Advertising

Production House: Pengertian dan Fungsinya

Share

Production house, biasa disingkat PH, atau disebut juga production company adalah bisnis yang berspesialisasi dalam pembuatan berbagai jenis media, seperti film, acara televisi, series, iklan, branded content, sampai video musik.

Production house memainkan peran penting dalam industri hiburan. PH-lah yang berfungsi menghidupkan ide-ide kreatif, mengelola talenta-talenta kreatif (seperti sutradara, produser, penulis, dll), dan memastikan ide-ide itu dapat bertransformasi menjadi karya yang bisa dinikmati penonton.

Production house sendiri berbeda dengan advertising agency atau studio film. Dan sebenarnya production house juga terdiri dari beberapa jenis. Ada production house yang fokus memproduksi film, tapi ada pula yang fokusnya di iklan, atau bahkan video musik. Untuk mempelajari perbedaannya, kamu bisa membaca artikel berikut ini.

Nah, lantas apa sebenarnya yang dilakukan oleh production house? Berikut adalah beberapa fungsi utama dari production house:

Konseptualisasi dan Pengembangan

Cara kerja production house iklan dan film sedikit berbeda. Jika production house film bekerjasama dengan studio film dan/atau pihak financier lain seperti investor, production house iklan bekerjasama dengan agensi periklanan dan/atau klien.

Walaupun sedikit berbeda, tapi dalam tahap konseptualisasi dan pengembangan production house, baik film dan iklan, sama-sama bekerja untuk membuat dan mengembangkan ide kreatif menjadi proyek media.

Biasanya production house memiliki tim kreatif in-house yang bekerja dalam setiap tahap pengembangan: mulai dari pencarian ide, pengembangan naskah, sampai pembuatan storyboard dan proposal kreatif.

Praproduksi

Setelah konsep selesai, production house memulai proses praproduksi. Ini melibatkan mengamankan pembiayaan (financing), mempekerjakan (hiring) anggota kru, casting pemain, dan mengatur jadwal dan logistik untuk pengambilan gambar.

Apabila kamu tertarik mendalami lebih tentang kegiatan yang dilakukan saat praproduksi, kamu bisa membaca artikel tentang “9 Tahap Praproduksi Yang Harus Kamu Siapkan”.

Produksi

Selama produksi, production house mengawasi pembuatan film (atau iklan) yang sebenarnya. Production house harus memastikan semuanya dilaksanakan sesuai rencana. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola set, mengoordinasikan aktor dan kru, dan memecahkan masalah apa pun yang muncul.

Tahap produksi juga dikenal dengan istilah syuting, shooting, atau principal photography. Jika kamu tertarik mendalami tentang proses syuting, kamu bisa membaca artikel berjudul “5 Metode Syuting Yang Harus Kamu Pahami”.

Pascaproduksi

Setelah syuting selesai, production house memasuki fase pasca produksi. Ini melibatkan pengeditan, efek khusus, dan desain suara. Production house dapat bekerja dengan tim spesialis pascaproduksi untuk memastikan bahwa produk akhir memenuhi standar yang diinginkan.

Distribusi dan Pemasaran

Terakhir, production house bertanggung jawab untuk mendistribusikan dan memasarkan produk jadi kepada khalayak. Ini mungkin melibatkan bekerja dengan distributor, mengembangkan kampanye promosi, dan mengelola komunikasi dengan publik.

Di industri yang sudah besar dan kompleks seperti Hollywood, distribusi dan pemasaran memang ditangani oleh distributor dan/atau studio film. Namun, di Indonesia, peran ini seringkali masih ditangani oleh production house.

Selain fungsi inti tersebut, perusahaan produksi juga dapat menawarkan layanan tambahan, seperti animasi, efek visual, dan desain multimedia.

Keuntungan Bekerja Dengan PH

Jika kamu mengelola sebuah brand, atau bekerja di perusahaan yang tertarik memproduksi proyek media, bekerjasama dengan production house adalah pilihan cerdas. Kenapa? Berikut beberapa keuntungan bermitra dengan production house profesional:

Related Post
Akses ke Ahli & Profesional

Production house memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam industri hiburan. Mereka dapat menawarkan wawasan berharga ke dalam proses kreatif, serta memberikan panduan tentang pertimbangan logistik dan keuangan.

Di Studio Antelope sendiri, kami pernah bekerjasama dengan setidaknya 20 sutradara di ratusan proyek berbeda. Masing-masing sutradara memiliki keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan proyeknya. Akses ini belum tentu kamu dapatkan apabila tidak bekerja dengan production house profesional.

Bicara tentang produksi media, kita pastinya tidak cuma bicara tentang sutradara. Dalam sebuah produksi, rata-rata ada 100 orang yang terlibat dengan keahliannya masing-masing. Bekerjasama dengan production house memastikan kamu punya akses ke tenaga-tenaga ahli dan profesional tersebut.

