Categories: Content Creation

50 Istilah Dalam TikTok Yang Wajib Kamu Ketahui

Share

Bahas istilah dalam Twitter udah, bahas istilah dalam Instagram juga udah, kalau gitu sekarang kita bahas istilah dalam TikTok kali yah! Seperti yang kita semua sudah tahu, TikTok merupakan platform distribusi konten video singkat yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir.

Oh ya buat yang belum tahu, Studio Antelope juga sudah punya akun TikTok lho, klik di sini dan jangan lupa follow yah. Oh ya selain itu kemarin kita juga sempat bikin film lho di TikTok. Bikin film di TikTok? Emang bisa/ Bisa dong, coba aja mampir ke link berikut ini buat menonton film X&Y, film pendek vertikal pertama di TikTok.

Dunia TikTok adalah sebuah kancah kreatif yang terus berubah, penuh dengan istilah-istilah unik dan fitur-fitur inovatif yang memikat jutaan pengguna setiap harinya. Dari ‘FYP’ yang menyihir kita dengan konten personalisasi hingga ‘Duets’ yang membuka jalan untuk kolaborasi kreatif, platform ini telah menjadi lebih dari sekadar aplikasi video singkat; ia telah berubah menjadi sebuah fenomena budaya.

Di artikel ini, kami bakal ngebawa kamu menjelajahi beragam istilah dan fitur khas TikTok, memberikan wawasan tentang bagaimana mereka membentuk pengalaman pengguna dan menciptakan tren baru di dunia digital.

Siap untuk menyelami dunia TikTok yang penuh warna dan dinamis? Mari kita mulai perjalanan kita dalam memahami bahasa gaul serta analitik yang membuat platform ini unik dan terus populer di kalangan generasi muda saat ini.

Istilah Dalam TikTok Analytics

Traffic Source

Memberikan informasi dari mana lalu lintas video TikTok Anda berasal, seperti Search, For You Page, Profile, atau sumber lainnya​​.

Discovery Page

Laman ini mirip dengan laman Explore di Instagram. Bedanya di Discovery Page TikTok, kamu bisa menemukan hashtag-hashtag yang sedang trending di TikTok juga banner-banner iklan yang sedang promosi.

Drafts

Drafts merupakan fitur TikTok yang memungkinkan kamu membuat video di satu waktu, menyimpannya, lalu mengunggahnya di waktu yang lain. Caranya mudah, saat kamu sudah selesai mengedit videomu, kamu tinggal klik ‘Save as Draft’ dan video kamu akan masuk ke dalam bagian Draft.

Duets

Duets merupakan salah satu fitur keren yang ada di TikTok. Nah jadi fitur ini tuh memungkinkan kamu berkolaborasi dengan creator lain. Nanti layarnya kayak dibagi dua gitu guys, jadi seolah-olah kamu bisa berinteraksi dengan konten yang udah lebih dulu dibuat sama si kreator tersebut.

Viewer Insights

Menunjukkan distribusi penonton berdasarkan gender, usia, dan lokasi mereka​​.

Reached Audience vs Engaged Audience

Reached audience mengacu pada orang-orang yang menonton video Anda setidaknya sekali, sementara engaged audience adalah mereka yang berinteraksi dengan video Anda (misalnya menyukai, berkomentar, atau membagikan)​​.

Content Analytics

Memberikan detail analitik untuk setiap video yang Anda posting, termasuk total tampilan video, total share, jumlah komentar, total likes, total waktu tonton, waktu tonton rata-rata, dan seberapa banyak orang yang menonton video Anda secara penuh​​​​.

Follower Analytics

Memberikan statistik rinci tentang lokasi, gender, waktu aktivitas paling tinggi dari pengikut Anda di TikTok, serta video dan suara yang disukai pengikut Anda​​​​.

FYP

FYP adalah singkatan dari for you page, atau kalau diterjemahkan halaman buatmu. Nah cara kerjanya mirip laman explore di Instagram, tapi bedanya algoritma TikTok bisa langsung menawarkan konten yang kira-kira kamu sukai. FYP ini yang bikin TikTok berbeda dengan media lainnya, karena siapa pun punya kesempatan viral yang sama lewat laman FYP TikTok ini.

