4 Rekomendasi Website untuk Menonton Film Pendek Terbaik

Gimana sih caranya menonton film pendek? Film pendek merupakan film dengan durasi yang cukup singkat. Walau terkesan sederhana, pembuatan film pendek pun cukup tricky karena pembuat film harus berhasil menyampaikan cerita dalam waktu yang terbatas. Film pendek juga dapat menjadi langkah pembuktian bagi para pembuat film. Banyak pembuat film yang memulai karirnya dari film pendek seperti yang telah dibahas dalam artikel 10 Film  Pendek Karya Awal Sutradara Ternama Yang Bisa Kamu Tonton Online.

Biasanya, film berdurasi singkat ini dapat ditonton pada pemutaran atau festival. Pemutaran atau festival memiliki keterbatasan waktu maupun kapasitas penonton. Kini, perkembangan teknologi memungkinkan film pendek dapat diakses hanya dengan sekali klik. Film pendek dapat ditonton oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja bahkan secara gratis. Studio Antelope merangkum 5 situs untuk menonton film pendek pilihan:

Viddsee

Situs: https://www.viddsee.com

Website untuk menonton film pendek: Viddsee.

Viddsee merupakan situs penyedia film pendek asal Singapura yang telah berekspansi ke Indonesia sejak 2015. Viddsee menyediakan berbagai film baik dari pilihan genre maupun topik film dan dapat ditonton secara gratis. Penonton dapat mengakses film pendek yang berasal dari pembuat film dari berbagai negara termasuk Indonesia. Tidak hanya menyediakan film pendek bagi penonton, Viddsee juga membuka submission untuk para pembuat film bisa mendaftarkan fiilmnya. Viddsee dapat diakses melalu situs viddsee.com maupun aplikasi yang dapat diunduh di App Store maupun Google Play Store.

Short of The Week

Situs: https://www.shortoftheweek.com

Website untuk menonton film pendek: Short of The Week.

Short of The Week merupakan platform penyedia film pendek yang mengutamakan kekuatan dalam cerita. Penonton dapat mengakses film dari beragam genre, topik, style, dan berbagai negara asal secara gratis. Situs ini juga menyediakan film pendek dan animasi pilihan yang mengikuti ajang kompetisi film internasional seperti BAFTA, Cannes Film Festival, hingga Academy Awards. Setiap bulannya, Short of The Week mengkurasi 3 film yang dinobatkan sebagai Best Films of The Month. Situs ini dapat diakses melalui komputer atau laptop maupun melalui ponsel pintar. Short of The Week juga membuka subimisi bagi para pembuat film untuk mendaftarkan hasil karyanya dengan membayar US$ 29.99.

Baca Juga:  Nominasi Best Actress Oscar 2019

Film Shortage

Situs: filmshortage.com

Berbasis di Quebec, Kanada, Film Shortage menawarkan film-film pendek pilihan yang dapat diakses secara gratis. Penonton dapat memilih berbagai film mulai dari action, komedi, animasi, hingga dokumenter. Karena berasal dari Kanada, Film Shortage memberikan rekomendasi film pendek pilihan asal negara dengan bendera daun mapel tersebut. Situs ini juga menyediakan berbagai judul film dari berbagai negara. Berbeda dari situs lainnya, Film Shortage ikut membantu kampanye crowdfunding atau penggalangan dana untuk membantu proyek para pembuat film. Pembuat film dapat mendaftarkan film pendek, trailer, maupun kampanye crowdfunding melalui situs ini.

Reel 13

Situs: https://www.thirteen.org/reel13/

Reel 13 merupakan bagian dari saluran THIRTEEN yang merupakan saluran televisi publik non komersil asal New York, Amerika Serikat. Penonton dapat mengakses film-film pendek secara gratis. Ada sekitar 300 judul film yang dapat ditonton pada situs ini. Reel 13 juga mengadakan kompetisi film pendek setiap minggunya. Pembuat film dapat mendaftarkan film pendeknya untuk mengikuti kompetisi tersebut. Pemenang ditentukan berdasarkan suara penonton. Film dengan suara terbanyak akan mendapat kesempatan untuk ditayangkan pada saluran televisi tersebut. Tidak perlu khawatir, situs ini dapat diakses oleh siapa saja di luar kota New York.

Itu dia 5 website untuk menonton film pendek. Punya ide lain?! Silakan tulis di kolom komentar yaaa!

Meta Meidiana

Content Writer
Penikmat dan (calon) pembuat film. Pernah menimba pelajaran dan pengalaman di Studio Antelope. Saat ini, sehari-hari bekerja sebagai Digital Marketer. Tulisan lainnya dapat diakses di laman https://metameidiana.blogspot.com
Meta Meidiana
Baca Juga:  5 Alternatif Jurusan Selain Film Untuk Belajar Film

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares