Ini 3 Aplikasi Grading Video di iPhone Untuk Memperindah Videomu

Halo semuanya! Kembali lagi ke #SiasatSinema, tempat kami sharing tips-tips seputar filmmaking. Pada kesempatan kali ini, kami mau berbagi soal aplikasi grading video favorit yang bisa kamu dapatkan di AppStore iPhone kamu. Kira-kira apa saja sih aplikasi grading favorit kami?

 

Sebelum kami membahasnya satu per satu, kami mau sharing sejenak soal apa itu color grading. Buat yang belum tahu color grading, ini adalah proses pewarnaan gambarmu. Apa fungsinya? Fungsi yang pertama adalah mempertebal warna supaya gambar yang kamu rekam dapat mengeluarkan karakternya. Fungsi kedua adalah memberi nuansa tertentu agar memberikan dampak psikologis tertentu pada penonton.

Ada beberapa aplikasi grading video yang sering digunakan. Davinci Resolve adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur warna dengan sangat custom sesuai dengan kebutuhan cerita. Alternatif lain adalah Lumetri yang bisa kamu temukan di aplikasi Adobe Premiere Pro CC.

Nah, kami akan membahas aplikasi-aplikasi di atas pada kesempatan lain. Kali ini, kami mau berbagi 3 aplikasi grading praktis yang bisa kamu unduh di iPhone kamu. Yes, kami akan membahas iPhone terlebih dahulu. Jangan khawatir sebab kami janji akan membahas aplikasi grading di Android pada kesempatanlain. So, ini dia tiga aplikasi grading favorit kami yang bisa kamu pakai di iPhone-mu:

 

VSCO

Link: https://itunes.apple.com/us/app/vsco/id588013838?mt=8

Ini merupakan salah satu aplikasi filter foto yang paling terkenal. Filter-filter ciamik yang mampu memberikan nuansa analog pada kamera hapemu adalah salah satu alasan kenapa orang suka menggunakan aplikasi ini. Nah, baru-baru ini, mereka baru aja ngeluarin fitur grading untuk video. Daaan… kabar baik lainnya adalah kamu bisa menggunakan filter-filter yang sama untuk videomu. VSCO menggunakan sistem subscription untuk filter-filter mereka. Cukup dengan membayar Rp 269.000,- per tahun, maka kamu sudah bisa menikmati semua filternya. Selain filter-filter, VSCO juga memberikan fitur pengaturan seperti brightness, contrast, fade, crop, dsb.

Harga: Gratis

Langganan: Rp 269.000,- / tahun

Filter favorit: Kodak Portra 800, Fuji Pro 400, A9, J5

 

Chromic

Link: https://itunes.apple.com/us/app/chromic/id724295125?mt=8

Sama seperti VSCO, aplikasi Chromic juga memberikan fitur film emulation. Secara kualitas, menurut kami Chromic pun sebanding dengan VSCO. Tidak hanya film emulation, Chromic juga memberikan fitur-fitur editing yang ciamik, seperti pengaturan brightness, contrast, saturation, vibrance, straighten, dsb. Menurut kami, straighten adalah salah satu fitur yang paling asik. Bila gambarmu miring ke kiri atau ke kanan, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memperbaikinya.

Harga: Gratis

Complete pack: Rp 69.000,-

Filter favorit: FM3,  FX5, ST2, MX4

 

8mm Vintage Camera

Link: https://itunes.apple.com/us/app/8mm-vintage-camera/id406541444?mt=8

Aplikasi grading video yang tak kalah ciamik adalah 8mm Vintage Camera. Jika kamu mencari efek vintage untuk videomu, maka ini adalah aplikasi yang tepat. Menurut kami, aplikasi ini memberikan efek kamera 8mm yang otentik. Sayangnya memang aplikasi ini tidak memberikan fitur pengaturan. Akan tetapi sepertinya memang ini yang membuat aplikasi 8mm semakin asik digunakan , karena sederhana dan gak neko-neko.

Harga: Rp 29.000,-

Filter favorit: 60’s, Tusca, Two-color, Noir

Ini dia aplikasi grading favorit kami. Jika kamu punya rekomendasi aplikasi lain, silahkan tulis di kolom komentar yaaa!

Comments