Ikuti Kelas Penyutradaraan oleh Jason Iskandar di Ganffest

Ganffest atau Ganesha Film Festival kembali diselenggarakan. Puluhan film pendek telah siap diputarm baik dalam sesi kompetisi maupun non-kompetisi.

Nah, selain pemutaran film, ada acara lain yang tak boleh kalian lewatkan. Acara tersebut adalah Kelas Penyutradaraan yang akan diisi oleh Jason Iskandar (sutradara & pendiri Studio Antelope). Kelas akan berlangsung pada Minggu, 25 Februari 2018 Pkl 08.00 di ITB, Bandung, Jawa Barat.

jason iskandar in busan international short film festival

Jason Iskandar adalah sutradara film yang juga merupakan pendiri dari Studio Antelope Indonesia. Ia telah menyutradarai beberapa film pendek, antara lain Territorial Pissings (2010), Tanya Jawab (2011), Seserahan (2013), Langit Masih Gemuruh (2015), Balik Jakarta (2016), dan yang terbaru dan akan tayang bulan depan adalah Elegi Melodi (2018).

Jason tercatat pernah meraih beberapa penghargaan. Penghargaan-penghargaan tersebut antara lain Best Documentary Film, Think-Act Change, 2007; Best Documentary Film, Festival Film Dokumenter, 2009; Best Short Film, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, 2010; & Best Short Film, Festival Sinema Prancis, 2014.

Lalu apa saja sih yang akan di bahas di dalam kelas ini? Kelas ini tidak akan membahas teori-teori penyutradaraan, namun akan membicarakan lebih banyak tentang praktik di lapangan. Sebelum masuk ke dalam topik tentang penyutradaraan, Jason akan terlebih membicarakan dulu posisi sutradara di dalam skema produksi. Setelah itu, kelas penyutradaraan ini baru akan membahas alur kerja sutradara dan cara membangun kolaborasi dengan departemen-departemen lain. Karena tanpa kolaborasi tersebut, orang yang terlibat di dalam produksi tak mampu bergerak bersama, dan visi sutradara tidak akan tersampaikan dengan baik.

Bagaimana? Tertarik untuk ikutan. Makanya kalau kamu tinggaldi Bandung, atau berencana untuk datang ke Ganffest, jangan lupa untuk datang ke kelas ini.

Sebelumnya, silahkan daftarkan dirimu dengan mengisi formulir online dilink berikut ini! Sampai jumpa di Bandung ya!

Comments