5 Cerita Hantu Lokal yang Layak Diangkat Menjadi Film

Cerita-cerita hantu sudah menjadi kearifan lokal. Keberagaman suku di Indonesia menjadikan keberagaman kepercayaan disetiap daerah. Kepercayaan mengenai hantu salah satunya. Setiap hantu lokal mempunyai misterinya tersendiri yang menarik difilmkan. Sebelum membaca cerita hantu lokal, kamu juga bisa cari tahu beberapa tips membuat film horor mencekam. Berikut 5 cerita hantu lokal yang layak difilmkan.

Cerita Hantu Lokal yang Menyeramkan Ini Layak Dijadikan Film

Kuyang

Kuyang adalah orang yang sedang mendalami ilmu gaib tingkat tinggi. Dipercaya ilmu bersifat turun temurun sampai generasi ketujuh. Penampakan seperti kepala dan badan yang melayang. Ciri khas dari kuyang adalah tidak adanya cekungan di antara bibir dan hidung. Kuyang sangat ditakuti ibu-ibu terutama yang memiliki bayi, karena makanan kuyang adalah bayi, yang masih dikandungan ataupun yang sudah mati (dikubur). Ternyata ilmu gaib ini dikenal di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Sumatra dikenal dengan Kuyang, sedangkan di Bali disebut Leak.

Jenglot

Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis diyakini sebagai makhluk yang dapat mengundang bencana. Hantu ini hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa adalah tempat persembunyiannya. Ia hanya berukuran beberapa inci dan memiliki penampilan yang tampak seperti manusia namun beukuran mungil dangan taring tajam, kuku panjang, dan rambut panjang. Jenglot mengkonsumsi darah dari hewan maupun manusia. Berdasarkan mitos di masyarakat, pemilik jenglot harus memberikan setetes darah setiap hari, jika tidak maka orang-orang disekitarnya akan terkena musibah.

Jurig Jurian

Hantu asal tanah sunda. Tidak ada yang tahu pasti wujud Jurig Jurian. Jurig berarti hantu, Jarian berarti sampah. Hantu tersebut memang dipercaya sebagai penghuni tempat sampah yang berada disekitar pemukiman penduduk muncul diwaktu sore hari menjelang maghrib. Jurig jurian tidak sepopuler hantu-hantu yang lain namun Jurig Jurian sudah menjadi momok bagi masyarakat sunda khususnya anak-anak karena menebarkan teror penyakit.

Baca Juga:  5 Original Series VIU untuk Menemani Akhir Pekan

Banaspati

Banaspati adalah salah satu diantara ragam santet yang banyak dikenal. Santet Banaspati, atau disebut juga santet Raja Banaspati banyak diyakini sebagai pembunuh mematikan. Menurut cerita, santet ini adalah jenis yang paling menakutkan. Sulit untuk melawan kesaktian dengan doa spiritual dengan muatan yang standart. Bahkan, jimat sakti tolak balak pun dengan mudah bisa ditembus oleh keganasan santet raja banaspati. Media untuk menciptakan santetnya adalah telur ayam kampung yang keluar pertama kali dari induknya. Telur ayam akan diberikan mantra sesuai orang yang akan dituju. Setelah diadakan ritual diatas bara api hingga telur tersebut meletus dan mengeluarkan bara api yang menyala-nyala. Bara api kemudian akan melayang terbang menuju sasaran yang telah ditetapkan.

Tuyul Ojek Online

Tuyul Ojol adalah hantu pendatang baru dan mulai terkenal saat penggunaan ojek online semakin meningkat. Hantu ini adalah driver ojek online yang menempatkan titik lokasinya tidak sesuai antara map dan posisi sebenarnya. Sehingga, membuat seakan-akan driver itu melakukan perjalanan dengan penumpang, padahal ia hanya duduk manis di bawah pohon. Tugas Tuyul Ojol sama seperti tuyul pada umumnya, mencari keuntungan. Ia mencari keuntungan berupa poin dari provider mereka. Tuyul Ojol menjadi momok menakutkan bagi driver lain yang bekerja secara jujur dan tentunya kerugian bagi perusahaan mereka.

Dari kelima cerita hantu lokal di atas, menurutmu mana yang harus diangkat ke layar lebar terlebih dahulu?

Garlin Fauzia

Content Writer
Garlin kuliah di Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor jurusan Manajemen Informatika. Penikmat lagu lawas dan kesenian-kesenian kuno.
Garlin Fauzia
Baca Juga:  Kiprah Filmmaker Indonesia di Festival Film Cannes

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: