Jenis-Jenis Angle Dalam Pembuatan Film – #SiasatSinema

#SiasatSinema kembali lagi! Kali ini kami mau membahas salah satu topik yang tak kalah penting dalam pembuatan film, yaitu jenis-jenis angle. Sebelumnya kami sudah sempat membahas soal jenis-jenis shot dalam film. Kalau sebelumnya kami lebih fokus pada ukuran shot, maka kali ini kami membahas aneka ragam jenis angle serta efek psikologis seperti apa yang akan ditawarkan pada penonton.

Untuk lebih lengkapnya,  yuk langsung saja tonton video berikut ini:

 

Untuk merangkum isi video tersebut, berikut ini kami paparkan pula 5 angle yang dibahas di dalam video:

Ini dia 5 jenis angle dalam film yang harus kamu pahami.

Bird’s Eye View

Seperti namanya, angle kamera ini meminjam perspektif burung. Yep, dengan sudut pandang burung, maka subjek akan terlihat kecil di antara latar.

Efek: Angle kamera ini cocok untuk menggambarkan gerak-gerik karakter. Selain itu, angle ini juga biasanya dipakai untuk menggambarkan posisi karakter di dalam sebuah latar tempat. Angle ini menjadikan penonton seperti pengamat yang sedang memperhatikan gerak-gerik suatu subjek.

 

High angle. Ini dia 5 jenis angle dalam film yang harus kamu pahami.

High Angle

Angle kamera ini menangkap subjek dari sudut yang lebih tinggi. Dengan alat bantu tripod, tangga, atau crane, kamera diletakan lebih tinggi dari subjek.

Efek: Penonton akan merasa lebih dominan daripada subjek di dalam layar, sebaliknya subjek akan terlihat kecil, lemah, dan tak berdaya.

 

Eye level. Ini dia 5 jenis angle dalam film yang harus kamu pahami.

Eye Level

Sesuai dengan namanya, kamera diletakan sejajar dengan mata manusia. Angle yang netral dan paling sering digunakan dalam film.

Efek: Penonton akan merasa berada di tempat yang sama dengan karakter.

 

Low angle. Ini dia 5 jenis angle dalam film yang harus kamu pahami.

Low Angle

Kebalikan dari high angle, jenis sudut ini memotret objek dari bawah. Kamera diletakan dibawah subjek dan kamera di titlt mengarah ke subjek.

Efek: Efek yang dihasilkan pun berkebalikan dengan high angle. Dengan sudut pengambilan rendah, maka subjek akan terlihat besar, dominan, dan berkuasa. Ini alasan kenapa sudut pengambilan gambar ini sering dipakai dalam film-film action, koboi, thriller, dsb.

 

Frog's eye view. Ini dia 5 jenis angle dalam film yang harus kamu pahami.Frog’s Eye View

Frog’s Eye View adalah kebalikan dari bird’s eye view. Kamera diletakan di sudut yang sangat rendah, dan diarahkan ke subjek. Sesuai namanya, sudut pengambilan gambar ini seolah-olah diambil dari sudut pandang katak.

Efek: Penonton akan merasa subjek terlihat lebih besar, dominan, dan megah.

Comments