5 Cara Sutradara Menganalisis Naskah Film

Dalam proses pembuatan film, seorang sutradara harus mampu memahami dengan jelas naskah yang akan diproduksi. Oleh karena itu, sutradara memerlukan kemampuan menganalisis naskah film. Namun, apa aja sih yang harus diperhatikan sutradara ketika menganalisis naskah film? Yuk kita bahas!

Analisis Struktural

Ini dia 5 cara sutradara menganalisis naskah film.

Dalam proses development sebelum naskah dibuat, ada yang namanya premis, genre, tema, dan yang lainnya. Hal-hal itu adalah unsur dasar dari suatu naskah dan menjadi unsur yang penting dalam sebuah naskah.

Pada tahap ini, seorang sutradara harus bisa memahami dan menjabarkan unsur dasar dari suatu cerita naratif yang dimiliki. Pertanyaan-pertanyaan seputar premis cerita, genre, tema, hingga resolusi cerita harus bisa dijawab dan dikuasai oleh sutradara.

Jadi, struktur naskah ini seharusnya sudah dipahami di luar kepala oleh seorang sutradara.

Analisis Karakter

Ini dia 5 cara sutradara menganalisis naskah film.

Karakter dalam sebuah naskah sangat beragam dan masing-masing karakter mempunyai ciri khasnya sendiri. Sutradara harus mengenal masing-masing karakter agar dapat mengenal naskah dengan lebih baik.

Seorang sutradara juga harus bisa menganalisis dan menjabarkan semua unsur yang berkaitan dengan karakter, seperti kelas sosial, status dan kekayaan, background hidup, pekerjaan dan lain-lain.

Dengan begitu, sutradara akan lebih mudah untuk mengarahkan aktor sesuai dengan karakter yang sudah dibangun.

Analisis Dunia

Ini dia 5 cara sutradara menganalisis naskah film.

Dalam film, dunia dalam cerita itu sudah ada jauh sebelum cerita itu dibuat. Hal ini yang membuat semua yang terjadi di dalam film terasa nyata. Misalnya, superman yang memiliki kekuatan super akan terasa logis karena ia bukan berasal dari bumi tetapi dari planet Krypton.

Nah, selain memahami karakter, penting bagi sutradara untuk juga memahami bagaimana realitas serta dunia disekitar karakter itu berjalan. Unsur-unsur seperti setting lokasi, waktu, kondisi dunia kerja, serta relasi yang karakter miliki dengan berbagai tempat yang ada di cerita, dapat membantu sutradara untuk semakin memahami realitas atau dunia yang bekerja dalam naskah tersebut.

Analisis Dinamika Keluarga

Dinamika keluarga ini menjelaskan hubungan karakter dengan orang-orang terdekatnya. Kita mampu memahami, bagaimana karakter ini bersikap dengan melihat relasinya dengan orang terdekat.

Setelah tadi sutradara menjabarkan relasi antara karakter dengan dunia di sekitarnya, sekarang waktunya untuk menganalisis relasi yang dimiliki karakter dengan orang-orang terdekatnya.

Pertanyaan seputar bagaimana relasi yang terbentuk, peran masing-masing dalam keluarga, serta bagaimana relasi kuasa yang terjalin merupakan fokus utama dalam tahap ini.

Misalnya dalam sebuah adegan, protagonis tiba-tiba menangis ketika melihat seorang ayah yang bermain dengan anaknya. Ini terjadi karena karakter protagonis merindukan ayahnya yang sudah lama pergi. Meskipun tidak diceritakan secara detail dalam film, detail semacam ini yang membuat film terasa lebih hidup.

Analisis Otoritas

Terakhir, sutradara juga harus menjabarkan unsur-unsur dalam cerita yang berkaitan atau memiliki kuasa. Beberapa pertanyaan seperti gender apa yang lebih berkuasa, siapa yang menjadi agen penggerak cerita, hingga yang berkaitan dengan seberapa besar otoritas yang dimiliki pemerintahan dalam realitas itu, merupakan hal-hal yang harus diidentifikasi oleh sutradara dalam tahap ini.

Misalnya, karakter dalam naskah merupakan pemimpin mafia yang sering melakukan kejahatan. Sutradara harus menganalisa sejauh mana karakter mampu melakukan kejahatan, apakah karakter bisa dengan mudah terhindar dari hukum? Apakah ia punya saingan yang membuatnya takut? Apakah polisi bisa dengan mudah menghancurkan para mafia? Hal seperti ini seorang sutradara harus bisa memahaminya.

Sekarang udah tahu kan salah satu proses kreatif sutradara dalam memahami naskah kayak gimana. Yuk share ke teman-teman kamu, biar semakin banyak yang tahu!

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?