Screenwriting

5 Jenis Angle Kamera Dalam Pembuatan Film

Share

Kali ini kami mau membahas topik penting dalam pembuatan film: jenis angle kamera. Sama seperti jenis-jenis shot, jenis angle kamera juga mempengaruhi psikologi penonton. Oleh karena itu pilihan angle menjadi senjata ampuh sutradara untuk menentukan makna tertentu yang mau disampaikan dalam sebuah shot.

Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk kita bahas!

Aerial Shot / Bird’s Eye View

Seperti namanya, jenis angle kamera ini meminjam perspektif burung. Ya, dengan sudut pandang burung, maka subjek akan terlihat kecil di antara latar.

Efek Psikologis: Angle ini biasanya dipakai untuk memperkenalkan suatu lokasi baru dimana sebuah adegan terjadi. Selain itu aerial view juga kerap dipakai untuk menunjukan perpindahan karakter ke lokasi baru.

Selain itu, jenis angle ini biasanya juga dipakai untuk menunjukan “ukuran” seseorang di tengah latar tempatnya berada. Dengan menunjukan itu, maka penonton bisa merasakan “ketidakberdayaan” si karakter di tengah situasi yang dihadapinya.

Overhead

Overhead shot meletakan kamera tepat di atas kepala karakter. Berbeda dengan aerial view yang menggunakan alat bantu drone, pada overhead shot biasanya terjadi di cakupan frame yang lebih sempit dibandingkan aerial view.

Efek Psikologis: Angle kamera ini cocok untuk menggambarkan gerak-gerik karakter karena memberikan ruang. Namun selain itu overhead shot juga dianggap sebagai jenis angle yang paling membuat karakter ‘vulnerable’ alias rentan. Kenapa? Karena di sini kita melihat karakter dari atas dan mendapatkan sudut yang jelas soal bagaimana ia berinteraksi dengan latar tempat adegan berlangsung.

Related Post

High Angle

Angle kamera ini menangkap subjek dari sudut yang lebih tinggi. Dengan alat bantu tripod, tangga, atau crane, kamera diletakan lebih tinggi dari subjek.

Efek: Penonton akan merasa lebih dominan daripada subjek di dalam layar, sebaliknya subjek akan terlihat kecil, lemah, dan tak berdaya. Selain itu high angle biasanya dipakai untuk menunjukan higher power dari semesta di dalam film yang tidak terlihat. Tak heran di adegan-adegan ketika karakter sedang melamun atau menerawang, high angle kerap dipakai.

Eye Level

Sesuai dengan namanya, kamera diletakan sejajar dengan mata manusia. Angle yang netral dan paling sering digunakan dalam film.

Efek Psikologis: Penonton akan merasa berada di tempat yang sama dengan karakter. Dengan sudut ini kita seolah mengikuti perjalanan karakter dengan nuansa yang lebih dekat. Jenis angle ini banyak dipakai di film-film drama, sebuah genre yang memang mengajak penonton masuk mengikuti drama demi drama yang dihadapi karakternya.

Low Angle

Kebalikan dari high angle, jenis sudut ini memotret objek dari bawah. Kamera diletakan dibawah subjek dan kamera di titlt mengarah ke subjek.

Efek Psikologis: Efek yang dihasilkan pun berkebalikan dengan high angle. Dengan sudut pengambilan rendah, maka subjek akan terlihat besar, dominan, dan berkuasa. Ini alasan kenapa sudut pengambilan gambar ini sering dipakai dalam film-film action, koboi, thriller, dsb.

Itu dia 5 jenis angle yang biasa ditemui dalam sebuah film. Semoga artikel ini membantumu menentukan shot dan angle di film kamu berikutnya ya! Apabila ada pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar.

This post was published on February 17, 2023 9:00 am

View Comments

Published by

Recent Posts

Merayakan Sinema Tanah Air: 8 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Di setiap perayaan Hari Film Nasional, ada baiknya kita mengingat kembali karya-karya sinema Indonesia yang…

March 29, 2024

Menguak Rahasia Low Light Cinematography: Tips dan Trik untuk Sineas

Dalam dunia sinematografi, memfilmkan dengan cahaya rendah bukan hanya sebuah kebutuhan tetapi sering kali merupakan…

March 27, 2024

8 Situs Terbaik untuk Musik dan Sound Effect Gratis

Dalam dunia kreatif, musik dan efek suara memegang peranan penting dalam memberikan nuansa dan atmosfer…

March 26, 2024

Mengenal Berbagai Jenis Festival Film dan Keunikan Masing-Masing

Dalam dunia perfilman, festival film adalah salah satu momen yang paling dinantikan oleh para sineas,…

March 25, 2024

Proses Brainstorming Series CinLock: Transformasi Ide Menjadi Skenario

Dalam dunia yang penuh dengan tayangan menarik dan beragam, terkadang kita penasaran, bagaimana sih proses…

March 22, 2024

Apakah Kamu Dilahirkan Untuk Menjadi Penulis? Ini 8 Tandanya!

Menulis bukan hanya kegiatan menggoreskan pena di atas kertas atau mengetik di depan layar komputer.…

March 21, 2024