6 Langkah Kunci Produksi Video

Langkah-langkah apa saja yang mesti dilalui dalam produksi video? Lalu, berapa lama kurang lebih pengerjaan satu video? Ini adalah pertanyaan yang sering sekali kami dapatkan. Jawabannya pun selalu sama: it depends!

Setiap project video membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda. Durasinya pun berbeda-beda tergantung dengan kesulitannya. Namun dari pengalaman kami, kami membutuhkan waktu 2 minggu sampai 1 bulan untuk secara keseluruhan. Lalu langkah-langkah kunci apa saja yang dilalui? Melalui artikel ini kami ingin menjabarkan langkah-langkah kami dalam produksi video.

Konsep

Ini adalah tahap paling awal sebelum kerjasama dimulai. Kami selalu mendengarkan keinginan dan brief dari klien dan berusaha untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan tersebut. Pada tahap ini juga, kami akan memberikan masukan-masukan serta kemungkinan-kemungkinan yang bisa ditempuh oleh suatu project, mulai dari kemungkinan bentuk, alur cerita, pendekatan visual, gaya penyutradaraan, tone bicara, dsb. Setelah konsep disetujui dan perjanjian erjasama disepakati, barulah kami lanjut ke langkah berikutnya. Melalui konsep pula, kita bisa mulai merencanakan strategi distribusi dan pemasaran agar hasilnya maksimal.

Naskah

Dari konsep yang telah disepakati, kami akan mengelaborasi menjadi naskah. Di tahap ini, semua deskripsi menjadi lebih detail dan mendalam. Seperti naskah film, teks-teks telah dibuat sesuai dengan urutan akhir hasil video tersebut. Sama seperti langkah sebelumnya, kami akan bekerjasama dengan partner agar hasilnya dapat maksimal.

Storyboard

Setelah naskah disepakati, maka kami akan membuat storyboard. Bentuknya seperti comic strip yang merupakan urutan-urutan gambar yang akan diambil ketika syuting. Di saat yang bersamaan, tim produksi akan mengatur jadwal syuting serta mengorganisir kru-kru yang akan terlibat saat syuting hingga paska produksi.

6 langkah kunci produksi video

Syuting

Waktu yang ditunggu-tunggu tiba. Disinilah teks-teks dan gambar tangan yang telah disiapkan sebelumnya akan diterjemahkan menjadi gambar bergerak oleh sutradara. Sutradara tidak bekerja sendiri, karena ia akan dibantu oleh kru, mulai dari penata kamera, penata suara, penata artistik, makeup, busana, dsb. Semua bekerja sama dengan satu tujuan: menerjemahkan semua yang sudah disiapkan menjadi video.

Editing

Di tahap ini, semua gambar yang sudah direkam akan dipilih dan dipilah. Setelah dipilah mana yang akan dipakai dan mana yang tidak, gambar akan disusun menjadi kesatuan cerita. Lagi-lagi yang menjadi acuan adalah naskah dan storyboard yang telah disepakati sebelumnya. Tentu, akan banyak perubahan-perubahan dari lapangan, tetapi semua disusun sesuai dengan hasil diskusi bersama dengan partner. Setelah gambar telah klop dan dikunci, maka kami akan melakukan penyelarasan gambar (color correction) dan suara (sound mixing).

Distribusi

Tentu saja sebuah karya tidak bisa dianggap selesai jika tidak bertemu dengan penontonnya. Pada tahap ini, kami akan membantu mengalirkan konten agar hasilnya maksimal. Selain strategi untuk produk video utamanya, kami juga akan merencanakan konten-konten pendukung melalui sosial media agar dapat membantu distribusi video tersebut.

Kurang lebih, inilah langkah-langkah kunci produksi video. Jika ada pertanyaan atau tambahan, silahkan langsung utarakan di kolom komentar di bawah ya!

Comments