Superhero Indonesia Yang Perlu Diangkat ke Layar Lebar!

Tidak asing lagi kan dengan film Avengers: Infinity War oleh Marvel yang beberapa bulan lalu “menjarah” semua slot penayangan film pada hampir setiap bioskop di seluruh dunia?!

Itulah cara Marvel Studio merayakan pesta genapnya 10 tahun sejak pertama kali dibangunnya dunia fiktif baru yang penuh dengan pahlawan super favorit kita di Marvel Cinematic Universe (MCU). Menyaksikan Iron Man, Thor, Captain America, Spiderman dan teman-temannya yang beraksi menyelamatkan dunia.

Menjadi menarik ketika kita sadari bahwa Indonesia pun punya pahlawan supernya sendiri yang juga tidak kalah hebatnya. Sudah ada Gundala Putra Petir yang sedang diproduksi oleh Joko Anwar menjadi film panjang dan Wiro Sableng 212, film oleh Angga Dwi Sasongko yang sudah dilirik secara internasional sampai diproduksi oleh 20th century fox! Nah apa lagi ya kira-kira? Ini 5 superhero Indonesia menurut kami yang patut memiliki spotlight di layar lebar!

Sri Asih

Nah ini dia super hero perempuan Indonesia! Tokoh Sri Asih ini penuh dengan kearifan lokal dengan balutan kemben lengkap dengan mahkota dan kain selendang layaknya perwayangan. Sri Asih memiliki kekuatan terbang, kuat dan kebal terhadap peluru, bahkan mampu menggadakan dirinya sebanyak yang dia mau. Sri Asih ini sebenarnya adalah seorang perempuan bernama Nani Wijaya yang merupakan sosok gadis lugu yang sering dianggap remeh oleh teman-temannya. Namun ia memiliki dua kepribadian dan ia akan berubah menjadi Sri Asih ketika mengucapkan “Dewi Asih!”. Kisah Sri Asih sendiri sudah pernah diangkat menjadi film panjang di tahun 1954. Time for remake?

Sri Asih, salah satu superhero Indonesia yang wajib difilmkan!

Merpati

Another super-woman! Dengan Gundala Putra Petir yang akan digarap oleh Joko Anwar, Merpati yang merupakan pasangan dari Gundala Putra Petir ini juga patut mendapatkan perhatian! Nama aslinya adalah Sedhah Esti Wulan yang merupakan wartawan dengan kemampuan bela diri. Sedhah ini terjatuh ke dalam jurang saat berusaha menolong ayahnya yang diculik namun kemudian diselamatkan oleh segerombolan merpati yang membawanya ke Ratu Merpati. Dari situlah ia mejadi pahlawan bernama Merpati dengan memberikannya sebuah ramuan. Kemampuan Merpati layaknya seorang burung yaitu memiliki kemampuan terbang dan juga mendeteksi arah. Pretty cool, huh?

Merpati, salah satu superhero Indonesia yang harus difilmkan.

Maza

Selanjutnya, Maza atau Maza Sang Penakluk! Dengan tubuh kekar ala Tarzan, ia  memiliki kekuatan super dan side-kick  yang bernama Jin Kartubi, makhluk jin yang bisa dipanggil lewat pisau belati yang dimiliki Maza. Nama aslinya adalah Kanigara, setelah terbangun dari mimpinya dimana ia menyelamatkan Raja Schobin, ia menemukan kuas dengan cincin ajaib melingkar digagangnya yang kemudian berbicara. Ternyata itulah Jin Kartubi! Kemudian Kanigara tak sengaja mengetuk kuas tersebut dan berubah menjadi berbadan kekar seperti Maza Sang Penakluk dan kuas nya berubah menjadi belati. Cukup unik ya! Belum ada kan superhero yang ada unsur mistisnya seperti ini? Selain itu, Maza dengan superhero lainnya seperti Godam, Gundala dan Aquanus muncul di komik Patriot (1996)! Good way to start a new universe!

Maza, salah satu superhero Indonesia yang harus difilmkan!

Caroq

Supir taksi ini tidak biasa! Ongko yang merupkana supir taksi ternyata memiliki kekuatan magis dan kegesitan yang luar biasa! Caroq dengan dua celurit yang sering dikenal sebagai senjata tradisional dari Madura, Jawa Timur dapat menggunakan ilmu tenaga dalam dan bela diri yang kuat untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, Si Tangan Empat dan Si Bengis. Penampilan Caroq ini juga cukup modern, tidak kalah sama superhero masa kini lainnya! One word: Bad-ass!

Caroq, salah satu superhero Indonesia yang harus difilmkan.

Kapten Surya

Jagoan dari angkasa luar! Dengan kostum berwarna cerah dan jubah sayap di belakang punggungnya, yang satu ini nama aslinya Sasurya. Ia ditemukan oleh alien dari planet asing bernama Bora yang memberikannya kekuatan super layaknya Superman, bisa terbang dan kebal peluru. Ets tapi jangan salah! Beda dengan Superman, sesuai dengan namanya yaitu “Surya” ia punya kekuatan matahari dengan menjatuhkan meteor dari langit untuk melawan musuhnya. Interesting, huh?

Kapten Surya, salah satu superhero Indonesia yang harus difilmkan.

Bagaimana menurutmu? Mampukah kita membuat cinematic universe untuk superhero Indonesia? Ada yang siap untuk membuat? Atau ada superhero lain yang belum tersebut? Ayo diskusikan di kolom komentar!

Comments