Screenwriting

7 Jenis Plot Twist Dalam Film

Share

“Wah plot twist banget nih!”. Pastinya kalian udah sering dengar dong istilah plot twist? Namun kamu sudah tahu belum apa arti dari plot twist? Dan apa saja sih jenis-jenis plot twist dalam film? Yuk kita bahas!

Apa itu Plot Twist?

Plot twist adalah adalah pelintiran alur atau pemutarbalikan alur dalam sebuah cerita. Dengan kata lain, adanya plot twist akan menghadirkan alur cerita yang tidak diduga-duga atau bahkan memberikan efek kejutan. Nah itu sebabnya istilah plot twist jadi semakin sering dipakai di percakapan sehari-hari.

Sebelumnya, kami pernah merilis artikel tentang 3 hal yang harus diperhatikan dalam membuat plot twist dan 6 film dengan plot twist ter-epic. Kalau tertarik, langsung klik linknya ya.

Oke, sekarang kita bahas jenis-jenis plot twist dalam film. Setidaknya ada 7 jenis plot twist yang sering kita jumpai. Apa saja? Yuk kita bahas satu-satu!

Jenis-Jenis Plot Twist

Anagnorisis

Anagnorisis berarti “penemuan”. Jenis plot twist ini terjadi ketika protagonis tiba-tiba mengenali/menyadari sesuatu tentang dirinya atau tentang karakter lain. Contoh film: The Sixth Sense (1999), The Others (2001).

False Protagonist

Sesuai dengan namanya, false protagonist atau protagonis palsu adalah jenis plot twist yang alurnya menggiring penonton untuk memercayai salah satu karakter sebagai protagonis cerita. Namun sampai di satu titik cerita, ternyata karakter tersebut bukanlah protagonis-nya.

Related Post
Deus Ex Machina

Diambil dari bahasa Latin untuk “God out of the machine”, deus ex machina artinya suatu kejadian tak terduga atau pertolongan dari Tuhan yang tiba-tiba muncul dan membantu karakter yang sedang kesulitan, tanpa mempertimbangkan unsur sebab-akibat.

Peripeteia

Sebuah solusi tidak terduga yang membalik keadaan, dan biasanya memberi keuntungan bagi si karakter protagonis. Peripeteia mirip dengan Deus ex machina, namun bedanya dengan Deus ex machina, Peripeteia haruslah berada dalam kerangka logis (sebab-akibat) yang sudah ada dalam cerita. Contoh film: The Game (1997).

Poetic Justice

Poetic justice terjadi ketika seorang karakter dihargai atau dihukum untuk tindakannya. Poetic justice sering digunakan untuk jenis cerita yang ingin memberikan unsur sweet revenge kepada peran antagonisnya. Contoh film: Scream (1996).

Red Herring

Plot twist Red Herring ini berorientasi kepada penyesatan informasi. Penonton dibuat mengikuti informasi dengan arah yang salah, dan tidak menyadarinya, sampai akhirnya terungkap. Biasanya menggunakan clue palsu untuk membuat penonton menerka-nerka. Contoh film: Knives Out (2019), Murder on the Orient Express (2017).

Unreliable Narrator

Seorang narrator yang nampak memberikan cerita yang berisi kebenaran, hingga penonton dibuat percaya di sepanjang film. Sampai pada akhirnya, penonton mengetahui bahwa semua cerita yang disebutkan oleh narator tersebut adalah salah. Contoh film: The Usual Suspect (1995), A Beautiful Mind (2001).

This post was published on November 21, 2022 7:09 pm

Published by

Recent Posts

Menguasai Teknik Editing Film: Fast Cut vs Slow Pace

  Dalam dunia sinematografi, teknik editing film adalah salah satu faktor kunci yang menentukan tempo…

April 24, 2024

Memahami 8 Sequences dalam Penulisan Skenario: Struktur Standar Film Hollywood

Dalam dunia penulisan skenario, mengatur cerita ke dalam sequence yang terstruktur dengan baik adalah kunci…

April 23, 2024

Mengoptimalkan Pesan dalam Iklan 30 Detik: Strategi Efektif untuk Brand

Dalam dunia periklanan yang serba cepat, iklan 30 detik menawarkan tantangan unik untuk menyampaikan pesan…

April 22, 2024

Sorotan Khusus pada Sinema Indonesia di Far East Film Festival 2024

Far East Film Festival 2024 yang berlangsung antara 24 April - 2 Mei 2024 di…

April 20, 2024

Dialog vs Keheningan dalam Penulisan: Mana Yang Kamu Pilih?

Dialog vs keheningan, mana yang kamu pilih saat menulis skenario? Dalam dunia penulisan skenario, memilih…

April 19, 2024

8 Manfaat Menggunakan Video dalam Strategi Periklanan Anda

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif…

April 18, 2024