Mengenal 5 Tipe Produser Film

Hai, kalian pasti sudah sering mendengar jabatan produser di sebuah film. Apa kalian juga penasaran mengenai tugas produser di sebuah film? Dan ada apa sih tipe produser yang terlibat dalam produksi film?

Saya mau berbagi cerita sedikit tentang pengalaman saya menjadi produser film. Pertama kali menjadi produser film di film pendek Territorial Pissings tahun 2010. Sampai sekarang di tahun 2019, sudah memproduseri beberapa film pendek, web series, video clip, proyek iklan, dan juga sedang mempersiapkan film panjang pertama saya.

Produser bertugas untuk mengawasi jalannya sebuah produksi film, mulai dari menginisiasi proyek film, mencari dana supaya produksi film bisa berjalan, melakukan pengawasan di seluruh tahapan produksi film, mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi. Kami juga pernah menuliskan tugas produser di set lho!

5 tipe produser film

Salah satu tugas produser yang cukup penting yaitu mencari kru film, termasuk sutradara yang dirasa cocok untuk menjalankan proyek filmnya. Apa saja Karena saat produksi film sudah berjalan, sutradara yang akan lebih banyak bertanggung jawab dalam sisi kreatif di filmnya, sedangkan produser akan lebih banyak bertanggung jawab dalam hal bisnis dan manajerial. Di beberapa kasus, banyak juga sutradara yang menjadi produser di filmnya sendiri. Namun, sebenarnya ada beberapa tipe produser film lho!

Executive Producer

Executive producer ini adalah jabatan tertinggi dari sebuah produksi film. Tugasnya mengawasi seluruh produser lainnya menjalankan tugasnya dengan baik. Executive producer ini juga yang berugas untuk mencari sumber dana untuk proyek film dan juga keperluan bisnis lainnya yang ada di film. Di banyak kasus executive producer adalah orang dari studio atau production house yang memiliki proyek filmnya.

Baca Juga:  5 Pihak Ini Penting Tapi Sering Terlupa Dalam Industri Film

Producer

Produser bertugas untuk menginisiasi proyek film, membuat rancangan produksi, menyusun rencana pemasaran film, mengawasi seluruh proses produksi film, mulai dari pra-produksi, produksi, pasca produksi, mengawasi seluruh departemen, supaya produksi film dapat berjalanan sesuai dengan yang direncanakan di awal. Produser juga akan banyak bekerja dengan sutradara sepanjang produksi film.

Co-Producer

Co-producer adalah orang yang berbagi tanggung jawab dengan produser film lainnya. Akan berbeda- beda di setiap kasusnya, contohnya ada produser yang lebih bertanggung jawab di kreatif sedangkan produser lainnya lebih bertanggung jawab di bisnisnya.

Terkadang di beberapa kasus, co-producer juga dapat diberikan kepada pemberi dana yang Tidak terlibat secara langsung di produksi film atau memiliki pengaruh besar ke film, seperti orang yang membawa naskah atau bintang film ke sebuah proyek film.

Line Producer

Line producer menangani aspek administratif dan operasional di sebuah produksi film. Dan biasanya tidak terlibat dalam pengambilan keputusan terkait masalah kreatif di sebuah produksi film. Tugasnya adalah mengelola keuangan sebuah produksi film, mengawasi anggaran dan keuangan sehari-hari dalam sebuah produksi film supaya sesuai dengan anggaran keuangan di awal.

Unit Production Manager

Unit production manager dalam sebuah produksi film akan bekerja secara langsung di bawah line producer. Tugasnya sangat teknis, seperti melakukan dealing harga, terkadang juga perlu melakukan negosiasi harga dalam berbagai aspek produksi film, seperti perlatan kamera dan lampu, lokasi, transportasi, makanan, dan lainnya. Supaya semua pengeluaran yang ada di produski film sesuai dengan anggaran keuangan yang dibuat di awal.

Jadi, 5 tipe produser film ini yang biasanya ada di produksi film di Indonesia, selain ini sebenarnya ada lagi berbagai pihak yang terlibat di departemen produksi, seperti location manager, transportation coordinator, food and beverage coordinator, production assistant, runner, dan lainnya. Semuanya bekerja dari satu komando supaya pekerjaan terarah dengan baik. Kalau kamu ingin menjadi produser film, kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan kamu, paling cocok yang mana.

Florence Giovani

Head Producer
Tertarik menggeluti bidang kreatif sejak kecil. Memulai karir sebagai desainer grafis, sebelum akhirnya mendirikan Studio Antelope dan bekerja penuh sebagai produser.
Florence Giovani

Latest posts by Florence Giovani (see all)

Baca Juga:  Percakapan Dengan Sutradara Film Pendek Wregas Bhanuteja & Jason Iskandar

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares