tahun yang sedang menjalani tahun pertamanya di Universitas Shaffer Conservatory, kisah perjuangan yang dilakukan oleh Andrew dalam menempuh segala kegiatan bermusiknya bersama rekan-rekan satu grupnya di bawah pimpinan Fletcher. Whiplash memenangkan penghargaan dari Golden Globe 2015 untuk kategori Best Actor dan memenangkan Oscar 2015 sebagai Tata suara terbaik, Aktor pendukung terbaik, dan Editing terbaik.

7. La La Land (2016)

Berbeda dengan film sebelumnya, Whiplash, kali ini sutradara Damien Chazelle membungkus kisahnya lebih roman dan ceria, meski masih mengusung musik jazz. Film ini berkisah tentang Sebastian Wilder pianis jazz yang pantang menyerah. Film ini juga merupakan penghormatan bagi sejarah jazz dan komersialisasinya selama beberapa dekade terakhir. Film ini masuk 12 kategori nominasi Oscar dan memenangkan 5 penghargaan Oscar pada tahun 2017.

Gimana list film bertema musik jazz di atas? Masih kurang? Suka Film Musikal? Ini 7 Film Musikal Broadway! yang bisa kamu baca!

No Comments

Leave a Reply