LIVE Analytics

Menyediakan informasi mendetail tentang video LIVE Anda, termasuk total tampilan, total waktu, pengikut baru, jumlah penonton maksimal, dan Diamonds yang Anda peroleh​​​​.

Hashtag Views

Menunjukkan jumlah total tampilan untuk sebuah hashtag, yang berguna untuk mengidentifikasi hashtag paling efektif dalam industri Anda​​.

Engagement Rate

Penting untuk menghitung tingkat keterlibatan dengan menggabungkan semua data interaksi, termasuk likes, komentar, dan share​​.

Geographical Location of the Audience

Memberikan informasi tentang lokasi penonton Anda, yang berguna untuk kampanye pemasaran yang ditargetkan​​.

Sounds the Audience Listens to

Memberikan wawasan tentang tren suara yang populer di antara pengikut Anda, yang bisa membantu dalam menciptakan konten yang relevan​​.

Videos the Audience Watches

Memberikan data tentang jenis konten yang paling disukai oleh penonton Anda​​.

The Growth of the Audience

Menganalisis pertumbuhan pengikut Anda untuk mengidentifikasi apa yang mendorong pertumbuhan tersebut​​.

The Usage of Hashtags

Menganalisis penggunaan hashtag dan efektivitasnya dalam menjangkau audiens yang tepat​​.

Accessing and Checking Analytics

TikTok menyediakan tiga kategori utama dalam analitik: Overview, Content, dan Followers, yang masing-masing memberikan wawasan berbeda tentang performa dan audiens Anda di TikTok​​.

Istilah Gaul TikTok

Broke My Scale

Ekspresi yang menunjukkan seseorang sangat menarik, melebihi skala penilaian tertinggi​​.

Cancel Culture

Fenomena menarik dukungan publik dari individu atau perusahaan karena tindakan atau pernyataan mereka yang menyinggung​​. Contoh kalimat: “Udah lah, dia mending kita cancel aja! Kelakuannya bikin ilfeel banget!”

CEO _____

Kalau kata CEO udah sering kita dengar lah ya. CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer alias pimpinan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Nah kalau di TikTok, CEO itu merujuk pada orang yang benar-benar menguasai suatu topik. Misalnya: “CEO of Filmmaking”, artinya si kreator itu pandai banget dalam urusan filmmaking. Yah kurang lebih mirip-mirip lah sama istilah “S3 ____”

Check

Kata check ini pasti udah gak asing lagi buat yang main TikTok. Jadi intinya kata check ini tuh kayak ‘checklist’ dari ciri-ciri yang ingin kamu tonjolkan. Misalnya di awal video kamu menyebut, ‘filmmaker independen check!’, nah isi videonya kamu bisa bikin jokes lewat ciri-ciri yang mewakili ‘filmmaker independen’ tadi, misalnya ‘minjem alat temen buat syuting’ atau ‘ngajak temen jadi aktor’, dsb.

Creators

Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan istilah TikTokers untuk menyebut kreator TikTok, tapi tahu gak kamu kalau sebetulnya TikTok official tidak pernah menggunakannya. Nah makanya dalam acara-acara TikTok, istilah ‘creator TikTok’ lebih sering dipakai. Intinya sama kok sebenernya: merujuk pada orang-orang yang membuat konten TikTok.

Related Post

Flex / Flexing

Istilah flex dan flexing ini nampaknya cukup populer di kalangan Gen-Z. Jadi flex artinya pamer atau memamerkan sesuatu di TikTok. Misalnya kamu bikin konten sama pacar baru, nah bisa aja kamu lagi dianggap ‘flexing pacar baru’.

GYAT / GYAAT

Singkatan dari “Get Your Act Together,” digunakan untuk memberitahu seseorang bahwa sikap atau komentarnya tidak pantas atau memalukan.

