Screenwriting

Baca Naskah Film Terbaik Oscars 2020

Share

Siapa sih pecinta film yang tidak tahu ajang Academy Awards, atau yang lebih akrab kita sebut dengan julukan Oscars? Ya, ajang penghargaan terhadap industri film berskala internasional yang diselenggarakan di Amerika Serikat ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta film setiap tahunnya. Nominasi Oscars yang terdaftar dalam setiap kategori tentunya merupakan film dan insan perfilman pilihan yang terbaik dalam bidangnya. Terdapat berbagai kategori di dalam penghargaan Oscars, seperti Pemeran Utama Terbaik, Pemeran Pendukung Terbaik, Naskah Film Terbaik, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan sebagainya.

Pada penyelenggaraannya yang ke-92 di tahun 2020 ini, film-film yang memperoleh nominasi Oscars memiliki naskah yang kuat dan juga sepertinya akan mengalami persaingan yang ketat, khususnya untuk nominasi-nominasi dalam kategori yang memperebutkan penghargaan Naskah Orisinil Terbaik. Penasaran seperti apa naskah-naskah tersebut? Berkat Academy of Motion Picture Arts and Sciences, rasa penasaranmu dapat teratasi karena naskah film nominasi kategori tersebut telah mereka publikasikan. Untuk itu, kami telah merangkum naskah-naskahnya untuk kamu baca!

Berikut ini daftar nominasi dalam kategori Naskah Orisinil Terbaik Oscars 2020:

1917

Naskah orisinil pertama yang kami rangkum adalah naskah film 1917. Ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns, film yang berlatar pada era Perang Dunia I ini bercerita tentang dua prajurit muda Inggris, Schofield dan Blake. Mereka diberi misi yang terlihat mustahil karena harus melintasi wilayah musuh dan menyampaikan pesan untuk menghentikan serangan yang dapat merenggut ratusan tentara Inggris, termasuk saudara kandung Blake yang ada di antaranya.




Related Post

Knives Out

Sutradara kenamaan Rian Johnson menyutradarai sekaligus menulis film Knives Out, yang merupakan film misteri pembunuhan. Bercerita tentang Harlan Thrombey, penulis novel misteri yang kaya raya, ia tewas secara misterius di ulang tahunnya yang ke-85. Keluarganya yang datang berkumpul setelah tewasnya Harlan dijadikan tersangka oleh Benoit Blanc, detektif swasta yang datang untuk menyelidiki kasus ini.




Marriage Story

Naskah berikutnya adalah naskah film Marriage Story, yang bercerita tentang pasangan suami-istri, Charlie dan Nicole. Mereka harus menghadapi lika-liku perceraian yang mereka jalani seperti proses di pengadilan dan penentuan hak asuh anak mereka, Henry. Film ini juga disutradarai sekaligus ditulis oleh seorang sutradara kenamaan, Noah Baumbach.




Parasite

Terakhir, kami merangkum naskah film produksi Korea Selatan yang berjudul Parasite atau Gisaengchung dalam Bahasa Korea. Parasite yang merupakan film komedi gelap, menjadi satu-satunya nominasi dalam kategori ini yang berasal dari luar Hollywood. Tapi tidak perlu khawatir, karena naskahnya tetap ditulis dalam Bahasa Inggris. Ditulis oleh Bong Joon-ho dan Han Jin-won, film ini bercerita tentang empat anggota keluarga Kim yang pengangguran. Hidup mereka berubah ketika kakak tertua, Ki-woo, mendapat kesempatan untuk bertemu dan masuk ke dalam kehidupan keluarga Park yang kaya raya. Namun, serangkaian kejadian dimulai setelah pertemuan tersebut.





Sebenarnya terdapat satu lagi nominasi film yang naskahnya masuk ke dalam kategori Naskah Orisinil Terbaik, yaitu Once Upon a Time… in Hollywood yang disutradarai dan ditulis oleh sutradara kenamaan, Quentin Tarantino. Namun pihak studio atau mungkin sang sutradara sendiri memiliki kebijakan untuk tidak mempublikasikannya dalam waktu yang dekat, karena selama proses produksi pun naskah film tersebut sangat dirahasiakan oleh mereka.

Nah, itu tadi daftar naskah film terbaik Oscars 2020 yang telah kami rangkum untuk kamu baca. Semoga daftar di atas dapat bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis naskah film!

This post was published on January 30, 2020 10:23 am

Published by

Recent Posts

Menguasai Teknik Editing Film: Fast Cut vs Slow Pace

  Dalam dunia sinematografi, teknik editing film adalah salah satu faktor kunci yang menentukan tempo…

April 24, 2024

Memahami 8 Sequences dalam Penulisan Skenario: Struktur Standar Film Hollywood

Dalam dunia penulisan skenario, mengatur cerita ke dalam sequence yang terstruktur dengan baik adalah kunci…

April 23, 2024

Mengoptimalkan Pesan dalam Iklan 30 Detik: Strategi Efektif untuk Brand

Dalam dunia periklanan yang serba cepat, iklan 30 detik menawarkan tantangan unik untuk menyampaikan pesan…

April 22, 2024

Sorotan Khusus pada Sinema Indonesia di Far East Film Festival 2024

Far East Film Festival 2024 yang berlangsung antara 24 April - 2 Mei 2024 di…

April 20, 2024

Dialog vs Keheningan dalam Penulisan: Mana Yang Kamu Pilih?

Dialog vs keheningan, mana yang kamu pilih saat menulis skenario? Dalam dunia penulisan skenario, memilih…

April 19, 2024

8 Manfaat Menggunakan Video dalam Strategi Periklanan Anda

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif…

April 18, 2024