Advertising

Perbedaan Advertising Agency, Production House, dan Studio Film

Share

“We are award-winning advertising agency based in Jakarta.” Seiring dengan bertumbuhnya ekosistem kreatif di Indonesia, nama-nama berimbuh ‘agency’, ‘production house’, ‘studio’ semakin sering kita dengar. Transformasi digital yang men-disrupt bisnis kreatif membuat batas-batas antara industri film, periklanan, bahkan pemasaran kabur. Artikel ini akan membahas perbedaan antara advertising agency, production house, dan studio.

Tahukah kamu walaupun sama-sama beroperasi di dunia kreatif, ketiga nama tersebut berkarya di ranah yang berbeda dengan cara kerja yang berbeda pula. Nah tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang perbedaan advertising agency, production house, dan studio film!

Advertising Agency

Advertising agency atau agensi periklanan merupakan perusahaan yang tujuan utamanya mengiklankan suatu barang atau jasa. Untuk mengiklankan suatu barang atau jasa diperlukan perpaduan antara ilmu pengetahuan dan kesenian. Oleh karena skill set-nya yang terspesialisasi, diperlukan perusahaan khusus untuk menananganinya yang disebut advertising agency.

Nah advertising agency sendiri terbagi lagi atas beberapa jenis, muali dari traditional advertising agency sampai media buying advertising agency. Kalau kamu ingin tahu lebih tentang ini, kami punya artikel tentang “8 Tipe Advertising Agency Yang Perlu Kamu Ketahui.”

Production House

Production house (sering disingkat PH) atau production company adalah perusahaan yang fokus utamanya adalah memproduksi konten yang berbentuk audio visual, bisa iklan, film, atau web series. Dalam dunia periklanan, production house berperan sebagai eksekutor ide yang dibuat oleh advertising agency. Jadi dengan kata lain advertising agency tidak memproduksi iklannya sendiri, tetapi memperkerjakan production house untuk mengeksekusinya. Semua aktivitas yang berkatian dengan teknis, mulai dari mencari kru, pemain, lokasi, dll merupakan tanggung jawab production house.

Related Post

Seiring perkembangan zaman, aktivitas production house sedikit mengalami pergeseran. Dengan semakin mudah dan murahnya teknologi perfilman, production house juga melakukan aktivitas lain selain memproduksi konten semata, seperti pengembangan kreatif, pascaproduksi, bahkan sampai distribusi konten. Itu semua kita juga kita kerjakan di Studio Antelope.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang aktivitas kami sebagai production house, kami bisa mengunjungi halaman ‘About Us’.

Studio

Sebutan studio sebetulnya lahir di masa keemasan Hollywood di antara tahun 1920an sampai 1950an. Studio film berskala besar memiliki beberapa perusahaan produksi (production house) dan fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam produksi film. Berbeda dengan production house yang fokus memproduksi, studio film fokus pada proses creative development (pengembangan kreatif), penulisan / akuisisi intellectual property dan skenario, financing (pendanaan film), promosi, sampai distribusi film. Betul, secara bisnis, cakupan kerja studio film memang lebih besar dibandingkan production house.

Namun sekali lagi, seiring berkembangnya teknologi digital, sekat-sekat yang membedakannya dengan production house semakin samar-samar.

Itu dia perbedaan advertising agency, production house, dan studio. Semoga artikel ini memberikan kamu sedikit gambaran tentang perbedaan agency, production house, dan studio film. Kamu sendiri paling tertarik bekerja di mana? Yuk tulis di kolom komentar ya!

This post was published on January 19, 2021 9:00 am

Published by

Recent Posts

Merayakan Sinema Tanah Air: 8 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Di setiap perayaan Hari Film Nasional, ada baiknya kita mengingat kembali karya-karya sinema Indonesia yang…

March 29, 2024

Menguak Rahasia Low Light Cinematography: Tips dan Trik untuk Sineas

Dalam dunia sinematografi, memfilmkan dengan cahaya rendah bukan hanya sebuah kebutuhan tetapi sering kali merupakan…

March 27, 2024

8 Situs Terbaik untuk Musik dan Sound Effect Gratis

Dalam dunia kreatif, musik dan efek suara memegang peranan penting dalam memberikan nuansa dan atmosfer…

March 26, 2024

Mengenal Berbagai Jenis Festival Film dan Keunikan Masing-Masing

Dalam dunia perfilman, festival film adalah salah satu momen yang paling dinantikan oleh para sineas,…

March 25, 2024

Proses Brainstorming Series CinLock: Transformasi Ide Menjadi Skenario

Dalam dunia yang penuh dengan tayangan menarik dan beragam, terkadang kita penasaran, bagaimana sih proses…

March 22, 2024

Apakah Kamu Dilahirkan Untuk Menjadi Penulis? Ini 8 Tandanya!

Menulis bukan hanya kegiatan menggoreskan pena di atas kertas atau mengetik di depan layar komputer.…

March 21, 2024