5 Tips Membangun Youtube Channel Untuk Bisnis Kamu

Secara statistik, Youtube merupakan platform media sosial terbesar kedua setelah Facebook. Ia telah berhasil menjadi trend besar di era digital ini. Bagaimana tidak? Youtube menyuguhkan beragam hiburan dari vlog, konten-konten original dari setiap kreator, film, dan berbagai video musik. Selain itu Youtube juga menjadi search engine terbesar kedua setelah Google. Hal tersebut menyimpulkan bahwa Youtube telah menjadi situs yang sangat potensial untuk alat pemasaran. Sehingga banyak brand atau bahkan perseorangan yang membangun YouTube Channel.

Banyak brand di Indonesia yang telah memanfaatkan marketing potensial Youtube. Mereka sudah fokus memasarkan iklannya di Youtube. Kebanyakan dari mereka juga memiliki Youtube Channel sendiri dan meningkatkan engagement-nya dengan konten-konten original. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi peluang bisnis yang bisa kamu kembangkan. Kamu bisa membuat Channel Youtube kamu sendiri, lalu melakukan monetize pada jumlah penonton kamu, dan juga iklan yang tayang di video milikmu. Berikut 5 tips untuk membangun Youtube Channel kamu sendiri:

Cara Membangun YouTube Channel

Branding Youtube Channel

Branding menjadi salah satu hal penting dalam membangun Youtube Channel. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang difasilitasi Youtube untuk hal branding. Membuat nama Channel untuk branding utama mu adalah hal pertama yang bisa dilakukan. Lalu desain tema halaman utama Youtube Channel, dengan warna dan logo yang sesuai dengan branding yang kamu inginkan. Jangan lupa tambahkan foto yang bisa berupa logo, foto diri, atau hal yang menjadi fokus utama branding.

Selain desain dan fitur-fitur untuk membranding Youtube Channel, kamu juga harus memperhatikan thumbnail. Pastikan tampilan thumbnail harus sesuai dengan konsep branding keseluruhan. Setelah tampilan selesai, buatlah pilihan playlist menarik untuk mengkategorikan konten-konten yang kamu buat. Akan lebih baik jika kamu menampilkan video terbaik dan terpopulermu di halaman utama.

Mengunggah Video Secara Konsisten dan Teratur

Dalam membangun Youtube Channel, penting untuk memiliki jadwal konsisten untuk mengunggah video. Tidak harus mengunggah video setiap hari, karena kamu bisa menerapkan jadwal unggah tetap mingguan. Biasanya Youtube Channel terkenal akan mengunggah 1 minggu sebanyak 2-3 kali, di hari dan jam yang sama setiap minggunya secara rutin. Kamu harus bisa menjaga konsistensi jadwal unggah ini, dengan konten yang berbobot juga. Hal tersebut akan membantu kamu dalam mendapatkan subscribers baru.

Promosikan Videomu dan Gunakan SEO

Setelah videomu terunggah di Youtube, ada hal penting yang harus kamu lakukan setelahnya, yaitu mempromosikan video Youtubemu. Kamu harus tetap memantau engagement dan jumlah penonton video tersebut. Hal yang bisa dilakukan adalah mempromosikannya mulai dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa membagikan link videomu di grup Whatsapp, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya.

Kamu juga harus memperhatikan SEO (Search Engine Optimization) setiap video yang kamu unggah. Dari SEO kamu jadi bisa mengetahui keywords apa yang paling banyak dicari orang. Dan kamu bisa memanfaatkan keywords tersebut untuk mengisi konten teks seperti judul, deskripsi video, dan tags. Hal tersebut dapat membantu videomu masuk ke dalam daftar pencarian orang-orang di internet. Untuk mengetahui SEO, kamu bisa menggunakan website analitik seperti Text Optimizer.

Gunakan Ajakan Kepada Penonton

Kata ajakan kepada penonton memang merupakan cara tradisional yang seringkali digunakan oleh setiap konten kreator di Youtube. Hal ini memang sangat to the point untuk mengajak penonton men-subscribe, like, menyalakan notifikasi dan komen di setiap videomu. Dengan mengajak penonton, secara tidak langsung kamu telah mengingatkan mereka, agar penonton tidak ketinggalan update terbaru dari channelmu. Seringkali kalimat ajakan kepada penonton ini diletakan di belakang video, beserta banner penutup. Namun, tidak ada salahnya jika kamu sudah menggaungkan ajakan ini dari awal video, sebelum penonton lupa melakukannya.

Coba Fitur Live Stream

Live Stream merupakan salah satu fitur baru dari Youtube. Fitur ini dapat membantu kamu bertemu dengan para penonton baru yang memiliki ketertarikan dengan tema kanal Youtube-mu. Lewat Live Stream, banyak penonton Youtube yang dapat menemukan channel-mu berdasarkan kategori Live Stream yang mereka sukai. Di sini penonton memiliki kesempatan untuk menonton Live Stream-mu untuk mengenal channel-mu lebih jauh, dan kamu juga memiliki kesempatan untuk menjaring subscribers baru. Mencoba Live Stream sesekali untuk 1-2 konten video yang kamu miliki dalam sebulan dapat menjadi alternatif. Secara langsung, kamu dapat membangun komunikasi dengan para penontonmu.

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?