Mengenal Floorplan Dalam Film

Apa Itu Floorplan?

Salah satu hal penting dalam produksi film adalah persiapan. Nah, floorplan adalah salah satu bagian dari persiapan agar shooting film bisa lebih lancar. Pernah mendengar istilah floorplan? Apa itu floorplan? Yuk mengenal floorplan dalam film! Floorplan dalam film merupakan denah set yang digunakan untuk shooting. Floorplan disusun sebelum proses produksi atau pre-production dan sangat berguna sebagai panduan proses produksi.

Terdiri dari beberapa jenis floorplan, tetapi yang paling sering digunakan adalah floorplan untuk divisi kamera (berisikan penempatan kamera dan lighting). Sedangkan, floorplan untuk divisi directing (berisikan blocking dan pergerakan aktor di dalam sebuah set).

Layaknya denah yang memiliki simbol. Floorplan dalam film juga ditambahkan simbol. Nah, di floorplan dalam film beberapa simbol yang digunakan itu seperti: simbol kamera, simbol aktor, simbol lighting, dan simbol properti. Semua simbol-simbol tersebut memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan penempatan masing-masing item di dalam sebuah set. Floorplan juga biasanya lengkap dengan penjelasan mengenai arti dari simbol-simbol tersebut untuk menghindari kesalahpahaman. Floorplan yang paling umum digunakan ini biasanya sangat berguna untuk mengetahui tata letak lampu, kamera, atribut lainnya, yang memudahkan bagi DOP, gaffer, dan sutradara tentunya. Tidak hanya mengetahui tata letak, tetapi juga bisa memperkirakan alur atau flow DOP dan aktor saat sedang mulai acting.

Untuk mengenal floorplan dalam film lebih jelas, nih kamu bisa mengetahui dan mengenal floorplan dalam film dari Jason Iskandar, serta contohnya. Ada video terbaru dari kami, #SiasatSinema tentang floorplan dalam film di bawah ini.

No Comments

Leave a Reply