Daftar Festival Film Pendek Yang Wajib Kalian Ikuti

Dalam beberapa tahun terakhir, festival film pendek lahir dan tumbuh di Indonesia. Dengan semangat dari teman-teman komunitas film, festival film merupakan ajang para pembuat film untuk memperlihatkan filmnya ke publik, serta bertemu dengan penonton secara langsung.

Ada yang bertahan, ada juga yang tumbang. Sejak kebangkitan film Indonesia paska Orde Baru, yang juga ditandai dengan munculnya festival film pendek, seperti Festival Film & Video Independen Indonesia yang kemudian berganti nama menjadi Festival Film Pendek Konfiden, festival-festival film pendek lain juga bermunculan, baik di ranah kampus maupun umum.

Pesta Film Solo adalah salah satu festival film pendek yang wajib kami ikuti.UCIFEST adalah salah satu festival film pendek yang wajib kami ikuti.

Festival film penting untuk pembuat film. Banyak sekali pembuat film di seluruh dunia memulai karirnya di ajang festival film. Banyak pembuat film di Indonesia pun juga memulai karir di ajang-ajang seperti ini. Festival film tidak hanya baik untuk etalase mempertontonkan film yang kalian buat ke publik, tetapi juga membangun jejaring dengan pembuat film lain dan pekerja film lainnya. Festival film  memberimu kesempatan untuk dilihat dan didengar.

Oleh karena kembang kempisnya festival film di Indonesia, cukup sulit untuk membuat daftar yang pasti, karena setiap tahun daftar ini akan berubah-ubah. Namun, jika kalian pembuat film,  kami sangat menyarankan untuk mendaftarkan film-filmmu di festival-festival film berikut ini. Berikut daftarnya:

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF)

Festival ini pernah di sebut oleh salah satu media luar negeri sebagai salah satu festival paling asik di dunia. Dengan tamu-tamu dari berbagai negara di Asia, JAFF juga menampilkan karya-karya terkini dari pembuat film di Asia. Diselenggarakan setiap bulan November di Yogyakarta, JAFF juga selalu ramai dihadiri tidak hanya oleh pegiat komunitas film di Insonesia, tetapi juga pelaku-pelaku industri film.  Jangan lupa daftarkan film pendekmu di sini.

Jenis: Fiksi, Dokumenter, Eksperimental

Peserta: Umum

Website: https://jaff-filmfest.org

 

Malang Film Festival

Festival film pendek ini membuka pendaftaran untuk film pendek fiksi dan film pendek dokumenter. Kompetisi film terbuka untuk Pelajar (SMP & SMA/Sederajat) dan Mahasiswa (D3 & S1/ Sederajat), tanpa biaya pendaftaran. Kompetisi film terbuka untuk Pelajar  dan Mahasiswa  tanpa biaya pendaftaran loh.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Pelajar & Mahasiswa

Website: http://malangfilmfestival.com/

 

Festival Film Dokumenter (Yogyakarta)

Yogyakarta memang tempatnya festival-festival film asik. Diselenggarakan setiap bulan Desember, biasanya bersandingan dengan JAFF dan Festival Film Pelajar Indonesia, FFD fokus pada film dokumenter. Festival ini tidak hanya menawarkan kompetisi, tetapi juga berbagai acara pendukung seperti workshop dan seminar dari pembuat film dokumenter mancanegara.

Jenis: Dokumenter

Peserta: Umum, Pelajar

Website: http://ffd.or.id/

 

Arkipel Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival

Arkipel adalah festival film khusus dokumenter dan film-film experimental. Mereka menerima film-film dari mancanegara. Festival ini memberikan perhatian dan penghargaan pada pencapaian-pencapaian eksperimentasi pembuat film. Jadi, jika kalian punya film dokumenter atau film eksperimental, cepat daftarkan filmmu di sini.

Jenis: Dokumenter, Eksperimental

Peserta: Umum

Website: http://arkipel.org/

 

Solo Documentary Film Festival

Biasa disingkat dengan SODOC. Festival film khusus dokumenter ini diselenggarakan oleh teman-teman ISI Surakarta di kota Solo. Sesuai dengan namanya, festival film ini hanya menerima film dengan kategori dokumenter. Jadi, jika kalian punya film dokumenter jangan lewatkan festival ini.

Jenis: Dokumenter

Peserta: Pelajar & Mahasiswa

Website: http://sodoc.isi-ska.ac.id/

 

UCIFEST

Satu lagi festival film pendek yang diselenggarakan oleh mahasiswa. UCIFest adalah festival film yang dikelola oleh Universitas Multimedia Nusantara. Karya-karya film UMN memang banyak berkeliling ke festival film di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. UCIFest menjadi showcase tidak hanya untuk karya-karya mahasiswa UMN, tetapi juga untuk umum. Menariknya, pengelolaan festival adalah salah satu yang dipelajari di Universitas Multimedia Nusantara. P

Jenis: Fiksi, Animasi

Peserta: Mahasiswa, Pelajar

Website: http://ucifest.umn.ac.id/

 

