5 Festival Film Yang Bisa Kamu Daftar di Bulan Januari 2018

Perkenalkan rubrik terbaru di blog kami. Setiap bulan, kami akan memberikan reminder deadline festival film yang bisa kamu daftarkan. Untuk yang sudah follow akun instagram kami, mungkin sudah melihat info sejenis beberapa hari yang lalu.

Di bulan Januari ini, ada beberapa festival film yang harus segera kamu daftar sebelum tutup pendaftaran. Apa saja sih festival film tersebut? Berikut daftarnya!

1. Ganesha Film Festival

Lokasi: Bandung, Indonesia

Deadline: 7 Januari 2018

Tanggal Acara: TBA

Silahkan daftarkan filmmu di: http://ganffest.com/

Salah satu dari sedikit festival film di Indonesia yang terus bertahan. Diselenggarakan oleh kawan-kawan dari Lembaga Film mahasiswa, Institut Teknologi Bandung, Ganesha Film Festival (Ganffest) adalah ajang yang cocok untuk memamerkan karyamu. Sebetulnya, deadline festival mereka sudah tutup bulan Desember lalu, tapi berhubung diperpanjang, jangan sampai ketinggalan lagi buat mendaftarkan filmmu.

*Sekedar info saja, creative director kami (Jason iskandar) akan menjadi salah satu juri di festival ini bulan Februari nanti lhooo…*

 

2. Human Rights Film Festival of Donostia / San Sebastian

Lokasi: San Sebastian, Spanyol

Deadline: 15 Januari 2018

Tanggal Acara: 20 – 27 April 2018

Silahkan daftarkan filmmu di: http://shortfilmdepot.com

Festival film yang fokus pada topik hak asasi manusia ini membuka kompetisi internasional untuk film pendek dari seluruh dunia. Jadi, jika kamu punya film yang mengusung tema keragaman, solidaritas, dan toleransi, dan pluralisme, jangan lewatkan festival film yang satu ini!

 

3. Busan International Short Film Festival

Lokasi: Busan, Korea Selatan

Deadline: 22 Januari 2018

Tanggal Acara: 24 – 29 April 2018

Silahkan daftarkan filmmu di: http://shortfilmdepot.com

Kami pernah menyambangi festival film satu ini dan harus kami akui, ini adalah salah satu festival film paling hangat yang pernah kami kunjungi. Berlokasi di Busan, Korea Selatan, venue festival ini sama dengan Busan International Film Festival, yaitu di Busan Cinema Center. Mereka punya pilihan film pendek yang ciamik. Jadi, segera daftarkan filmmu di sini!

 

4. Festival Proyeksi

Lokasi: Surabaya, Indonesia

Deadline: 31 Januari 2018

Tanggal Acara: TBA

Silahkan daftarkan filmmu di: http://www.festivalproyeksi.com

Festival ini tidak menyelenggarakan kompetisi. Jadi, film-film yang diseleksi akan diputar tanpa ada yang dipilih menjadi film terbaik. Konsep yang menarik ini coba digagas oleh kawan-kawan dari Universitas Airlangga, Surabaya melalui Festival Proyeksi. Daftarkan filmmu di sini!

 

5. VIS Vienna Shorts

Lokasi: Wina, Austria

Deadline: 31 Januari 2018

Tanggal Acara: 29 Mei – 4 Juni 2018

Silahkan daftarkan filmmu di: https://filmfreeway.com

Sama seperti BISFF, Vienna Shorts fokus menyeleksi film pendek terbaik mancanagera. Festival satu ini merupakan salah satu festival yang berafiliasi dengan Oscars (Academy Awards). So, film pendek terbaik dari festival ini akan eligible untuk masuk ke proses seleksi film pendek terbaik di ajang Oscars. So, kenapa tidak mencoba peruntunganmu mendaftar di festival ini?

Comments