5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Nonton Perempuan Tanah Jahanam

Belum berselang lama Gundala menggemparkan dunia sinema tanah air, beberapa orang juga masih terngiang-ngiang dengan bunyi lonceng Ibu di film Pengabdi Setan, Joko Anwar sudah akan kembali dengan karya ‘seram’ terbarunya, Perempuan Tanah Jahanam. Berkisah tentang seorang perempuan dari perkotaan yang kembali ke desa asalnya. Ternyata, penduduk di kampung halamannya sudah lama mencarinya untuk mengakhiri sebuah kutukan. Ber-genre thriller-horror, dalam versi internasionalnya, film ini diberi judul Impetigore.

Impetigore adalah sebuah kata rekaan yang berasal dari dua kata impetigo dan gore. Kalau ditelusuri lebih lanjut, impetigo ternyata adalah nama sebuah adalah infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi cairan nanah, dan paling sering ditemukan di wajah, lengan dan tungkai. Sedangkan gore seperti yang kita tahu biasanya merujuk pada film yang berdarah-darah atau mengandung unsur sadis.

Dari judulnya saja, kita sudah bisa membayangkan apa yang akan kamu temukan dalam selama menonton, kan? Buat kamu yang berencana untuk nonton Perempuan Tanah Jahanam, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk masuk ke bioskop.

1. Jangan Nonton Cuma Karena Gengsi

Buat beberapa orang, nonton film horor bakal berdampak panjang. Susah tidur karena terus terbayang adegan filmnya, paling parahnya mungkin bisa memicu trauma. Jadi kalau kamu memang bukan penikmat film horor, dan cuma dipaksa nonton sama temanmu, pikir lagi dua kali sebelum memutuskan.

2. Cari Teman Nonton

Nah kalau memang kamu yakin mau nonton, coba cari teman yang mau nonton bareng. Selain karena nonton horor lebih seru kalo rame-rame, bawa teman tujuannya supaya kalau kamu takut dan perlu pelampiasan seperti tangan untuk dipegang, bahu untuk ditabok atau lengan untuk dicengkeram ada teman di sebelahmu. Kan nggak mungkin kamu begitu sama orang yang nggak kenal dong.

Baca Juga:  5 Film Indonesia Terbaik di Netflix

3. Cari Waktu yang Tepat

Niat sudah, teman sudah ada, sekarang cari juga waktu yang tepat. Kalau kamu memang bukan orang yang super berani, lebih baik kamu pilih waktu nonton pagi atau siang, jangan malam hari. Karena walaupun di dalam bioskop sama-sama gelap, paling nggak selesai nonton di luar gedung langit masih terang. Kamu jadi masih punya waktu untuk menenangkan diri sebelum gelap lagi.

4. Bawa Sesuatu untuk Menutup Mata

Penting! Terutama untuk kamu yang takut atau mungkin trauma lihat darah. Karena kalau lihat dari trailer-nya aja dipastikan akan banyak darah dan hal-hal menjijikkan akan ‘menghiasi’ layar bioskop di hadapanmu.

5. Teriak itu Normal

Jangan sungkan kalau kamu perlu teriak. Jangan gengsi, takut dianggap cupu atau penakut. Tujuan nonton film horor kan memang salah satunya adalah menempuh pengalaman rasa takut itu. Teriak bakal jadi katarsismu merespon rasa takut yang memacu hormone andrenalin untuk keluar (yang juga bagus untuk kesehatanmu).

Nonton film horor memang seru dan menantang, untuk kesehatan ternyata ada juga manfaatnya, tapi bukan jadi satu-satunya pembuktian diri untuk bisa dibilang berani.

Perempuan Tanah Jahanam bisa ditonton di bioskop mulai 17 Oktober 2019.

Suryo Hapsoro

Head of Business Development
Lulusan Sosiologi yang pernah bekerja di sebuah digital media agency dan OTT multinasional. Punya minat tinggi dalam Social Media Strategy dan Content Marketing. Saat ini bertanggung jawab sebagai Head of Business Development di Studio Antelope.
Suryo Hapsoro
Baca Juga:  Gimana Jadinya Kalau Non-Filmmaker Ikut Kuis Filmmaking?

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: