10 Film Romantis Sepanjang Masa

Bulan Februari adalah bulan kasih sayang, ada hari valentine yang dirayakan oleh seluruh dunia. Merayakan hari valentine dapat dilakukan dengan berbagi cara, mulai dari memberikan bunga atau coklat ke orang-orang tercinta, makan malam romantis, dan bisa juga dengan menonton film romantis bersama. Saya mencoba mengingat kembali 10 film romatis yang pernah saya tonton sepanjang hidup saya dan ternyata dari setiap film romantis sepanjang masa ini ada hal mengenai cinta yang dapat kita pelajari:

1. When Harry Met Sally (1989)

Harry Burns (Billy Crystal) dan Sally Albright (Meg Ryan) yang melakukan perjalanan dari Chicago ke New York, sepanjang perjalanan mereka membicarakan apakah laki-laki dan perempuan bisa menjadi teman, mereka memiliki pendapat yang berbeda akan hal ini. Sepuluh tahun kemudian, Harry dan Sally bertemu kembali di toko buku, kali ini mereka membicarakan tentang hubungan percintaan masing-masing yang gagal.

Cerita cinta ini menggambarkan kalau jodoh memang tidak akan kemana-mana, walaupun belum tentu langsung bersama dan perlu menunggu bertahun-tahun hingga akhirnya bersama selamanya.

2. Sleepless in Seattle (1993)

Setelah Maggie meninggal, suaminya, Sam Baldwin (Tom Hanks) dan anak laki-lakinya yang berumur 8 tahun, Jonah (Ross Malinger), pindah dari Chicago ke Seattle untuk melupakan kesedihan. Delapan bulan kemudian, Sam masih merasakan kesedihan dan sulit tidur. Walaupun Jonah rindu dengan Ibunya, ia ingin ayahnya punya istri lagi dan bahagia kembali, tetapi Sam tidak tertarik untuk berkencan lagi. Sampai di sebuah malam Natal, atas inisiatif dari Jonah, Sam menceritakan isi hatinya tentang rasa cinta dan memori bahagianya bersama Maggie, ke sebuah talk show di radio. Banyak perempuan yang tersentuh dengan kisah Sam dan mengirimkan surat kepadanya. Sampai ada sebuah surat dari seorang perempuan bernama Annie Reed (Meg Ryan) yang akhirnya mengubah hidup Sam.

Cerita cinta ini menggambarkan bahwa cinta bisa datang dari mana saja tanpa pernah kita duga sebelumnya. Dan jangan pernah takut untuk membuka hati kembali, karena semua orang berhak untuk jatuh cinta kembali.

3. Before Sunrise (1995)

Di perjalanan kereta menuju Vienna, seorang pelajar asal Amerika, Jesse (Etan Hawke) beretemu dengan seorang pelajar yang akan kembali ke Paris (Julie Delpy). Setelah percakapan panjang, mereka menemukan koneksi diantara mereka. Secara spontan, Jesse mengajak Celine untuk turun dari kereta di kota Vienna dan Celine menyetujuinya. Jesse akan kembali ke US besok pagi dan sudah tidak memiliki uang untuk menginap, mereka meutuskan untuk jalan-jalan menelusuri kota. Setelah petualangan mereka semalaman, perpisahan jadi hal yang sangat sulit untuk mereka di pagi itu.

Cerita cinta ini menggamabarkan kadang kita harus keluar dari zona nyaman dan memulai petualangan untuk menemukan cinta. Jangan pernah takut berkenalan dengan orang baru, karena kadang kita bisa menemukan koneksi yang tepat dengan orang tesebut.

4. Titanic (1997)

Jack (Leonardo DiCaprio), seorang seniman muda yang miskin memenangkan dua tiket perjalanan dari Inggris ke US dengan kapal mewah Titanic. Di kapal, ia bertemu dengan Rose (Kate Winslet), seorang bangsawan asal Inggris yang sedang melakukan perjalanan dengan ibunya dan tunangannya. Dalam beberapa hari pertemuan, Jack dan Rose jatuh cinta. Ibu dan tunangannya mulai merasakan kisah cinta antara Jack dan Rose dan berusaha memisahkan mereka. Hingga pada suatu malam terjadi kecelakaan yang mematikan saat kapal Titanic menabrak gunung es di tengah samudera Atlantik.

Cerita cinta ini menggambarkan cinta tidak mengenal perbedaan. Semua orang berhak merasakan jatuh cinta dengan orang yang berbeda latar belakang, walaupun dibutuhkan usaha besar untuk memperjuangkannya.

