Suara Video Youtube-mu Buruk? Coba Ikuti Tips Merekam Suara Berikut Ini

Tidak jarang kami menonton video dengangambar yang baik, namun kualitas suaranya buruk. Kualitas suara memang kerap dilupakan oleh kreator-kreator video, padahal suara tidak kalah pentingnya dengan gambar.  Hal ini sebetulnya menarik, karena perkembangan teknologi keduanya sebetulnya sama-sama melaju beriringan. Di postingan ini, kami ingin berbagi tips merekam suara agar suara videomu lebih baik.

Pilihlah Microphone dengan Baik

Ini bagian paling penting. Sedikit uang memang perlu dikeluarkan untuk kualitas suara yang baik. Pemilihan microphone amatlah tergantung dengan jenis video yang kalian buat. Untuk keperluan vlog, bisa gunakan microphone-microphone yang terhubung langsung dengan kamera. Kami pernah menggunakan ZOOM H1, dan hasil kualitasnya sangat memuaskan, bahkan ketika syuting di tempat ramai. Harganya pun relatif murah.

tips merekam suara : pakai microphone yang baik

Jika kamu pembuat konten cerita yang membutuhkan kualitas suara yang lebih baik, seperti film pendek dan series, maka kami sangat menyarankan untuk menggunakan recorder terpisah dengan kamera. Alat-alatnya juga tak mahal, bahkan bisa pula disewa dengan harga murah. Contohnya adalah ZOOM H4N atau ZOOM H6. Dari recorder, kalian bisa sambungkan microphone, bisa shotgun atau clip-on. Setupnya memang lebih rumit, tetapi kebutuhan cerita memang menuntut kualitas suara yang lebih baik.

Carilah Lokasi Yang Tenang

Jika kalian sudah memiliki perekam suara yang baik, maka penting pula untuk mencari tempat yang tenang. Pastikan jarak microphone tidak terlalu jauh denganmu / subjek. Kualtas ZOOM H1 memang cukup baik untuk syuting di tempat ramai, tetapi kalau kalian memang bisa melakukannya di tempat sepi, kenapa tidak? Seringkali pula suara AC terekam dan menganggu. Jadi, jika kalian merekam di kamar, pastikan matikan AC dulu ya.

tips merekam suara - carilah tempat yang tenang

Gunakan Software Audio Sederhana

Kualitas suara yang direkam dengan mengikuti dua petunjuk diatas sebetulnya sudah pasti bersih. Namun, jika kalian ingin hasil yang maksimal, lakukan sound editing menggunakan software-software sederhana. Jika kalian pengguna mac, maka kalian sudah mendapatkan aplikasi GarageBand. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan terbukti bekerja dengan baik untuk meredam suara-suara noise yang tidak diinginkan.

tips merekam suara - gunakan software editing sederhana

Inilah tiga tips sederhana yang bakal menjamin kualitas suara videomu menjadi lebih baik. Jika ada tambahan atau pertanyaan, silahkan langsung tulis di kolom komentar aja ya!

Comments