5 Video Iklan Indonesia Kreatif yang Out of The Box

Industri periklanan di Indonesia memang sedang berkembang. Saat ini industri iklan di Indonesia tidak hanya marak kita lihat di televisi saja. Namun, iklan-iklan tersebut sudah merambah ke dunia digital. Kita dapat melihat iklan dari banyak brand yang tiba-tiba muncul saat kita menonton video di Youtube, Website, ataupun Streaming App. Maka dari itu, hal ini menjadi tantangan baru bagi industri periklanan untuk terus mengasah dan mengeluarkan ide-ide yang fresh. Ide untuk video iklan kreatif di Indonesia tentu banyak tantangannya.

Bahkan semakin ke sini, banyak brand dan creative agency yang mulai berani menggunakan konsep-konsep ‘nyeleneh’ dan out of the box untuk video-video iklan mereka. Banyak dari video tersebut dibungkus dengan komedi yang ringan, dan konsep yang tidak biasa. Video-video tersebut pun sukses menarik perhatian masyarakat dan viral di jagat media sosial. Penonton pun dijamin akan menonton iklan-iklan ini sampai habis. Berikut ini merupakan 5 contoh video iklan Indonesia kreatif yang out of the box:

Ramayana

Sumber: Ramayana Department Store

Ramayana merupakan salah satu brand yang memang terkenal berani mengeluarkan iklan dengan tema-tema yang out of the box. Iklannya dari tahun ke tahun bisa dibilang berani mengambil konsep dan tema yang ‘nyeleneh’. Video Ramadhan 2019 dari Ramayana ini merupakan salah satu video yang sempat viral dan mencapai 20 juta penonton di Youtube. Cerita dalam iklan ini berani mengangkat konsep futuristik yang juga tetap humoris. Ditambah lagi dengan elemen visual efek yang membuat iklan ini berbeda. Ceritanya pun sangat kreatif, yaitu tentang sebuah fashion show lebaran di “Planet Udique”. Namun sang raja tidak puas, hingga akhirnya mereka memutuskan belanja di Ramayana dengan Ufo. Tidak ketinggalan ikon kepala dalam rice cooker dalam iklan Ramayana sebelumnya juga dimunculkan dalam iklan ini. Ide yang sangat tidak biasa bukan?

Sasa

Sumber: Sasa Melezatkan

Iklan brand penyedap rasa “Sasa” ini sangat unik. Sasa dengan kreatif, memproduksi iklan dengan style animasi jepang. Konsep iklan animasi ini terlihat terinspirasi dari film anime Jepang popular berjudul “Kimi No Nawa”. Menceritakan tentang dua orang tokoh utama perempuan dan laki-laki yang bisa menggapai mimpi apa saja dengan Sasa Tepung Bumbu. Memang sangat tidak biasa melihat iklan penyedap rasa yang memakai konsep animasi dan storytelling. Walaupun digarap dengan gaya Jepang, namun latar kota disesuaikan dengan keadaan landscape kota Jakarta. Iklan produksi Kokaku.Id ini pun sempat viral dan ramai dibicarakan di kancah Twitter.

Tokopedia

Sumber: Tokopedia

Konsep iklan kreatif lainnya juga dikeluarkan oleh Tokopedia dalam rangka bulan Ramadan. Kali ini mereka menggunakan konsep miniatur dan finger puppet. Iklan yang pada umumnya menggunakan talent, kali ini digantikan dengan tangan dan dua jari sebagai tokoh dalam iklan ini. Kita dapat melihat dua jari yang di rumah aja, berkumpul dengan keluarga, hingga adegan dua jari menaiki motor. Menariknya, latar set dalam iklan ini dibangun dengan bangunan dan properti minatur yang sangat unik. Tidak hanya itu, kita dapat melihat kardus Tokopedia dan barang-barang lainnya dalam versi miniaturnya juga.

Gojek

Sumber: Gojek Indonesia

Dalam rangka Ramadhan 2020, Gojek juga mengeluarkan iklan yang tidak kalah kreatif dan sangat berbeda dari biasanya. Iklan ini menggunakan konsep storytelling, dan konsep comic style. Dengan gaya stillomatic hitam putih dan genre komedi, iklan ini pun sangat menarik untuk ditonton. Judul yang diangkat juga sangat menarik yaitu “Hikayat Sang Musafir”. Sang Musafir ini diceritakan datang ke sebuah desa untuk memberikan inspirasi “eBadah” selama di rumah aja dengan Aplikasi Gojek. Dengan latar cerita Ramadhan di masa pandemi dan tidak lupa disisipkan peringatan social distancing dengan gaya yang sangat kocak. Tentunya, tidak lupa diingatkan berbagai fungsi aplikasi Gojek yang bisa digunakan untuk membantu sesama. Sangat salut dengan iklan karya Djayadiningrat ini.

Grab

Sumber : Youtube Grab Indonesia

Iklan edisi Ramadhan dari Grab.ID ini tidak kalah kreatif. Konsepnya sangat tidak biasa, dan sangat berani bermain dengan materi gambar yang dimiliki. Iklan ini memadukan konsep puppet show dengan konsep blue screen. Di mana talent-talent di dalamnya di shooting mengunakan bluescreen dan ditempel ke dalam footage, atau foto miniature set yang sudah mereka design. Semua talent, dan juga footage yang mereka miliki digabungkan sedemikian rupa secara kreatif. Ditambah lagi dengan iringan lagu original dari Grab yang membuat iklan ini seperti sebuah video music yang unik.

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?