5 Alasan Menggunakan Video Marketing

Di tahun 2017 ini, nampaknya video masih akan menjadi primadona dalam marketing. Buktinya bisa anda lihat sendiri di timeline Facebook anda. Lihat betapa konten video telah membanjirinya. Atau lihat betapa banyak perusahaan menggunakan video dalam strategi marketingnya di Instagram dan Youtube.

Di postingan ini, kami ingin kembali menegaskan kenapa tren ini masih akan terus berlanjut. Kami akan memaparkan alasan-alasan kenapa video adalah kendaraan marketing yang kuat. Berikut ini alasan-alasannya.

1. Koneksi Emosional

Video meninggalkan emosi kepada penonton. Berbeda dengan foto atau grafis, video mempunyai ruang yang lebih luas untuk berbicara sesuatu kepada penontonnya. Ia lebih kaya karena didalamnya ada gambar yang bercerita dan suara yang berbicara. Gambar yang kuat dipadu dengan musik yang indah akan membuat emosi penonton teraduk-aduk. Di titik inilah video terbukti mampu mempengaruhi keputusan konsumer Anda. Simak video marketing yang kami buat untu Yamaha di bawah ini:

2. Mudah Dipahami

Bandingkan membaca tutorial dengan puluhan baris dan kalimat dengan menonton sebuah video yang menjelaskannya dengan gambar, suara, dan teks. Mana yang lebih mudah dimengerti? Video terbukti mampu menjelaskan konsep yang sulit dengan sederhana. Simak contoh video buatan kami untuk Mimopay. Di video ini kami membantu mimopay untuk menjelaskan tentang model bisnisnya yang belum familiar di Indonesia melalui video explainer:

Atau video serupa yang kami buat untuk Wardah Beauty:

3. Mendorong Social Sharing

Ini ada hubungannya dengan poin nomor satu. Penonton akan lebih bersedia membagikan video bila kontennya menarik, menghibur, atau menginspirasi. Ingatlah bahwa orang lebih senang berbagi rasa, bukan fakta atau data. Simak video marketing yang kami buat untuk Milna dan telah ditonton lebih dari 250.000 users ini:

4. SEO: Google Menyukai Video

Video sudah terbukti meningkatkan SEO (search engine optimization) perusahaan anda. Data mengatakan bahwa kesempatan website perusahaan anda ada di halaman pertama Goggle meningkat 53 kali apabila anda memasukan video pada halaman muka website Anda. Sejak Google membeli Youtube, memang terjadi peningkatan yang signifikan dalam hubungan keduanya. Simak video yang kita kerjakan untuk konten website Qubicle / Slate_ID:

5. Membangun Kepercayaan

Video membangun kepercayaan konsumer pada perusahaan Anda. Produksi video yang baik terbukti mampu mempengaruhi penonton untuk menjadi konsumer Anda. Baik itu video profil maupun video bercerita, semuanya akan mempengaruhi citra perusahaan Anda. Oleh karena itu, penting untuk menginvestasikan video yang baik dalam rencana marketing Anda. Simak video profil yang kami buat untuk Decon Beton:

Atau video untuk kampanye Joko Widodo tahun 2014 silam:

Comments