5. Serendipity (2001)

Di sebuah malam, ketika mereka berumur 20an, Jonathan (John Cusack) bertemu dengan Sara (Kate Beckinsale). Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Sepuluh tahun kemudian saat jarak mereka dipisahkan 3.000 miles, takdir mempertemukan mereka kembali. When love feels like magic, it is called destiny; when destiny has a sense of humor, it is serendipity.

Cerita ini menggambarkan cinta adalah sebuah keajaiban dan takdir akan selalu mempertemukan dua pasang manusia yang memang sudah ditakdirkan bersama di hidup mereka.

6. A Walk to Remember (2002)

Seorang pelajar SMA yang nakal, Landon Carter (Shane West) tidak sengaja membuat salah seorang temannya terluka parah. Ia mendapat dua pilihan, dikeluarkan dari sekolah atau hukuman lainnya untuk membuatnya jera. Saat dihukum, ia berkenalan dengan Jamie Sullivan (Mandy More), seorang murid yang rajin dan pintar, yang ditugaskan untuk mengajarkannya di rumah sepulang sekolah.

Cerita ini menggambarkan cinta yang bisa timbul dari dua kepribadian yang jauh berbeda. Kedua orang bisa menemukan kecocokan diantara mereka setelah berkenalan satu sama lain. Serendipity, salah satu film romantis sepanjang masa yang bisa kamu tonton bersama pasanganmu.

7. The Notebook (2004)

Seorang buruh pabrik, Noah Calhoun (Ryan Gosling) dan seorang perempuan yang berasal dari keluarga kaya, Allie (Rachel McAdams) jatuh cinta satu sama lain. Tetapi hubungan mereka dilarang oleh orang tua Allie. Ketika Noah pergi untuk berperang saat perang dunia ke-2, hubungan mereka sempat berakhir. Lalu Allie mulai memiliki hubungan baru dengan laki-laki lain. Beberapa tahun kemudian setelah perang berakhir, Noah kembali ke kotanya dan bertemu dengan Allie yang sedang mempersiapkan pernikahannya.

Cerita ini menggambarkan cinta yang tanpa syarat dan juga kejujuran hati untuk kembali kepada orang yang dicintai, daripada menjalankan hidup dengan orang yang tidak dicintai.

8. 500 Days of Summer (2009)

Tom (Joseph Gordon-Levitt), seorang penulis kartu ucapan yang hopeless romantic, benar-benar merasa dicampakan ketika pacarnya, Summer (Zooey Deschanel) tiba-tiba memutuskan hubungan mereka. Setelah sempat dirundung kesedihan berhari-hari, Tom mencoba merefleksikan kembali 500 hari perjalanan kisah cinta mereka untuk mencari tau kapan hubungan mereka mulai memburuk.

Cerita ini menggambarkan jika kita sedang jatuh cinta jangan sampai kita terobsesi dengan pasangan dan hubungan kita sendiri secara berlebihan. Cobalah tetap memiliki kehidupan yang normal dan mejaga relasi dengan orang sekitar walaupun sedang jatuh cinta.

9. Crazy, Stupid, Love (2011)

Cal Weaver (Steve Carell) memiliki kehidupan yang sempurna, ia memiliki pekerjaan yang mapan, rumah yang besar, anak-anak yang baik, dan istri yang cantik, Emily (Julianne Moore). Kehidupan Cal berubah drastis, ketika Emily meminta cerai. Cal, laki-laki usia 40an yang tiba-tiba single bertemu dengan Jacob Palmer (Ryan Gosling), seorang pemuda playboy yang mengajarkannya untuk bersenang-senang kembali dalam hidup dan berkencan dengan berbagai macam perempuan. Hingga akhirnya Cal menyadari kalau Jacob ternyata berkencan dengan putri sulungnya, Hannah (Emma Stone).

Cerita ini menggambarkan cinta memang bisa tumbuh dengan sendirinya, tapi perlu dijaga oleh pasangan, supaya cinta tidak pudar seiring berjalannya waktu.

10. La La Land (2016)

Sebastian (Ryan Gosling) dan Mia (Emma Stone) saling jatuh cinta Karena keduanya memiliki passion untuk mengejar mimpinya masing-masing. Sebastian ingin memiliki jazz club sendiri dan Mia ingin menjadi seorang aktor di Hollywood. Ketika mereka mulai bisa mendekati mimpinya, mereka terlalu sibuk sendiri. Mereka mulai jarang menghabiskan waktu bersama dan meributkan banyak hal. Sampai akhirnya mereka sadar mereka harus memilih antara cinta atau passion.

Cerita ini menggambarkan cinta yang baik dan sehat adalah cinta yang saling mendukung passion masing-masing pasangan dan juga prioritas yang perlu diatur oleh setiap individu. Meski, La La Land adalah film yang terbilang baru tapi bisa masuk dalam daftar 10 film romantis sepanjang masa.

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?