5 Film Pendek Pilihan Karya Mahasiswa UMN Yang Bisa Kamu Tonton Online

Begitu mendengar nama Universitas Multimedia Nusantara atau yang sering disingkat UMN, mungkin hal pertama yang muncul di ingatanmu adalah kampusnya para Youtuber terkenal. Nah, selain para Youtuber, UMN juga mempunyai banyak talenta-talenta bertangan dingin di bidang audio visual. Memang, UMN adalah salah satu kampus yang memiliki Fakultas Film & Televisi. Berikut ini adalah karya film pendek pilihan karya mahasiswa UMN yang bisa kalian tonton secara online:

Semula

Semula adalah sebuah film yang dingin. Film ini bercerita tentang Herna, seorang wanita berusia 35 tahunan, yang mendatangi rumah mantan kekasihnya, Yanto, untuk menyelesaikan perselisihan di masa lalu. Herna sendiri sudah menikah sementara Yanto sudah menjadi pelukis yang sukses.

Penampilan kedua aktornya berhasil menyiratkan masa lalu yang perih, meskipun tidak ada flashback sama sekali. Kamu dapat merasakan canggungnya situasi di antara mereka. Herna yang berusaha mencairkan suasana, dan Yanto yang masih menyimpan sakit hati. Kemudian ada kejadian yang mengejutkan Herna yaitu… nah, silahkan lihat sendiri kelanjutannya.

 

Nguyuh

Berawal dari tokoh Ucup yang tiba-tiba ingin buang air kecil saat sedang main kelereng, ia akhirnya buang air kecil di sebuah pohon tua. Ucup yang masih anak kecil ini lupa ijin pada penunggu pohon. Nguyuh menampilkan cerita tentang mitos yang masih bercokol kuat di beberapa daerah di Indonesia, terutama di pedesaan seperti latar tempat film Nguyuh.

Terdaftar sebagai film bergenre drama, horror dan ada usaha yang serius untuk menggarap Nguyuh secara horror, namun tak bisa disangkal Nguyuh memiliki sentuhan komedi yang kuat. Meskipun ada hal yang luput dari filmmaker Nguyuh soal genre, tapi Nguyuh tetap layak ditonton oleh penggemar film pendek.

 

Drenched

Springdale hujan sepanjang hari. Phillip adalah seorang pria yang benci hujan. Suatu hari, ia jatuh cinta dengan Ginny, seorang wanita yang, kebalikan dari Philip, sangat mencintai hujan. Ginny berdiri di tengah hujan saat ia bisa. Philip menikmati waktunya bersama Ginny hingga suatu hari sebuah badai membangkitkan traumanya. Philip pergi meninggalkan Ginny tanpa kabar. Bagaimana cara Philip mengalahkan ketakutannya pada hujan untuk bisa bersama Ginny?

Yep, Raffael dan tim memilih Springdale, sebuah kota di Arkansas, AS, sebagai latar tempat cerita. Usaha mereka menampilkan cerita ini pasti membutuhkan riset yang lebih. Meskipun Drenched adalah tugas kuliah, namun kualitas animasinya sudah keren, loh!

 

Joshua

Joshua sudah mengambil perhatian 31,500 penonton di Viddsee. Pencapaian ini tak lain karena cerita Joshua yang sederhana, relevan dan memikat. Mulai dari establish ‘profesi’ Joshua sebagai penjual kelereng di sekolah hingga konflik yang menimpa karakter Joshua: Joshua takut ia sudah menghamili Lili gara-gara tidak sengaja mencium Lili!

Joshua adalah sebuah karya tugas akhir dari sutradara Alvin Ardiansyah dan timnya. Biarpun bercerita tentang dunia anak-anak, Joshua memiliki kritik sosial dan moral yang kuat tentang tanggung jawab. Joshua adalah salah satu film yang selalu seru meski ditonton lagi.

 

Udin Telekomsel

Udin Telekomsel menjelaskan fenomena sosial lewat sebuah cerita surealis yang kocak. Film ini tentang Gundul yang bercerita pada Parjo mengenai seseorang di kampungnya yaitu Udin Telekomsel. Udin adalah seorang tokoh desa yang mengaku bisa berkomunikasi dengan Tuhan lewat sebuah HP.

Film dari Rein Maychaelson ini sekilas terlihat sangat imajinatif. Tapi jika ditamatkan, film ini membuat kita berpikir bahwa justru faktanya, realita jauh lebih gila!

Ayo nonton semuanya!

Comments