5 Film Tentang Persahabatan Yang Penuh Makna

Persahabatan tidak memiliki batasan dan dapat dialami oleh setiap orang dengan berbagai latar belakang. Kisah-kisah dalam persahabatan juga tidak selalu menyenangkan, bahkan banyak pengalaman pahit yang bisa mendewasakan kita. Jika kamu sedang merasakan kepahitan dalam hidupmu, maka beberapa rekomendasi 5 film pendek motivasi untuk memberimu semangat bisa membantumu. Berikut adalah 5 film tentang persahabatan yang bisa bikin kamu semakin akrab dengan sahabatmu. Enjoy!

film tentang persahabatan yang penuh makna!

Booksmart

Dua orang sahabat, Amy dan Molly, memiliki ambisi untuk bersekolah di universitas ternama dengan mengorbankan waktunya selama SMA untuk belajar. Sayangnya, seluruh pengalaman menyenangkan yang hanya bisa dirasakan sebelum masa kuliah turut terlewatkan oleh mereka. Pada hari terakhir sebelum kelulusan SMA, Amy dan Molly memutuskan untuk menebus masa bersenang-senang yang telah mereka lewatkan dalam satu malam saja.

Kedua tokoh dalam Booksmart memiliki hubungan persahabatan yang sangat unik. Mereka saling mengerti satu sama lain, namun tidak mengenal teman-teman lain yang mereka temui setiap harinya. Bahkan, mereka memandang rendah teman sebayanya karena tidak memiliki ambisi yang sama untuk mempersiapkan masa depan masing-masing. Akan tetapi, dalam petualangan liar yang direncanakan secara mendadak, Amy dan Molly menemukan hal-hal menarik yang merubah persepsi mereka tentang teman-teman sebayanya.

Florida Project

Berlibur ke Disneyland merupakan cita-cita yang diidamkan oleh banyak anak di seluruh dunia. Nuansa magis yang terpancar dari taman hiburan itu menjadi sebuah ikon kebahagiaan, bahkan bagi orang-orang dewasa yang rela pergi jauh untuk mengunjunginya. Namun kenyataan pahit menyelimuti orang-orang di sekitar Disneyland di Florida, Amerika Serikat. Termasuk kisah pertemanan Monnee dengan tetangganya di sebuah motel pinggiran jalan yang tidak jauh dari Disneyland.

Monnee menjelajahi lingkungan rumahnya bersama teman-teman terdekat untuk menghabiskan waktu liburan musim panasnya. Percakapan polos mereka yang kerap disertai lelucon khas anak kecil menghiasi jalanan kosong dan bangunan-bangunan penjual cenderamata tiruan di sekitar rumahnya. Film ini memperlihatkan kisah pertemanan Monnee dengan orang-orang di sekitarnya yang mencerminkan ketimpangan sosial di Florida, tanpa mendikte penonton tentang kemiskinan yang ada di sana.

Baca Juga:  5 Film Pendek Horror Indonesia Paling Seram

Tangerine

Sebuah daerah di Hollywood, California, menjadi saksi bisu kisah Sin-Dee Rella dan Alexandra dalam sebuah drama yang terjadi secara tidak sengaja. Pertemanan mereka diuji ketika Alexandra membocorkan perselingkuhan kekasih Sin-Dee ketika ia harus menjalani hukuman di penjara. Hal ini menyebabkan adu argumen yang berakhir pada petualangan mereka dalam sisi kelam di balik gemerlapnya dunia hiburan di Hollywood.

Film tentang persahabatan ini, disutradarai oleh Sean Baker, orang yang sama yang menyutradarai film Florida Project. Kedua film tersebut memiliki kesamaan dalam hal latar belakang dan hubungan antartokoh utamanya. Ia berhasil menyampaikan kritikan terhadap kapitalisme di Amerika Serikat melalui persahabatan antartokoh yang diwarnai dengan usaha mereka melawan kemiskinan. Film ini menjadi sebuah karya yang spesial karena menunjukkan perjuangan beberapa kelompok minoritas di Hollywood yang jarang direpresentasikan.

Frances Ha

Film Frances Ha bercerita tentang seorang perempuan yang sedang mencari jalan menuju mimpinya. Setiap langkah dalam hidupnya ditandai dengan tempat tinggal yang ia singgahi, serta teman-teman baru yang singgah sejenak dalam hidupnya. Perjalanan yang mereka alami bersama membentuk Frances menjadi seseorang yang lebih dewasa ketika terjebak dalam quarter-life crisis di usianya yang hampir menyentuh 30 tahun.

Frances Ha mengingatkan kita bahwa setiap teman yang pernah singgah dalam hidup kita akan berpisah untuk melanjutkan hidup masing-masing, lalu dipertemukan kembali sebagai pribadi baru yang menyimpan kenangan bersama. Momen kecil yang muncul saat bertemu teman lama menjadi cara Frances untuk merayakan hidupnya ketika perjalanan karirnya menemui jalan buntu. Walaupun ia selalu menyembunyikan cerita hidup yang menyedihkan, percikan emosi yang ia temukan sepanjang jalan memperlihatkan indahnya pertemanan di usia dewasa.

Baca Juga:  5 Manfaat Nonton Film Horor Bagi Kesehatan

Faces Places

Faces Places membuktikan bahwa hubungan pertemanan tidak memandang perbedaan usia. Film dokumenter ini memperlihatkan persahabatan Agnes Varda dan JR, dua orang seniman berkebangsaan Perancis dengan perbedaan usia selama 55 tahun. Uniknya, mereka berdua tidak bertemu untuk pertama kalinya secara fisik. Keduanya saling mengamati karya masing-masing sebelum mengenal satu sama lain. Agnes mengamati instalasi seni JR di berbagai daerah, sedangkan JR mengagumi film Cleo from 5 to 7 karya Agnes.

Kedekatan Agnes Varda dan JR menyulut semangat mereka untuk memulai proyek film Faces Places yang menggabungkan keahlian masing-masing. Melalui proyek film ini, mereka melakukan perjalanan di berbagai kota di Perancis untuk bertemu orang-orang baru dan saling berbagi cerita. Keakraban keduanya terlihat sangat jelas sepanjang film tentang persahabatan ini dan tersalurkan pada narasumber-narasumber yang mereka temui sepanjang perjalan.

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.

Latest posts by Yosua Imantaka (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?