Piala Maya

Piala maya terbuka untuk umum, buat kamu yang memproduksi film pendek fiksi, animasi, dan dokumenter dapat mendaftarkan film kamu disini juga.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Umum

Website: http://www.pialamaya.com/

 

Apresiasi Film Indonesia

Festival film ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Perfilman, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi ini terbuka untuk kamu yang memproduksi film pendek fiksi, dokumenter, dan animasi.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Umum

Website: http://afi2016.com/Anugerah-AFI/

 

Minikino Film Week

Diselenggarakan oleh komunitas Minikino di Bali. Minikino Film Week terbuka untuk umum dan menerima berbagai jenis film, baik fiksi maupun dokumenter. Festival film pendek ini cukup kritis melihat posisi film pendek indonesia dan dunia dan kerap mengajak penduduk setempat untuk menonton dan berdiskusi bersama.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Umum

Website: http://minikino.org/

 

Festival Film Indie Lampung

Ajang ekspresi bagi pembuat film independen di seluruh Indonesia. Festival ini diselenggarakan oleh UKM DCFC (Darmajaya Computer & Film Club) dari kampus IBI Darmajaya Lampung. Terbuka untuk jenis film fiksi dan dokumenter. Festival ini cocok untuk pembuat film pemula dan mahasiswa.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Mahasiswa, Pelajar

Website: http://lampungfilmfestival.info/

 

Festival Sinema Indonesia Australia

Festival ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Australia. Fokus mereka adalah menampilkan karya-karya terbaik dari Indonesia & Australia. Selain itu, festival ini juga membuka pendaftaran bagi film pendek Indonesia untuk berkompetisi. Pemenangnya berhak mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Melbourne International Film Festival di Melbourne. Kesempatan yang sayang untuk dilewatkan buat pembuat film pendek di Indonesia.

Jenis: Fiksi

Peserta: Umum

Website: http://indonesia.embassy.gov.au/jakt/FSAI2017.html

 

Toraja Film Festival

Diselenggarakan di tanah Toraja. Festival film yang relatif baru ini sudah mampu menarik perhatian publik. Festival ini terbuka untuk karya fiksi dan dokumenter. Selain bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Toraja, festival ini juga ingin membina komunitas film Toraja melalui seminar-seminar dan pelatihan.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Umum

Website: http://www.torajafilmfestival.com/

 

Pesta Film Solo

Festival ini cukup menggantikan kerinduan publik pada Festival Film Solo. Diselenggarakan di bulan Mei di kota Solo, Pesta Film Solo adalah agenda tahunan Kineklub UNS. Yang menarik adalah setiap tahun, Pesta Film Solo selalu mengajak kurator di luar komunitas mereka untuk memilih film-film yang akan ditampilkan.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Umum

Website: http://pestafilmsolo.com/

 

Festcil

Festival film pendek ini cukup unik. Tidak larut dalam gempita nan glamor, festival ini terasa seperti pesta kecil di halaman belakang yang intim dan hangat. Festcil diselenggarakan di Surabaya. Festcil terbuka untuk umum dan menerima berbagai jenis film.

Jenis: Fiksi, Dokumenter, Animasi, Hybrid

Website: https://www.facebook.com/festcil/

 

UI Film Festival

Festival ini diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.  UI Film Festival juga menyelenggarakan kompetisi film pendek khusus mahasiswa.

Jenis: Fiksi

Peserta: Mahasiswa

Website: http://sinematografi.esy.es/uiff.php

 

Festival Film Surabaya

Festival ini mengaja publik untuk melihat perkembangan karya-karya pelajar dan mahasiswa. Fokusnya pada generasi muda membuat festival ini mampu menghadirkan karya-karya yang segar. Festival ini terbuka untuk berbagai jenis film.

Jenis: Fiksi, Dokumenter

Peserta: Mahasiswa, Pelajar

Website: http://www.festivalfilmsurabaya.com/

 

Festival Film Pelajar Indonesia

Diselenggarakan di bulan Desember di Yogyakarta. festival ini biasanya diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan dengan Festival Film Dokumenter dan JAFF. Fokusnya adalah menjadi showcase untuk pembuat film di level SMA. Festival ini selalu jadi tempat yang hangat, tidak hanya untuk menonton film, tetapi juga berjejaring bagi sesama pelajar pembuat film.

Jenis: Fiksi, Dokumenter, Eksperimental

Peserta: Pelajar

Website: http://www.filmpelajar.com/

 

Balinale

Sesuai dengan namanya, Balinale diselenggarakan di Bali. Lokasinya memang mebuat festival ini terasa spesial, karena merupakan destinasi wisatawan mancanegara. Tetapi tidak hanya itu yang membuat Balinale spesial, program-program yang disajikan festival ini tak kalah menarik. Film-film yang disajikan adalah film dari berbagai genre dan dari berbagai negara di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Balinale juga membuka kompetisi untuk film pendek.

Jenis: Fiksi, Dokumenter, Eksperimental

Peserta: Umum

Website: http://www.balinale.com/

Comments