Selain Elegi Melodi, Ini Daftar Film Lain Yang Diputar Di FMM 2018

Film Musik Makan adalah salah satu acara tahunan yang sayang jika kamu lewatkan. Acara yang kembali diselenggarakan di Goethe Haus (Jakarta) dan Spasial (Bandung) ini kembali dengan line-up yang ciamik.  Sesuai dengan namanya, tak hanya film saja yang disajikan, tetapi juga ada sajian musik dan lapak makanan sineas.

Ada 5 film pendek yang bisa kamu tonton di acara ini. Film-film pendek tersebut antara lain: Happy Family (sutradara Eden Junjung), Madonna (sutradara Sinung Winahyoko), Joko (sutradara Suryo Wiyogo). Selain ketiga film tersebut, ajang Film Musik Makan ini juga akan jadi tempat pemutaran perdana untuk film Waung (sutradara Wregas Bhanuteja) dan tentu saja film terbaru produksi Studio Antelope: Elegi Melodi (sutradara Jason Iskandar).

Adapula dua film panjang yang akan diputar di Jakarta. Film-film panjang tersebut antara lain: Malila The Farewell Flower (sutradara Anucha Boonyawatana) dan Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran (sutradara Ismail Basbeth). Sementara itu, untuk pemutaran di Bandung, akan diputar film dokumenter Balada Bala Sinema (sutradara Yuda Kurniawan). Khusus pemutaran kompilasi film pendek dan film Mobil Bekas, akan diadakan sesi tanya jawab setelah pemutaran.

Film Elegi Melodi akan diputar di Film Musik Makan 2018.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan ada sajian musik dan makanan di acara ini. Grup RENTAL VIDEO (Adrian Yunan, Harlan, dan Andri Boer) lah yang akan menyajikan musik. Sementara itu,untuk lapak makan sineas, ada beberapa lapak yang akan dibuka, antara lain Panggang Bro (Batara Goempar, DOP), Kedai Medan (Tia Hasibuan, Produser), Nasi Pedes Cipete (Lola Amaria, Produser & Sutradara), dan Kata Kopi (Joshua Dwi, Produser Pelaksana). Semua makanan akan disajikan di selasar venue Goethe Haus Jakarta.

Buat yang penasaran sama film-film yang akan diputar, silakan simak rincian di bawah ini:

 

Film Pendek

Happy Family
Sutradara: Eden Junjung / 2016 / Indonesia / 24 menit / 18+
Setelah berulang kali menelepon dan mencari kabar tanpa mendapatkan jawaban yang pasti, Ahmad, seorang penjaga masjid yang hidup sendiri di pinggiran kampung di Jawa Barat, memutuskan pergi ke Yogyakarta untuk mencari anak perempuannya, Kusuma bermodalkan alamat yang didapat dari agen penyalur tenaga kerja yang telah mengirimkan anaknya 4 tahun lalu.

Madonna
Sutradara: Sinung Winahyoko / 2017/ Indonesia/ 13 menit/ 18+
Melati dan Ilalang adalah kakak beradik yang bekerja di bagan pesisir selama bertahun-tahun. Mereka bekerja di bawah tekanan mandor yang mengambil semua ikan hasil tangkapan dan tak jarang berlaku kasar pada mereka. Keduanya bertahan hidup demi satu sama lain, sampai suatu hari sang mandor memperkosa Ilalang dan Melati hanya bisa jadi saksi bisu.

JOKO
Sutradara: Suryo Wiyogo / 2017 / Indonesia / 22 menit / 18+
Joko Kemala berhenti sekolah dan bekerja sebagai buruh angkut di toko bangunan demi mencukupi kebutuhan hidup ia dan merawat ayahnya yang buta. Di sana ia bertemu dengan Totok Janoko, sang juragan, yang menggunakan kekuasaan untuk mengeksploitasi bawahannya.

Waung
Sutradara:  Wregas Bhanuteja / 2018 / Indonesia / 13 menit / 15+
Sebelum berangkat kuliah ke Belanda, Ian mengadakan pesta perpisahan dengan teman-temannya. Sebagai orang yang memiliki kesukaan khusus terhadap bau, Ian ingin meminta kenang-kenangan dari Ingrid, teman wanitanya.

Elegi Melodi
Sutradara: Jason Iskandar / 2018 / Indonesia / 29 menit / 15+
Setelah Melodi, seorang perempuan tua yang periang dan bersemangat, divonis kanker, ia ingin mewujudkan cita-citanya sejak muda dulu: menjadi penyanyi, dan membuat video klip dengan harapan bisa diputar di malam pemakamannya. Ia pun bekerjasama dengan Rio, putranya yang kikuk, dan Akmal, seorang kamerawan televisi yang memiliki visi yang aneh.

 

Film Panjang

Balada Bala Sinema
Sutradara: Yuda Kurniawan / 2017 / Indonesia / 118 menit
Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, didirikan oleh Bowo Leksono pada 2006, telah menciptakan banyak filmmaker muda dengan prestasi nasional. Secara konsisten dan mandiri, CLC Purbalingga telah menyelenggerakan Festival Film Purbalingga yang mempersembahkan perayaan sebuah festival film kepada masyarakat, menggelar layar tancap di banyak desa di Banyumas Raya. Purbalingga sangat jauh dari kata mewah, teater yang unik, dan ingar-bingar industri film di ibukota, namun di sinilah semangat menyajikan yang terbaik untuk sinema Indonesia terus hidup dan berkembang. Ini adalah film dokumenter tentang gairah, militansi, dan kesederhanaan mereka – Balada Bala Sinema.

Malila: The Farewell Flower
Sutradara: Anucha Boonyawatana / 2017 / Thailand / 94 menit
Mantan kekasih Shane dan Pich bersatu kembali dan mencoba menyembuhkan luka masa lalu mereka. Shane dihantui oleh kematian putrinya yang tragis, sementara Pich menderita penyakit parah. Saat mendekati kematian, Pich mendedikasikan sisa waktunya untuk membuat Bai Sri, sebuah hiasan seremonial. Sementara itu, Shane memutuskan untuk menjadi seorang biksu Buddha sampai suatu malam di sebuah pemakaman, dia bertemu dengan kekasihnya dalam bentuk lain.

Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran
Sutradara: Ismail Basbeth / 2017 / Indonesia / 84 menit
Film ini bercerita tentang seorang akuntan yang tak mampu melupakan mendiang istrinya, tentang sepasang kekasih yang baru menikah dan berbulan madu ke kebun binatang, tentang tiga sekawan anggota band perempuan yang berjalan-jalan ke pinggiran desa untuk mencari inspirasi, tentang seorang pelacur yang menimbang rencana pelariannya, tentang seorang perempuan yang mencari pembunuh ibunya dan bertemu hantu gentayangan. Tentang dua orang petani yang menuntut Negara atas penggusuran paksa rumah mereka. Tentang sebuah mobil yang menyaksikan segalanya.

 

Gimana?! Lineupnya beneran seru kan?! Segera pesan tiketnya dengan mengirimkan email ke filmmusikmakan@gmail.com. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik laman instagram Kolektif Film.

Comments