10 Situs Nonton Film Online Paling Asik Ditonton!

Menonton film saat ini tidak hanya bisa dilakukan di bioskop. Ada berbagai streaming services yang bisa kamu akses dimana saja, bahkan beberapa diantaranya menyediakan tontonan eksklusif yang hanya tersedia di situs tertentu. Hal ini tentu saja memudahkan kita untuk mengakses jutaan film. Dari film klasik hingga film blockbuster terbaru, 10 situs untuk nonton film online berikut punya arsip film yang bisa kita akses untuk menonton di mana pun dan kapan pun! Oh ya sebelum melihat list nonton film online di bawah ini, bagi kamu yang senang dengan film pendek kami punya rekomendasi website nonton film pendek

Situs nonton film online paling asik

Netflix

Siapa sih yang nggak tahu Netflix? Situs nonton satu ini populer banget karena memiliki akses ke ribuan film. Mulai dari film fiksi, dokumenter, bahkan tv series dari berbagai genre bisa diakses melalui Netflix. Selain menyediakan film-film yang sering kita temui di bioskop, Netflix juga sudah memproduksi beberapa film dan tv series sendiri yang hanya tersedia di situs ini seperti Stranger Things, Tuca & Bertie, Okja, dan lain-lain. Netflix bisa ditonton melalui tv, laptop, atau pun smartphone. Terdapat beberapa penawaran paket Netflix, disesuaikan dengan jumlah perangkat yang bisa mengakses dalam satu akun.

Pro
Pilihan tontonan sangat beragam.
Konten eksklusif yang berkualitas.
Satu akun dapat digunakan untuk beberapa perangkat.

Cons
Saat Netflix digunakan di smartphone dan/atau menggunakan wifi, perlu memerhatikan provider yang digunakan. Karena terdapat beberapa provider yang memblokir Netflix dalam jaringannya.

HBO Go

Selain Netflix, HBO juga merupakan salah satu situs nonton online terbesar di dunia. Banyaknya katalog film dan tv series khusus HBO menjadi daya tarik utama untuk berlangganan di situs ini. Katalog tersebut dapat kita akses melalui layanan streaming HBO Go yang tersedia di untuk berbagai perangkat.

Pros
Pilihan tontonan sangat beragam.
Konten eksklusif yang berkualitas.
Cons
Harga sedikit lebih mahal dari situs lainnya.

Hooq

Film Indonesia juga bisa diakses di situs nonton online yang legal, lho. Salah satunya adalah Hooq, streaming service yang menyediakan akses ke beberapa film Indonesia dalam berbagai genre. Katalog film yang dimiliki Hooq juga tidak main-main. Dengan berlangganan Hooq, kamu bisa nonton beberapa film berkualitas dari Indonesia seperti Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), Perahu Kertas (2012), dan lain-lain. Bahkan, film klasik Indonesia seperti Ratu Ilmu Hitam (1981), Aku Cinta Padamu (1974), dan Ateng Bikin Pusing (1974) juga tersedia di sini. Selain film Indonesia, Hooq juga memiliki film-film internasional. Sayangnya, beberapa film hanya bisa diakses dengan sistem sewa dalam waktu terbatas.

Baca Juga:  Percakapan Dengan Sutradara Film Pendek Wregas Bhanuteja & Jason Iskandar

Pros
Pilihan film Indonesia sangat beragam.
Ada paket khusus untuk pengguna perangkat tertentu.

Cons
Film Internasional masih terbatas.
Beberapa film harus membayar ekstra.

Iflix

Salah satu yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, iflix. Menyediakan beragam film dan serial dari Indonesia, Korea, Barat, India, hingga Malaysia. Ada beberapa film atau serial yang bisa ditonton meski kamu tidak punya akun. Iflix seperti Netflix yang memiliki original film atau series. Ada beberapa film Indonesia yang tidak lama tayang bioskop langsung masuk iflix dikarenakan original film iflix. Seperti film Terlalu Tampan, Orang Kaya Baru, dan Keluarga Cemara. Kamu bisa cek perpustakaan atau koleksi film iflix melalui piay.iflix.com.

Pros
Menyediakan film Indonesia klasik dan terbaru.
Cons
Pilihan film Indonesia (selain original film) masih kurang beragam.

Viu

Buat kamu penggemar drakor atau Drama Korea, Viu bisa jadi pilihan berlanggananmu nih! Viu menyediakan banyak film dan series Drama Korea dibandingkan film ber-genre lainnya. Meski Viu juga menyediakan film Indonesia, tapi terhitung sedikit dan Viu Original yang dibuat lebih banyak serial.

Pros
Situs nonton film online pilihan yang tepat bagi penggemar Drama Korea.
Cons
Kurangnya film atau serial Indonesia.

