4 Fakta Tentang Awal Karir Christopher Nolan

Christopher Edward Nolan atau biasa disebut sebagai Christopher Nolan, merupakan seorang sutradara, penulis skenario dan produser, lahir di London, Inggris pada 30 Juli 1970.  Memulai karir didunia perfilman lewat film-film pendek seperti Tarantela (1989) hingga doodlebug (1997), lalu mencoba untuk membuat film panjang pertamanya yaitu Following (1998). Berkarir di dunia perfilman sejak tahun 1989 membuat sosok Christopher Nolan menjadi sosok yang selalu disebut-sebut sebagai sosok paling berpengaruh dalam dunia perfilman, terhitung sejak ia memulai membuat film keduanya yaitu Memento (2000) bersama Adiknya Jonathan Nolan, ia mulai menjadi perhatian publik karena film tersebut yang merupakan film independen yang mampu menuai kesuksesan hingga mendapat banyak pujian dari para kritikus-kritikus. Hingga akhirnya ia mulai mendapat kesempatan untuk menyutradarai film dengan budget yang besar lewat Insomnia (2002) dan The Prestige (2006) sampai pada filmnya terbarunya kemarin yang banyak juga menuai pujian dalam nominasi Oscars yaitu Dunkirk (2017).

Berikut 4 fakta menarik tentang awal karir Christopher Nolan!

Sosok Nolan yang banyak dijumpai di film-film bergenre Sci-fi seperti The Dark Knight, The Dark Knight Rises, Inception, hingga Interstellar  memiliki keidentikan dari berbagai film yang pernah ia buat, bahwa film-film Nolan rata-rata mampu mengungkapkan sosoknya yang begitu idealis, selalu terkonsep dengan amat filosofi maupun mampu mengeksplorasi moral, memori, hingga identitas personal dalam diri manusia. Seperti pada Inception (2010) Nolan berusaha untuk menangkap memori manusia lewat cara pandang yang beda hingga begitu mengesankan dengan keunikanya tersendiri.

Berikut kami ajak kamu untuk mengenali lebih jauh tentang seorang sutradara yang setiap film buatanya adalah jaminan laku dan bagus, penasaran? Mari simak 4 hal yang tidak kamu tahu tentang seorang Christopher Nolan saat belum menjadi seperti sekarang:

Mulai Bikin Film Di Usia 7 Tahun

Masa kecil seorang Nolan sama seperti biasa anak-anak kecil pada umumnya, menghabiskan waktu untuk bermain dan mencoba berbagai hal. Namun selain itu Christopher atau biasa disapa Nolan, menghabiskan masa-masa kecilnya dengan mencoba belajar apa yang dia inginkan. Ia kemudian menemukan kamera milik ayahnya saat berumur 7 tahun, lalu berusaha memotret-motret hingga belajar untuk merekam lalu membuat film. Karena dirinya sangat menyukai dan terinspirasi film Star Wars yang rilis tahun 1977, saat itu ia mulai belajar membuat film pendek dengan menggunakan action figure menggunakan kamera milik ayahnya.

        

Kuliah Sastra Inggris di Universitas College London

Menemukan bakatnya semasih kecil membuat Nolan tidak terlalu memikirkan ingin kemana, hingga akhirnya dirinya berlabuh pada jurusan sastra Inggris. Ketertarikanya terhadap dunia film membuat ia tergabung dengan komunitas film yang berada disana, sehingga Nolan berusaha mewujudkan keinginanya dengan membuat film kembali. Film pendek yang ia buat seperti Tarantella (1989), Larceny (1995) dan Doodlebug (1997).  Setelah berhasil membuat film-film pendek berselang setahun setelahnya ia berusaha mengumpulkan teman-temannya untuk mewujudkan mimpinya dengan membuat film panjang pertamanya Following (1998).

Film Panjang Pertamanya Following (1998) Dibuat Dengan Budget £6.000

Membuat film panjang pertamanya pada tahun 1998 bukanlah hal mudah bagi seorang Nolan, ia harus bekerja keras untuk mencari dana hingga mengumpulkan teman-temannya untuk sama-sama mewujudkan film panjangnya ini. Budget yang sangat tidak cukup untuk membuat film panjang membuat ia harus memikirkan otak bagaimana agar dapat selesai. Ia melakukan salah satu cara seperti syuting saat hari libur, beberapa teman-teman yang menjadi kru biasanya akan berusaha membantu jika syuting diadakan saat hari libur karena pada hari biasa teman-temannya melakukan pekerjaan lain. Dan dalam waktu selama kurang lebih setahun Nolan berhasil menyelesaikan film pertamanya itu yang berjudul Following (1998) dengan hanya mengeluarkan budget sebesar 6.000 poundsterling dimana setara 113 juta rupiah!

Menulis bersama saudaranya Jonathan Nolan

Sosok yang kurang menjadi perhatian dibalik suksesnya seorang Cristhopher Nolan ialah Jonathan Nolan, bahwa Jonathan selalu menjadi orang kedua dibalik hebatnya sosok Christopher Nolan. Mereka berdua menulis bersama pada beberapa film yang disturadarai langsung oleh Christopher Nolan, seperti Memento (2002), The Prestige (2006), Trilogy Batman (2005, 2008, 2012) hingga Interrstellar (2014). Sosok Jonathan Nolan yang meskipun tidak begitu tersorot namun menjadi salah satu faktor penting juga untuk seorang Christoper Nolan, jadi apakah kamu sudah punya rekan kerja? Atau masih mencari? Temukanlah! Siapa tau bisa menjadi seperti seorang Christopher Nolan.

Itulah sedikit informasi tentang seorang Christopher Nolan yang bisa kami berikan, menjadi sutradara hebat ternyata bukan hanya persoalan mampu, tapi ternyata ada proses yang hebat juga dibelakangnya ya. Apakah kamu ada pertanyaan? Tulis di komentar ya!

Comments