Solusi Hemat Biaya

Kata siapa bekerjasama dengan PH mahal harganya? Bekerja dengan production house seringkali lebih hemat dibandingkan menangani proyek sendiri.

Kenapa? Ada 3 alasan. Pertama, PH memiliki keahlian untuk mendengarkan kebutuhan kamu dan mengusahakan yang terbaik agar sebuah proyek bisa dieksekusi sesuai dengan budgetmu. Tidak hanya itu, production house profesional pastinya juga mengusahakan agar standar kualitasnya terjaga, walau dengan budget terbatas.

Alasan kedua, PH memiliki akses ke peralatan-peralatan mutakhir dan software terkini. Sekarang bayangkan, jika kamu harus membeli kamera, lighting, dan peralatan-peralatan pascaproduksi (seperti color panel, monitor grading), yang jika ditotal harganya bisa ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Alasan ketiga, PH punya akses & hubungan dengan vendor-vendor yang sifatnya spesifik. Sebagai contoh, syuting adegan mobil membutuhkan vendor rigging kamera di mobil.

Contoh lain, membuat adegan hujan juga membutuhkan rigging hujan yang mampu menciptakan hujan buatan. Ini hanya dua dari masih banyak lagi contoh kenapa bekerja dengan production house adalah alasan cerdas.

Hasil Berkualitas Tinggi

PH profesional memiliki alat, sumber daya, dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan hasil berkualitas tinggi. Baik Anda membuat film, acara televisi, atau komersial, bermitra dengan perusahaan produksi dapat memastikan bahwa proyek kamu berkualitas tinggi dan profesional.

Perlu kamu ingat juga, kualitas yang kami maksud bukan hanya kualitas teknis saja, tapi kualitas kreatif seperti cerita dan penyutradaraan. Sebaik-baiknya kualitas gambar, amat sulit menyentuh penonton jika kualitas cerita-nya sendiri tidak kuat.

Di production house seperti Studio Antelope, tersedia aneka ragam pilihan penulis dengan berbagai keahliannya. Studio Antelope tidak hanya terbiasa menangani proyek-proyek format panjang (seperti film & series), tapi juga beragam proyek branded content, seperti iklan, film pendek, web series, bahkan sampai film/series vertikal.

Kesimpulan

Singkatnya, production house adalah bisnis yang berspesialisasi dalam pembuatan konten media, mulai dari pengembangan konsep hingga distribusi akhir.

Mereka memainkan peran penting dalam industri hiburan, menghidupkan ide-ide kreatif dan menyampaikannya kepada penonton di seluruh dunia.

Jika kamu sedang mempertimbangkan membuat proyek media (seperti film, iklan, atau series), bekerja sama dengan production house profesional dapat memberikan akses ke tenaga profesional, solusi hemat biaya, dan hasil berkualitas tinggi.

Bekerja Dengan Studio Antelope

Studio Antelope adalah production house profesional yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Misi kami adalah menciptakan konten berkualitas tinggi di semua layar. Kami tidak hanya memproduksi film & series, tapi juga branded content (seperti film pendek, iklan, web series, dan film vertikal).

Apabila kamu sedang mempertimbangkan membuat konten-konten di atas, kamu bisa menceritakan idemu di halaman Request a Quote ini. Jika kamu belum punya ide yang jelas, jangan khawatir, karena kami dengan senang hati memberikan konsultasi gratis.

This post was published on February 22, 2023 12:40 pm

Published by

Recent Posts

Menguasai Teknik Editing Film: Fast Cut vs Slow Pace

  Dalam dunia sinematografi, teknik editing film adalah salah satu faktor kunci yang menentukan tempo…

April 24, 2024

Memahami 8 Sequences dalam Penulisan Skenario: Struktur Standar Film Hollywood

Dalam dunia penulisan skenario, mengatur cerita ke dalam sequence yang terstruktur dengan baik adalah kunci…

April 23, 2024

Mengoptimalkan Pesan dalam Iklan 30 Detik: Strategi Efektif untuk Brand

Dalam dunia periklanan yang serba cepat, iklan 30 detik menawarkan tantangan unik untuk menyampaikan pesan…

April 22, 2024

Sorotan Khusus pada Sinema Indonesia di Far East Film Festival 2024

Far East Film Festival 2024 yang berlangsung antara 24 April - 2 Mei 2024 di…

April 20, 2024

Dialog vs Keheningan dalam Penulisan: Mana Yang Kamu Pilih?

Dialog vs keheningan, mana yang kamu pilih saat menulis skenario? Dalam dunia penulisan skenario, memilih…

April 19, 2024

8 Manfaat Menggunakan Video dalam Strategi Periklanan Anda

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif…

April 18, 2024