5 Manfaat Nonton Film Horor Bagi Kesehatan

Film horor tidak hanya menakut-nakuti. Film horor mampu memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Semakin banyak anda berteriak karena rasa takut saat nonton film horor, maka semakin banyak asupan oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang dilepaskan. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat dampak menonton film horor bagi kesehatan. Berikut 5 manfaat menonton film horor bagi kesehatan!

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menonton film horor dapat meningkatkan kekebalan tubuh penelitian yang dilakukan oleh Coventry University. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil sample darah dari partisipan sebelum, selama, dan setelah menonton film horor. Hasilnya adalah kadar sel darah putih meningkat. Sel darah putih biasanya meningkat karena respon terhadap infeksi. Menonton film horor dapat memicu respon fight-or-flight dan hal ini dapat memicu pelepasan hormone adrenalin, dimana adrenalin dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk Kesehatan Otak

Menonton film horor memberikan manfaat positif untk kinerja otak. Menurut beberapa penelitian mengenai hal ini, kinerja otak akan meningkat karena melepaskan zat seperti dopamine, glutamate, danserotonin. Beberapa zat ini yang membuat adrenalin bertindak dan meningat dengan begitu kinerja otak saat menonton film horor akan menjadi lebih waspada dari sebelumnya.

Membakar Kalori

Menonton film horor dapat membakar kalori. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukan bahwa menontom film yang memicu adrenalin selama 90 menit dapat membakar kalori rata-rata 113 kalori, setara dengan kalori yang dibakar saat berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan film yang anda tonton semakin banyak kalori anda yang terbakar. Hormon adrenaline dapat meningatkan tingat metabolism tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuh lebih cepat terbakar. Sehingga menonton film horor dapat membantu proses penurunan berat badan.

Baca Juga:  Teka Teki Sinema: Sinematografi UI vs LFM ITB!

Menyembuhkan Fobia

Menonton film horor berguna untuk menyembuhkan diri anda dari fobia. Terutama film horor yang anda tonton spesifik terhada ketakutan anda. Meskipun diawal film anda bisa sangat ketakutan bahkan menjerit-jerit saat kemanculnya objek yang menjadi fobia anda. Namun lama kelamaan anda akan terbiasa dengan fobia anda dan bisa mengontrol ketakutan anda sendiri.

Film horor terbukti cukup efektif dalam menyembuhkan ketakutan atau fobia tertentu. Namun ini tidak bisa hanya sekali menonton, lalu fobia anda bisa langsung sembuh. Anggap saja hal ini terapi yang harus dilakukan berulang-ulang kali hingga ada saatnya fobia anda benar-benar hilang dan bisa menghadapi ketakutan anda.

Mengeluarkan Emosi

Menonton film horor bermanfaat utuk kesehatan. Saat teriak, emosi anda akan sepenuhnya keluar dan tersalurkan. Aktivitas organ hatipun cenderung lebih efektif, seolah-olah sedang berlari. Sehingga aliran darah mengalir lancer dan membuat anda semakin lebih sehat.

Mengurangi Tingkat Stres

Saat menonton film horor akan membantu pola piker. Tanpa disadari menonton film horor membantu dalam menguranggi tingkat stress terhadap masalah yang sedang dihadapi. Suasana yang menyeramkan saat menonton film horor akan membuat kinerja adrenalin aktif. Sehinga mampu mengurangi stres walaupun akan terasa melelahkan sesudahnya, menonton film horor dapat mengurangi stress bahkan hingga tingkat depresi.

Garlin Fauzia

Content Writer
Garlin kuliah di Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor jurusan Manajemen Informatika. Penikmat lagu lawas dan kesenian-kesenian kuno.
Garlin Fauzia
Baca Juga:  6 Sumber Adaptasi Film Berikut Contohnya

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: