5 Bahan Dasar untuk Membuat Iklan Facebook yang Baik

Iklan video merupakan salah satu iklan paling berpengaruh di antara model iklan Facebook yang lain. Lebih dari 8 juta video dibagikan di Facebook setiap harinya. Faktanya adalah, Indonesia merupakan negara keempat dengan pengguna Facebook terbesar di seluruh dunia dengan 61% pengguna secara aktif mengakses setiap hari. Sebagai salah satu media sosial ‘pokok’ di dalam negeri, maka tidak heran kalau banyak brand yang menyasar Facebook sebagai tempat beriklan.

Apalagi dengan hadirnya beragam ponsel genggam yang canggih, brand kamu hanya sejauh satu klik di akun setiap orang. Oleh karena itu, strategi pembuatan video harus sudah menyesuaikan platform media sosialnya. Di bawah ini, kami ingin menjelaskan 5 bahan dasar yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membuat iklan untuk Facebook:

Ini dia tips & kiat membuat iklan facebook yang baik dan jitu.

Durasi yang Tepat

Perlu kamu ketahui bahwa Facebook memiliki fitur auto-play untuk video yang di-posting. Sehingga, setiap kali kamu scroll, kamu akan memainkan video tersebuah tanpa harus memencet tombol play. Tapi, tahukah kamu bahwa setiap harinya manusia bisa scroll hingga 100 meter? Ini menandakan bahwa video-video tersebut hanya memiliki waktu yang sedikit untuk menggaet penonton.

Kurang lebih 70% pengguna Facebook hanya memiliki waktu 6 detik tiap video, 20% memiliki waktu yang lebih lama, dan 10% dapat melihat video yang lebih panjang. Jadi untuk perihal durasi, ingat-ingat hasil riset ini, ya. 

Quick-Bait

Dengan durasi video yang hanya 6 detik, maka pembuat konten atau iklan video di Facebook perlu mempertimbangkan banyak hal lain. Ada 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat videomu cepat menarik perhatian penonton, yaitu thumbnail, judul dan first frame. Ya, sebagus apapun kontenmu, jika 3 hal tadi tidak kamu optimalkan, maka kecil kemungkinan videomu akan berpengaruh besar.

Ini dia tips & kiat membuat iklan facebook yang baik dan jitu.

Kualitas Konten

Apakah bisa mempertahankan kualitas dengan durasi yang makin sedikit? Tentu saja! Justru dibutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi untuk membuat cerita yang berkualitas dalam durasi yang pendek. Situs penyedia video, Vine, adalah salah satu situs yang memprakarsai video dengan durasi terbatas. Hasilnya, Vine menjadi salah satu situs yang sempat booming. 

Jadi, durasi pendek bukan alasan untuk mengabaikan kualitas. Para pengiklan diharuskan berpikir lebih kreatif untuk menghasilkan video berkualitas tinggi yang dapat menyajikan nilai-nilai sebuah brand yang tidak mengikuti kaidah iklan TV.

Aspect Ratio

Ingat, kamu sedang memasang iklan di Facebook. Tidak seperti di Youtube, Facebook mengakomodasi aspect ratio yang lebih beragam. Selain itu, iklan videomu juga tidak melulu berbentuk landscape, video portrait sebagai sebuah medium yang profesional juga semakin akrab dilihat oleh pengguna internet.

Namun, sebuah riset dari Buffer Social bahwa video square (1:1) terbukti jauh lebih populer dan memiliki statistik engagement, views dan reach yang lebih baik. Salah satu faktor yang mungkin mendorong hal ini adalah karena kini 92% pengguna Facebook mengakses akunnya menggunakan HP. Memang, square video jauh lebih ramah di HP daripada video landscape.

Ini dia tips & kiat membuat iklan facebook yang baik dan jitu.Caption

Facebook memiliki fitur unik mengenai suara. Jadi, video yang ditampilkan pertama kali tidak akan ditampilkan dengan suara. Pengguna Facebook harus meng-klik simbol speaker terlebih dahulu untuk mengaktifkan suara. Alhasil, 85% video di Facebook dilihat tanpa suara.

Hikmah yang bisa dipetik adalah jangan mengandalkan pesan iklanmu melalui suara saja. Facebook menyediakan fitur caption untuk videomu. Kamu juga bisa mengunggah file berformat .srt. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi video editing untuk menumpukkan teks tambahan di atas video. 

Comments