Mubi

Selama berabad-abad, seni film mengalami diversifikasi seiring berkembangnya teknologi dan situasi sosio-politis yang dialami oleh filmmaker-nya. Sayangnya, tidak banyak streaming service yang menyediakan film-film klasik penanda sebuah era tersebut. Tetapi ada satu platform yang bisa kita akses untuk menonton film dari berbagai era, yaitu Mubi. Situs ini menyediakan film hasil kurasi yang disusun dalam program-program tertentu. Film klasik seperti film noir, french new wave, hingga berbagai film-film baru yang berkualitas dari seluruh dunia bisa kita tonton melalui Mubi. Sayangnya, film yang disediakan hanya dapat diakses dalam waktu yang terbatas. Sehingga katalog film yang tersedia berganti-ganti setiap bulannya.

Baca Juga:  Berbincang dengan Komunitas Film Asik Dari Jatinangor

Pros
Film yang tersedia telah dikurasi dalam program tertentu.
Dapat diakses secara gratis jika mendaftar dengan email mahasiswa.
Cons
Film yang tersedia hanya bisa diakses dalam waktu terbatas.

Festival Scope

Festival Scope hadir untuk kalian yang sangat ingin menonton festival film internasional, tapi tidak punya modal untuk pergi ke luar negeri. Situs ini bekerja sama dengan beberapa festival film internasional untuk menayangkan film-film hasil kurasi dari festival tersebut. Festival film ternama seperti Festival Film de Cannes, International Film Festival Rotterdam, Clermont-Ferrand International Short Film Festival, dan lain-lain telah menjadi jajaran festival film yang bisa kamu tonton di situs ini. Seperti Mubi, film yang disediakan Festival Scope hanya bisa diakses dalam waktu terbatas. Namun, walaupun berbasis online, jumlah penonton film yang dapat mengakses film-film tersebut juga dibatasi layaknya tiket festival film pada umumnya. Kalau kalian punya film idaman yang ditayangkan di festival film tertentu, bisa mulai rajin ngecek Festival Scope, nih. Karena hanya yang paling cepat yang bisa nonton.

Pros
Menyediakan film-film yang lolos di beberapa festival internasional.
Gratis
Cons
Jumlah penonton terbatas.
Durasi dalam mengakses film terbatas.

Viddsee

Platform untuk film-film pendek Asia, terutama Indonesia, juga tidak kalah penting. Film pendek Asia sangat banyak jumlahnya dengan isu-isu yang mencerminkan daerah masing-masing. Untungnya, Viddsee hadir untuk menyediakan akses terhadap film-film pendek tersebut. Situs nonton ini juga mempunyai program Viddsee Juree Awards di 3 negara, Indonesia, Filipina, dan Singapura. Sehingga membuka kesempatan bagi kalian yang ingin mendistribusikan film hasil produksi kalian sendiri untuk penonton internasional di platform digital ini. Tonton film-film pendek se-Asia Tenggara ini di viddsee.com.

Pros
Menyediakan akses ke film-film pendek dari beberapa negara di Asia.
Memiliki program Awarding Viddsee Juree.
Gratis dalam mendaftar atau berlangganan.
Cons
Tidak disesiakan untuk pencarian kategori berdasarkan negara asal pembuat film.

GoPlay

Indonesia punya satu situs nonton online yang baru, nih. Perusahaan penyedia ojek online Gojek, memang berusaha memfasilitasi seluruh kebutuhan masyarakat, seperti slogannya “an ojek fo every need”. Berhubung menonton film sudah menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi sebagian orang, maka Gojek datang! Gojek kini sedang mengembangkan streaming service-nya, GoPlay. Situs ini memberikan alternatif buat kalian yang ingin menonton film Indonesia lama dan terbaru. Terutama film-film hasil produksi GoStudio seperti Aruna dan Lidahnya, Kulari ke Pantai, dan Wiro Sableng. Sayangnya, GoPlay yang tersedia saat ini masih dalam versi beta dan hanya tersedia bagi pengguna gojek saja.

Baca Juga:  10 Film di Tahun 2019 Yang Paling Ditunggu!

Pros
Memiliki konten original.
Menyediakan katalog film Indonesia.
Cons
Masih dalam versi beta, sehingga masih tersedia untuk pengguna gojek saja.
Pilihan film masih terbatas.
Belum tersedia untuk semua orang.

Disney+

Untuk kalian penggemar film-film Disney, siapkan uang kalian untuk berlangganan Disney+. Saat ini, Disney sedang mempersiapkan layanan streaming-nya sendiri yang dibuat khusus untuk film-film hasil produksi Disney dan production house yang telah berafiliasi dengannya, seperti Pixar, Marvel, National Geographic, dan lain-lain. Namun, harus sedikit bersabar karena Disney+ baru akan launching di Bulan November tahun 2019 ini.

Pros
Memiliki akses ke film-film milik Disney
Cons
Belum dirilis secara resmi

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.

Latest posts by Yosua Imantaka (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

shares