Glow Up

Glow up adalah istilah yang artinya kamu membuat improvement yang cukup signifikan dalam hidup kamu. Nah glow up ini bisa berarti secara fisik, penampilan, maupun mental ya guys! Jadi bisa aja kamu glow up secara penampilan alias memakai pakaian yang keren atau dandan. Atau bisa juga kamu memutuskan untuk nulis diary atau membaca buku supaya diri kamu lebih ‘glow up’.

Heather

Heather adalah istilah dalam TikTok yang merujuk pada perempuan yang sempurna atau seorang perempuan yang semua orang ingin menjadi sepertinya.

Hot Girl Summer

Istilah yang merujuk pada sosok perempuan yang percaya diri, menyenangkan, dan selalu memprioritaskan kebahagiannya.

IYKYK (If You Know You Know)

Mengindikasikan hanya orang tertentu yang akan mengerti referensi atau lelucon internal (inside jokes).

It’s Giving…

Digunakan untuk mendeskripsikan vibe yang dibawa oleh seseorang atau sesuatu​​. Contoh: “It’s giving you the 80s rock n’ roll vibes” (itu ngasih vibe rock n’ roll 80an).

Lit

Lit adalah ungkapan yang menunjukan sesuatu keren atau luar biasa. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya: “wow The Batman is lit!” yang mengartikan film The Batman sangat keren.

Living Rent-Free

Ketika seseorang atau sesuatu terus-menerus mengisi pikiran seseorang, biasanya secara tidak menyenangkan​​. Contoh kalimat: “He’s living on her head rent-free (dia tidak bisa melupakannya dari pikirannya).

Lowkey / Highkey

“Lowkey” digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dilakukan secara halus atau rendah hati, sementara “Highkey” mengindikasikan sesuatu yang dilakukan secara terbuka atau tegas​​.

Main Character Energy

Istilah yang digunakan kepada seseorang yang merasa dirinya adalah tokoh utama dari segalanya dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

MFW (My Face When)

Menggunakan ekspresi wajah untuk menunjukkan reaksi dalam skenario tertentu​​. Contoh: “MFW (my face when) dosen mulai ngabsen pas tahu ada temen yang titip absen”.

NSFW (Not Safe For Work)

Diterjemahkan secara harfiah sebagai konten yang tidak seharusnya ditonton di tempat kerja​​. Namun, biasanya dipakai untuk merujuk konten yang “berbahaya” ditonton di tempat umum, misalnya video yang mengandung unsur seksual atau kekerasan.

IB

TikTok memang merupakan platform yang kolaboratif. Di sini kamu bisa saling menginspirasi sesama kreator. Nah IB adalah singkatan dari inspired by alias terinspirasi dari. Jadi kalau kamu bikin konten yang terinspirasi dari kreator lain, kamu bisa menuliskan IB di konten kamu.

OOMF (One of My Followers)

Cara singkat untuk merujuk pada pengikut tanpa menyebutkan orang tersebut​​. Contoh kalimat: “Kemarin OOMF ada yang ngespill ceritanya ke aku”.

OOTD (Outfit of the Day)

Gaya video umum yang digunakan oleh lifestyle dan fashion TikTokers untuk menunjukkan outfit harian mereka​​.

Q&A

Menurut kami fitur Q&A ini adalah salah satu fitur keren di TikTok. Q&A adalah fitur di TikTok yang memungkinkan followers kamu untuk bertanya di akun kamu. Nah pertanyaan yang sudah terkumpul itu nantinya bisa kamu jawab lewat konten gitu guys. Berbagi ilmu pun jadi makin mudah deh!

POV ____

POV adalah singkatan dari point of view. Betul sesuai dengan istilah POV dalam film, istilah POV di TikTok merujuk pada jenis video yang ngasih lihat sudut pandang tertentu. Misal kamu membuat video dan menuliskan “POV Pacaran sama Aku”, nah artinya di video kamu meletakan kamera seolah-olah itu sudut pandang pacar kamu.

Report

Report adalah salah satu fitur TikTok yang bisa kamu gunakan untuk melaporkan aktivitas, kata-kata, atau konten yang kamu anggap tidak layak dan menimbulkan efek negatif, misalnya: pelecehan, cyberbullying, rasisme, dsb. Inget guys, hal-hal kayak gini gak boleh kita tolerir, harus kita report kalau nemu!

