Lika-Liku Syuting Film Indie

Sering mendengar istilah film “indie” atau independent? Sering indie seringkali dikaitkan dengan produksi film yang budget terbatas bermodal semangat. Biasanya film karya teman-teman komunitas film hingga film pendek selalu dianggap film “indie”. Memproduksi film “indie” tentu saja bukan perkara yang mudah. Banyak hal kecil yang harus diperhatikan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Apalagi kalau budget tipis dan jumlah kru sangat terbatas. Kami punya beberapa lika-liku syuting film indie, diantaranya:

Saling Memahami Antar Kru

Memproduksi film indie yang biasanya dikerjakan oleh sesama teman komunitas, teman sepermainan atau teman sevisi. Mengingat film indie sering dikaitkan dengan budget tipis, maka saling memahami itu penting. Karena jadi saling memahami kalau pilihan menu makan kru terbatas atau saling memahami kalau yang diincar bukanlah ‘cuan’. Untuk itu, perlu berhati-hati jika memberikan saran atau pendapat ke rekan setim, kami pernah menulis tips memberi saran rekan setim produksi film.

Kru Multitasking

Nah ini, karena kru-nya sedikit, maka harus membuat kru harus bisa multitasking. Situasi ini mau tidak mau terjadi agar produksi filmnya tetap berjalan dengan baik. Misal, produser juga merangkap mengurusi kebutuhan wardrobe. Atau bahkan yang (mungkin) paling sering terjadi adalah clapper bisa dilakukan secara bergantian. Kalau sedang mengalami di situasi seperti ini, alangkah lebih baik dikoordinasikan dulu ya. Agar tidak kebutuhan yang tertinggal.

Patungan

Tidak semua film indie bisa mendapatkan sokongan dana dari lembaga atau bahkan sponsor. Kamu bisa baca tips ini deh, mungkin bisa membantumu agar lolos pitching film Maka, salah satu jalan untuk berkarya adalah patungan. Patungan dengan teman-teman yang tentunya memiliki visi yang sama atas filmnya. Patungan tidak melulu dalam bentuk uang kok, bisa aja lho patungan “menyewakan” lokasi (meski akhirnya tidak ada biaya sewa juga, sih).

Baca Juga:  5 TV Series Terbaik Untuk Menemani Ramadan!

Itu sih beberapa lika-liku syuting film indie, masih banyak tentunya lika-liku lain. Tonton video berikut untuk mengetahui lika-liku syuting yang lain. Mungkin nanti bisa jadi momen bernostalgia untukmu juga!

Swasthi Mangundjaya

Community Manager
Kuliahnya di Surabaya menjadi awal pertemuannya dengan komunitas dan festival film. Setelah kuliahnya rampung, kembali pulang ke Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Community Manager di Studio Antelope.
Swasthi Mangundjaya
No Comments

Tulis Komentar:

shares