5 Alasan Kenapa Behind The Scene Dalam Film Itu Penting

Buat kalian yang hobi nonton film, kalian harus tahu bahwa membuat film ada sebuah proses yang cukup panjang dan kompleks. Kenapa panjang dan kompleks? Karena pembuatan film, harus melalui tahapan praproduksi, produksi, dan pascaproduksi dengan banyak orang yang terlibat di kepala. Menyatukan beberapa orang dengan beberapa pikiran yang berbeda-beda dan menjadikannya satu adalah hal yang cukup sulit. Belum lagi, kalau berbicara soal visi dan misi sang filmmaker. Kesuksesan dan keberhasilan sebuah film ditentukan dengan banyak parameter, di antaranya yaitu cerita film yang tersampaikan dengan baik, efek visual yang digunakan, hingga soal publikasinya.

Sangat disayangkan, ketika kalian tidak tahu bahwa banyak sekali orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk menciptakan sebuah film yang apik. Mungkin beberapa dari kalian sering menonton film bahkan hingga credit title selesai. Hal itu adalah salah satu apresiasi terhadap orang-orang yang ada di balik sebuah film, lho.

Pentingkah Behind The Scene Film?

Dalam proses pembuatan film dengan banyaknya orang, akan sangat memungkinkan memunculkan banyak hal konyol dan memorable. Tidak hanya itu saja, biasanya dalam film ada bagian yang sengaja dipotong dan dijadikan bahan behind the scene di bagian akhir film. Nah, behind the scene ini sangat banyak manfaatnya. Konten behind the scene justru memiliki keunikan tersendiri dan biasanya mampu lebh dekat dengan para penontonnya. Jadi, behind the scene sangatlah penting dalam pembuatan film. Berikut adalah 5 alasan kenapa behind the scene dalam film itu penting.

1. Konten Untuk Publikasi dan Promosi

Promosi dengan teaser dan trailer adalah hal yang umum dilakukan di dunia perfilman. Potongan-potongan adegan dalam film disusun dalam durasi pendek sekitar 60-90 detik untuk menggaet penonton. Lalu bagaimana dengan video behind the scene? Apakah bisa menjadi konten promosi? Jawabannya adalah sangat bisa. Dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda dengan hasil filmnya saja, sudah cukup menarik perhatian. Biasanya di video behind the scene juga ada wawancara dengan filmmaker yang terlibat dalam film yang sudah melalui tahapan praproduksi hingga pascaproduksi. Sudut bercerita yang berbeda dan visual yang berbeda sangat bisa dijadikan konten untuk promosi dan mempublikasikan film kalian.

2. Melihat Sisi Lain Dari Film

Keuntungan Behind The Scene FilmBehind The Scene – Close Up “Totally Closer” (2018)

Jika menonton film, kalian hanya disuguhkan dengan visual ciamik yang membuat terpukau, bagaimana jika kalian melihat proses pengambilannya di balik layar? Kalian akan melihat bahwa di balik visual yang sangat memukau mata kalian, ada seorang sinematografer yang sudah bekerja keras, mulai dari membuat shot list, storyboard, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kalian bisa lihat di balik akting yang bagus, ada seorang sutradara yang mengarahkan pemain dengan baik dan jelas, ada locman yang turut mengatur jalanan demi terciptanya jalanan yang sepi tanpa lalu lalang kendaraan, dan juga divisi lainnya.

3. Melihat Kedekatan dan Kekompakan Kru Serta Para Pemain

Behind The Scene Film Elegi Melodi

Foto: Behind The Scene – Elegi Melodi (2017)

Usai menonton film, mungkin ada beberapa scene yang membekas di kepalamu. Misalnya visual yang sangat bagus, akting pemain yang sangat keren, dan lain-lain. Kalau sudah begitu, kalian harus dan pasti mencari video behind the scene film tersebut. Kalian akan bisa mengulik bagaimana kerja dan kegiatan mereka di balik layar dengan lebih detil. Misalnya kalian bisa melihat kedekatan para pemain dengan kru, keakraban pemain satu dan pemain lainnya, kekompakan kru dalam menciptakan sebuah set, atau hal-hal konyol yang terjadi antara kru atau para pemain.

4. Sebagai Media Untuk Belajar Filmmaking

Behind The Scene Film

Foto: Behind The Scene – Shopee “Untuk Perempuan” (2019)

Setelah menonton film, mungkin kalian bertanya-tanya, “ini kok bisa begini ya?”, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya. Nah, ini dia manfaat dari video behind the scene. Di dalam video behind the scene kalian akan melihat proses para kru melakukan pengambilan gambar. Kalian akan melihat bagaimana tiap divisi bekerja, dan bahkan bisa belajar tentang tipe-tipe sudut pengambilan gambar, kamera apa yang digunakan, pergerakan kamera, lighting, dan lain-lain. Belajar bisa di mana saja dan kapan saja, kan? Kalian bisa memanfaatkan video behind the scene ini untuk belajar filmmaking. Jadi, kalau kalian membuat film, akan lebih baik jika membuat video behind the scene untuk edukasi para filmmaker pemula.

5. Bikin Penasaran

Teaser dan BTS Film Bisa Bikin Penasaran

Foto: Behind The Scene – Dan Kembali Bermimpi (2018)

Alasan kenapa video behind the scene penting yang terakhir adalah bikin penasaran. Bagaimana tidak penasaran, jika kalian melihat sneak peek pengambilan gambar di satu adegan dan ditayangkan secara cuma-cuma. Penonton pasti akan penasaran untuk menonton film tersebut.

Jadi, jangan anggap remeh video behind the scene,ya.. Teruslah memproduksi film kalian dan percaya bahwa cerita adalah kekuatan film-film yang apik!

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?