S3 ____

S3 adalah singkatan dari Strata 3 atau jenjang pendidikan tertinggi dalam dunia akademis. Nah di TikTok istilah S3 merujuk pada seseorang yang amat pandai dan cerdik dalam suatu hal. Misalnya: kamu melihat satu perusahaan melakukan campaign marketing yang jitu dan out of the box di TikTok, nah kamu bisa menyebutnya dengan ‘S3 marketing’.

Savage

Menggambarkan seseorang yang “brutal”, yang bertindak berani atau berbicara tanpa mempertimbangkan konsekuensi​​. Contoh kalimat: “Anjir, dia savage banget pas debat sama dosen kemarin!”

SMH

SMH adalah kependekan dari shaking my head alias geleng-geleng kepala. Jadi misalnya ketika kamu melihat konten TikTok viral tentang perilaku orang yang tidak menyenangkan, kamu bisa menulis komen “duh kenapa harus gitu sih? smh” yang berarti kamu menggelengkan kepala akibat perilaku orang tersebut.

Spill

Spill secara harfiah artinya “menumpahkan”. Nah dalam dunia maya, spill artinya menumpahkan berita atau menceritakan suatu gosip hangat. Misalnya ketika kamu mau menceritakan satu rahasia, kamu bisa menuliskan “guys aku mau nge-spill salah satu cerita aku dan mantanku nih”.

Stitch

Stitch adalah fitur di TikTok yang mirip dengan Duets. Namun bedanya apabila Duets membuat videomu dan video kreator lain bersebelahan (split screen), maka fitur Stitch membuat video kreator lain bermain lebih dulu, lalu baru video yang kamu buat. Biasanya fitur ini dipakai untuk mengomentari atau merespon video buatan kreator lain.

Template

Template merupakan salah satu fitur di TikTok yang memudahkan kamu membuat video. Dengan menggunakan Template kamu tinggal memasukan video atau foto sesuai yang diminta dan voila, videomu selesai dan siap diunggah!

VSCO Girl

VSCO Girl merujuk pada stereotipe wanita muda yang memposting konten trendi atau estetis, sering mengadopsi pilihan fashion atau gaya hidup tertentu​​.

#xyzbca

#xyzbca adalah salah satu hashtag yang cukup populer di TikTok. Tujuan orang menggunakan hashtag ini adalah agar lebih mendapat kesempatan masuk ke FYP alias for you page. Kurang lebih fungsinya sama lah dengan hashtag #foryoupage atau #fyp.

Itu dia istilah-istilah dalam TikTok yang perlu kamu ketahui. Tertarik membaca artikel menarik lainnya? Yuk klik di sini ya!

This post was published on February 1, 2024 9:00 am

Published by

Recent Posts

Menguasai Teknik Editing Film: Fast Cut vs Slow Pace

  Dalam dunia sinematografi, teknik editing film adalah salah satu faktor kunci yang menentukan tempo…

April 24, 2024

Memahami 8 Sequences dalam Penulisan Skenario: Struktur Standar Film Hollywood

Dalam dunia penulisan skenario, mengatur cerita ke dalam sequence yang terstruktur dengan baik adalah kunci…

April 23, 2024

Mengoptimalkan Pesan dalam Iklan 30 Detik: Strategi Efektif untuk Brand

Dalam dunia periklanan yang serba cepat, iklan 30 detik menawarkan tantangan unik untuk menyampaikan pesan…

April 22, 2024

Sorotan Khusus pada Sinema Indonesia di Far East Film Festival 2024

Far East Film Festival 2024 yang berlangsung antara 24 April - 2 Mei 2024 di…

April 20, 2024

Dialog vs Keheningan dalam Penulisan: Mana Yang Kamu Pilih?

Dialog vs keheningan, mana yang kamu pilih saat menulis skenario? Dalam dunia penulisan skenario, memilih…

April 19, 2024

8 Manfaat Menggunakan Video dalam Strategi Periklanan Anda

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif…

April 18, 2024