5 Tips Untuk Terjun ke Industri Film

Di Indonesia, industri kreatif terutama film, makin hari makin luas dan pesat perkembangannya. Lapak untuk para filmmaker dan orang-orang yang ingin bekerja di industri kreatif terutama film tentu semakin banyak.
Kalian tidak perlu ragu dan galau lagi untuk terjun ke industri film. Kenapa? Karena industri film ini cukup menjanjikan. Hal ini bisa dilihat dengan pertumbuhannya yang begitu cepat, dari banyaknya jumlah penonton, layar lebar, serta banyaknya film-film Indonesia yang sudah ditonton jutaan penonton. Yang tak kalah penting adalah semakin banyaknya film-film yang masuk box office Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa film Indonesia secara kualitas sudah mampu bersaing dengan film-film mancanegara.

Dengan melihat perkembangan industri film beberapa tahun belakangan ini, tentunya kalian sudah bisa menilai bagaimana potensialnya film-film Indonesia dengan peminat dan jumlah penonton yang terus meningkat. Perkembangan industri film juga bisa dikategorikan sebagai bisnis yang cukup menguntungkan, apalagi untuk kalian yang punya passion di bidang film. Kalian tentunya harus punya andil di industri film, ya. Masuk ke industri film bukan jadi hal yang susah kok buat kalian. Kali ini, kami akan membagi 5 tips untuk kalian bisa terjun ke industri film.

1. Punya Seorang Mentor

Carilah seorang mentor untuk membantumu masuk industri film
Kalian bisa cari mentor lewat relasi di dunia perkuliahan misalnya kakak-kakak senior, atau kenalan yang kalian dapatkan dari shooting yang pernah kalian ikuti. Relasi yang baik itu penting, apalagi sama mentor kamu. Dia bisa jadi salah satu orang yang akan memberi kebebasan kalian dalam berproses di bawah pengawasannya. Pencarian mentor harus tepat dan sesuai dengan visi misi kalian, supaya bisa menghasilkan karya yang otentik dari diri kalian sendiri. Selain itu, kalian bisa belajar melihat dan mengamati bagaimana mentor kalian bekerja dalam pembuatan film mereka. Menemukan seorang yang mentor yang tepat sebenarnya gampang-gampang susah, tapi kalian jangan menyerah ya untuk terus mencari mentor yang tepat, supaya bisa masuk ke industri film dengan mudah.

Baca Juga:  6 Tipe Sutradara Film, Kamu Yang Mana?

2. Membuat Film Independen

Proses kalian terlibat dalam satu produksi film itu bisa jadi jalan kalian untuk terjun ke industri film juga, loh. Kalau kalian bisa memproduksi film independen itu akan lebih baik lagi. Kenapa? Karena hal ini bisa menjadi modal awal kalian untuk dikenal para sineas dan pekerja film. Dengan memproduksi film independen, kalian juga tidak akan buta arah ketika terjun ke dunia perfilman, terutama dunia kerja. Kalau kalian sudah produksi film independen, jangan cuma disimpan di hardisk aja, ya. Kalian harus mencoba untuk unjuk diri di festival film di Indonesia dan juga di mancanegara.

3. Bekerja di Rumah Produksi Film

Rumah produksi film adalah ruang yang tepat untuk kalian belajar, bereksplorasi, sekaligus bekerja di dunia perfilman. Bekerja di industri perfilman adalah peluang besar untuk kamu makin mendalami tentang film. Relasi dan teman baru akan kamu dapatkan dengan bekerja di rumah produksi. Ketertarikan dan passion yang sama akan membuat kalian dan juga teman-teman di rumah produksi menjadi akrab. Hindari persaingan di lingkup kerja kalian, ya. Lebih baik kalian menjadi partner kerjasama atau jika kalian mau bersaing, bersainglah secara sehat. Bekerja di rumah produksi bisa jadi tahap awal kalian untuk kenal banyak orang yang terlibat dalam perfilman Indonesia, seperti produser, sutradara, penulis skenario, dan lain-lain.

4. Membuat Kanal YouTube

Youtube sudah menjadi batu loncatan untuk bisa masuk ke industri film
Youtube bisa jadi tempat untuk mempromosikan diri dengan karya-karya yang sudah kalian buat. Orang akan bisa memahami karakter kalian dalam berkarya. Aksesnya pun lebih mudah dan bisa mendapatkan viewers yang banyak, asalkan karya kalian menarik dan juga otentik. Selain itu kalian bisa meraup keuntungan dari youtube channel, loh. Keuntungan yang bisa kalian dapatkan bisa dihitung dari jumlah penonton, dan juga jumlah subscribers.

<

Baca Juga:  Peran Penting Penata Busana Film

h3>5. Mengunjungi Acara Film<?h3>
Acara industri film akan mempertemukan kalian dengan filmmaker lain, dan juga investor untuk saling berbagi soal apapun tentang perfilman. Selain itu kalian bisa menambah pengalaman juga dengan berjejaring dengan para pelaku industri perfilman di Indonesia. Acara film yang paling banyak diminati oleh khalayak umum adalah festival film. Di festival film ini kalian bisa bertemu dengan berbagai karakter film, dan hal ini bisa makin memperkaya wawasan serta karya-karya yang akan kalian ciptakan nantinya. Selain variasi karakter film, kalian juga pastinya akan bertemu dengan pembuat filmnya. Di sinilah kalian bisa sharing dan melakukan diskusi soal film. Hal ini penting untuk kalian yang akan terjun di industri film, karena tentunya relasi yang banyak akan berpengaruh pada karir kalian.

Dengan 5 tips untuk terjun ke industri film di atas, tidak ada alasan lagi untuk kalian yang mau menjadi pekerja film, kan? Pada dasarnya, di dalam industri film, hal utama yang harus kalian garis bawahi adalah relasi. Relasi itu sangat penting dalam industri film. Membentuk relasi pun bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara seperti yang sudah tersebut di atas. Semoga membantu kalian yang galau untuk masuk ke industri film, ya. Catch your dream!

Yolanita Varensia

Junior Creative Writer
Lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta jurusan Film dan Televisi. Menyukai cerita fantasi dan imajinatif. Selain itu, ia punya obsesi dengan luar angkasa. Saat ini bekerja sebagai Junior Creative Writer di Studio Antelope.
Yolanita Varensia

Latest posts by Yolanita Varensia (see all)

Baca Juga:  5 Lokasi Syuting di Jakarta Yang Dapat Kamu Gunakan

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: