Menyambut Mandela Day: Tonton Film Tentang Perjuangan Nelson Mandela

101 tahun lalu, tepatnya pada 18 Juli 1918, seorang tokoh yang berperan melawan politik apartheid di Afrika Selatan lahir di sebuah kota bernama Mvezo. Ketika berumur 7 tahun, ia mendapatkan nama Nelson Mandela dari gurunya yang kemudian menjadi ikon bagi perjuangan kesetaran antarras di Afrika Selatan. Setelah dinobatkan sebagai presiden Afrika Selatan pertama yang terpilih dengan sistem elektoral, Nelson Mandela menandai berakhirnya politik apartheid yang mengekang Afrika Selatan dengan rasisme struktural selama 50 tahun.
Film tentang Nelson Mandela untuk menyambut Mandela Day!
Dalam rangka mengenang jasa Nelson Mandela, namanya diabadikan sebagai Mandela Day yang jatuh pada tanggal kelahirannya, untuk mengingatkan kita bahwa setiap individu punya dampak yang luar biasa bagi lingkungan sekitarnya. Kisah hidupnya juga diabadikan dalam media film dokumenter dan fiksi untuk merekam perjuangannya bagi masyarakat Afrika Selatan. Berikut adalah 5 film tentang Nelson Mandela serta perjuangannya dan masyarakat Afrika Selatan dalam melawan politik apartheid. Sebelumnya kami juga sempat menuliskan rekomendasi film tentang film pendek ngapak dari Banyumas Raya, sekiranya kamu ingin melihat budaya dan bahasa dari Banyumas Raya.

Mandela Son of Africa, Father of Nation (1996)

Film dokumenter ini menceritakan tentang masa kecil Nelson Mandela hingga penobatannya sebagai presiden Afrika Selatan. Dalam narasi yang diceritakan langsung oleh Mandela dan rekan-rekannya, film ini berfokus pada masa pendidikan yang telah ditempuh, kehidupan pribadinya, dan perjuangannya selama menjadi tahanan negara. Selain itu, film ini juga merekam sekilas tentang pergolakan rakyat Afrika Selatan di bawah kontrol sistem politik apartheid.

Dari sekian banyak film yang menceritakan perjalanan hidupnya, Mandela mempersilakan film ini untuk merekam kehidupan sehari-harinya dalam jarak dekat, lho. Oleh karena itu, kehidupan pribadi Mandela menjadi topik yang tidak luput dari film ini. Mulai dari kegiatannya di pagi hari hingga rapat internal untuk memilih dasi di acara pelantikan kepresidenan menjadi jembatan di antara kisah perjuangannya untuk rakyat Afrika Selatan. Buat kalian yang pengen tahu tentang siapa itu Nelson Mandela, film ini bisa jadi referensi untuk melihat profil Nelson Mandela dalam lingkup yang luas.

Baca Juga:  4 Fakta Menarik di Balik Drama Korea

Winnie (2017)

Selain film dokumenter tentang Nelson Mandela, ada lagi nih satu film dokumenter yang tidak kalah penting, yaitu Winnie (2017). Film ini merekam perjuangan melawan apartheid dalam perspektif Winnie Mandela, istri Nelson Mandela. Ketika Nelson Mandela ditahan selama 27 tahun, Winnie Mandela menjadi tokoh penting dalam mempertahankan semangat perjuangan bersama rakyat Afrika Selatan. Sayangnya, potret Winnie Mandela di media global tidak berakhir seperti suaminya yang penuh dengan kharisma.

Film ini membawa kita kepada kehidupan Winnie Mandela untuk melihat perjuangan melawan apartheid melalui cerita-ceritanya sebagai perempuan yang sempat memegang kekuatan politis di sana. Winnie (2017) juga memberikan cerita yang lebih mendalam tentang sosok Nelson Mandela dan dampak yang dimiliki oleh Winnie melalui sisi yang jarang terlihat dalam media massa.

Mandela: Long Walk to Freedom (2013)

Selain film dokumenter, cerita hidup Nelson Mandela juga diabadikan dalam film fiksi, lho. Salah satunya adalah Mandela: Long Walk to Freedom (2013) yang diperankan oleh Idris Elba dan Naomi Harris. Film karya Justin Chadwick ini bercerita tentang Nelson Mandela selama ia memperjuangkan gerakan anti-apartheid dan mendirikan African National Congress Youth League.

Kisah keluarga Mandela juga menjadi sorotan dalam film ini. Selama menjadi tahanan di tahun 1964 sampai 1990, anak dan istrinya terus berjuang membebaskan Mandela dan melawan apartheid dengan cara masing-masing. Film ini wajib banget ditonton buat kalian yang suka dengan film-film biografi!

An Act of Defiance (2017)

Pada awalnya, tuntutan yang diajukan untuk Nelson Mandela berupa hukuman seumur hidup dengan tuduhan melakukan sabotase dan tindakan kekerasan terhadap pemerintah pada era apartheid di Afrika Selatan. Ia dan sembilan tahanan lainnya membutuhkan seorang advokat untuk membela mereka dalam persidangan dan orang itu adalah Bram Fischer. Kisah ini terangkum dalam film An Act of Defiance (2017) karya sutradara asal Belanda Jean van de Velde.

Film ini diklaim memiliki tingkat akurasi sejarah tinggi dan patut diapresiasi karena berhasil menceritakan kembali kisah hidup Nelson Mandela dalam lingkup yang sempit; perjuangan melawan rasisme struktural dalam sebuah pengadilan.

Music for Mandela (2013)

Musik menjadi bagian penting dalam perjuangan Nelson Mandela di era apartheid. Cerita-cerita penyulut semangat rakyat Afrika Selatan tersebar melalui lagu yang dinyanyikan oleh generasi tua sehingga generasi berikutnya mengenal nama Mandela dan kisah hidupnya. Bahkan, musik menjadi alat pemersatu yang digunakan oleh Mandela ketika ia menjalani hukuman di penjara selama 27 tahun.

Film Music for Mandela (2013) garapan Jason Bourque ini merekam pernyataan-pernyataan dari teman terdekat Mandela, musisi internasional, dan orang-orang yang masih menggunakan musik hingga saat ini untuk mengedukasi generasi muda tentang perjuangan yang dilalui rakyat Afrika Selatan dalam menghapus sistem apartheid. Melalui film ini, kita bisa melihat kisah Nelson Mandela dari sisi lain yang lebih erat dengan rakyatnya.

Nah, sudah tahu film apa yang mau ditonton untuk merayakan Mandela Day tahun ini? Ingat! Jangan tonton di streaming platform yang ilegal, ya! Happy Mandela Day!

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.

Latest posts by Yosua Imantaka (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?