6 Jenis Sub-Genre Film Romance yang Sering Kamu Tonton

Film romance adalah salah satu genre film yang banyak diminati banyak orang, terutama untuk orang-orang yang sedang kasmaran. Kalau nonton film romance, sudah pasti perasaan kalian rasanya campur aduk, mulai dari rasa senang, senyum-senyum sendiri, gemas, sampai perasaaan galau dan sedih nangis guling-guling. Film dengan genre romance adalah salah satu genre yang bisa dinikmati banyak orang. Film romantis sepertinya jadi sebuah ide yang tidak akan pernah habis. Para pembuat film pun juga tak kehabisan akal untuk membuat cerita romantis yang semakin menarik. Salah satu cara untuk mengembangkan ide film romance adalah dengan menggabungkannya dengan jenis sub-genre yang lainnya.

Untuk lebih bisa memahami genre romance, kalian juga mesti tahu sub-genre film romance biar cerita yang nantinya kalian buat lebih variatif dan memorable untuk penonton. Berikut ini adalah 6 jenis sub-genre film romance yang perlu kalian ketahui.

Historical Romance

Titanic, film romance dengan jenis sub-genre historical romance
Historical romance adalah sub-genre film romance yang ceritanya berdasarkan suatu periode waktu tertentu, termasuk setting dan kejadian yang sudah menjadi sebuah sejarah. Contoh film yang memiliki sub-genre historical romance, di antaranya yaitu Titanic. Film garapan James Cameron merupakan film yang terinspirasi dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic pada tahun 1912. Film lain dengan sub-genre film historical romance adalah film Moths, The Vow dan juga Die Weisse Massai.

Romantic Action

Mr and Mrs Smith, termasuk jenis film sub-genre action romance
Romantic action adalah sub-genre film romance alternatif yang bisa dipilih untuk membangun nuansa romantis yang berbeda. Film romantis yang digabungkan dengan genre action akan membangkitkan adrenalin para penontonnya. Film yang memiliki sub-genre romantic action tidak hanya membuat kisah asmara yang manis tapi juga dibumbui dengan aksi-aksi yang membuat penonton tegang. Contoh film yang memiliki sub-genre film romantic action yaitu Mr & Mrs Smith, Exit, Vagabond, Hit and Run Squad, The Aftermath, Testament of Youth dan lain-lain.

Romantic Comedy

Film Cinta Dalam Kardus karya Raditya Dika
Sub-genre film romantic comedy adalah film-film dengan alur cerita yang lucu, dan membuat suasana hati menjadi tersentuh karena sisi romantisnya. Humor di beberapa titik alur utama dalam film akan sangat variatif bentuknya, bisa dengan verbal, situasi, atau yang lainnya. Contoh sub-genre film romantic comedy yaitu Four Weddings and a Funeral, To All The Boys I’ve Loved Before, The Perfect Date, Isn’t It Romantic, Cinta Dalam Kardus, dan lain-lain.

Romantic Drama

The Fault in Our Stars film romance yang bikin baper
Menceritakan tentang bagaimana cinta sejati dapat menaklukkan segala rintangan dan hambatan yang ada di depan mata. Meskipun tampak sulit untuk dihadapi namun semua akan bisa terjadi karena kekuatan cinta. Contoh filmnya adalah Love For Sale, The Fault In Our Stars, A Moment To Remember, The Notebook, dan lain-lain. Pada umumnya sub-genre ini berkisah tentang hambatan yang mencegah pertemuan cinta sejati antara dua sejoli. Musik biasanya digunakan dalam sub-genre drama romantic untuk menunjukkan suasana emosional, membuat suasana seakan-akan terisolasi dan tampak terpojokkan. Drama romantis biasanya tidak menentukan apakah dua sejoli cinta sejati ini akan bersatu. Semua bergantung pada tema, dan alur cerita yang dipilih.

Romantic Fantasy

Siapa yang menyukai film Twilight?
Penggambaran kisah romantis dengan balutan nuansa fantasi bisa jadi alternatif untuk mengembangkan kisah cinta yang tidak biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Film dengan sub-genre romantic fantasy di antaranya yaitu Aladdin, Beauty And The Beast, Edward Scissorhands, Twilight, Beautiful Creatures, dan lain-lain.

Romantic Thriller

Film Fifty Shades of Grey
Sub-genre romantic thriller adalah penggabungan alur cerita romantis dengan unsur thriller. Thriller sering dianggap sama dengan horror atau misteri, namun thriller bisa lebih dari keduanya, dan juga bisa mencakup keduanya. Thriller sendiri memiliki alur yang diatur sedemikian rupa untuk menimbulkan rasa penasaran dan ketegangan pada penonton. Film-film dengan sub-genre romantic thriller adalah Obsessed, Fifty Shades of Grey, Fifty Shades Freed, Unfaithful, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia 6 jenis sub-genre film romance yang perlu kamu ketahui. Jadi, kalian udah siap bikin film romantis? Film romantis yang bikin baper nangis jungkir balik, atau yang bikin tegang dan penasaran?

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?