5 Cara Membuat Podcast Untuk Pemula

Kondisi pandemi ternyata tidak hanya membuat semuanya jadi serba online, tapi juga membuat beberapa kreator meminimalisir produksi lapangan dengan beralih ke rekaman suara atau yang biasa juga disebut dengan podcast. Pada dasarnya podcast adalah program episodik yang ada di internet, tidak hanya suara tapi juga video. Namun kebanyakan kreator podcast membuat konten hanya dengan menggunakan audio atau suara mereka. Materi dan konten podcast saat ini makin bervariatif. Ada yang penasaran nggak bagaimana cara membuat podcast?

 

Pada dasarnya sistem kerja podcast mirip dengan radio. Perbedaan yang paling signifikan adalah pendengar dibebaskan untuk mendengar podcast siapa dan konten atau topik apa yang ingin didengarkan. Saat ini podcast makin banyak dikenal sehingga makin banyak juga kreator yang memproduksinya. Selain kontennya yang variatif, podcast juga memiliki banyak kelebihan, di antaranya yaitu tidak terdistraksi dengan adanya iklan, podcast bisa didengarkan sesuai dengan waktu yang kalian inginkan, dan kalian bisa memilih konten atau topik yang sesuai dengan kalian.

Jika kalian sedang ingin merintis karir di dunia podcast, berikut 5 cara membuat podcast untuk pemula.

Konten Yang Menarik

Tentukan konten atau materi podcast yang menarik untuk dibahas. Kalian bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan menanyakan pada teman-teman atau orang di sekitar kalian, hal apa saja yang sedang menjadi tren atau mencari hal-hal unik lainnya. Selain itu, kalian juga bisa menjadikan konten yang memang kalian dalami dan ahli di bidangnya, misalnya membahas soal investasi, love story, cerita-cerita horor, dan lain sebagainya. Di dunia podcast kalian akan sangat bisa bereksplorasi juga dengan cerita fiksi. Hal ini sama saja dengan drama radio yang sempat trend di tahun 90-an. Kalian bisa membuat guideline atau naskah agar konten kalian tidak meluas kemana-mana.

Alat Untuk Merekam

Cara Membuat Podcast untuk Pemula
Untuk kalian yang tidak terbiasa dengan hal-hal teknis, saat ini mulailah mempelajari dan memperdalam alat-alat untuk merekam. Di masa awal merilis podcast tentu kalian belum memiliki tim atau partner kerja yang cukup banyak. Di sinilah kalian harus belajar mandiri, semuanya serba sendiri, termasuk proses perekaman suara. Kalian bisa menggunakan aplikasi perekam suara yang ada di smartphone kalian. Ini bisa untuk melatih dan membiasakan diri untuk berbicara sendiri. Sambil merekam suara dengan smartphone, kalian bisa menabung untuk membeli microphone, audio interface, dan lain-lain. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kualitas podcast yang kalian unggah.

Software Editing Audio

Belajar mengedit rekaman suara sendiri ini gampang-gampang susah. Ada beberapa orang yang tidak percaya diri ketika mendengar suaranya sendiri, loh. Nah, untuk kalian para pemula, pelajarilah software editing audio. Kalian bisa mengedit menggunakan Adobe Audition, Cubase, Logic Pro X, Audacity, dan lain sebagainya. Kalian harus membeli atau download di internet kemudian menginstalnya di komputer atau laptop kalian. Pahami tools yang ada di software tersebut, dengan begitu kalian bisa mengedit rekaman suara kalian dengan maksimal.

Unggah Rekaman Suara Ke Platform Online

Bagaimana Cara Membuat Podcast?
Selesai mengedit, unggah rekaman suara kalian ke platform online. Ini adalah langkah yang paling mudah. Kalian hanya membuat akun, kemudian mengunggahnya dengan internet yang cukup stabil. Jangan ragu, jangan malu dan jangan takut. Percaya diri itu penting, asal tidak berlebihan, ya.

Publikasikan Ke Berbagai Media

Untuk menaikkan pengikut dan pendengar podcast kalian, rajin-rajinlah mempublikasikan ke berbagai media. Kalian bisa menyebarkannya di grup chat keluarga, teman-teman sekolah atau kuliah, dan lain-lain. Hal ini juga untuk meningkatkan engagement kalian dan para pendengar kalian. Siapa tahu dari konten podcast kalian bisa mendapat tawaran pekerjaan sebagai voice over artist, atau pengisi suara di film animasi.

Jadi, itu dia cara membuat podcast untuk kamu yang pemula dan jangan ragu untuk rekam suara dan bikin podcast yang menarik, ya..

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?