5 Ruang Pemutaran Film Alternatif Yang mungkin Belum Kamu Ketahui

Menonton film kini tak terbatas hanya di bioskop. Berbagai ruang pemutaran dan komunitas film alternatif yang dapat menjadi pilihan penonton jika jengah dengan film-film arus utama. Hadirnya layar-layar alternatif ini menjadi sarana bagi pembuat film lokal untuk menunjukkan karyanya. Film pun tidak hanya sekedar diputarkan, beberapa tempat atau acara juga melaksanakan diskusi sebagai pendamping pemutaran film. Ruang pemutaran alternative seperti Kineforum, Kinosaurus, dan Cine Space mungkin sudah kamu ketahui. Studio Antelope memberikan rekomendasi pemutaran alternatif lain yang juga dapat menjadi pilihanmu.

 

Sinema Rabu

Instagram: https://www.instagram.com/sinemarabu/

Mengusung konsep kulinari sinema, Paviliun 28 mengadakan Sinema Rabu yaitu pemutaran film panjang lokal. Pemutaran dilaksanakan setiap rabu malam bertempat di Jl. Petogogan I No. 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tidak hanya film panjang, Sinema Rabu juga kerap menayangkan kompilasi film pendek dari satu ataupun berbagai pembuat film. Kamu perlu membayar Rp 30.000 untuk dapat menikmati film. Beberapa film panjang yang pernah ditayangkan adalah Opera Jawa karya Garin Nugroho,ย  A Copy of My Mind karya Joko Anwar, dan Terpana karya Richard Oh

 

Patriot Film Bekasi

Instagram: https://www.instagram.com/patriotfilmbekasi/

PATRIOT FILM, PRESENT!!! Program Pemutaran “Be(kasi) Movie Screening” (Pemutaran Film & Diskusi Film) vol.21 โž– Daftar Putar Film : 1. LOST IN MIND – Anugerah Maha Nanda 2. KUKUDAN – Bowo Leksono 3. SEJATI – Bagus RS 4. ROS – Patricia Giovanni โž– Waktu dan Lokasi : – Hari/Tanggal: Sabtu 27 Januari 2018 – Pukul: 19.00 WIB – Lokasi: Fit & Food Kedutaan Besar Bekasi, Jalan Raya Jatikramat No. 2A Jatiasih Bekasi GOOGLE MAPS LOKASI PEMUTARAN https://goo.gl/maps/ihBNAoV2X3F2 โž– “GRATIS !!!” Datang dan aprsesiasikan Karya Film Alternatif. Ditunggu kedatangannya. โž– Supported By: – @kedubesbekasi โž– More Info: WhatsApp – 0822-9858-2055 (Bella) IG – Patriotfilmbekasi Facebook Fanpage – Patriot Film Bekasi #bemoviescreening #patriotfilm #bekasiputerfilm #bekasi #indiefilm #filmpendek #shortmovie #infoscreening #screeningfilm #moviescreening #screeningfilmbekasi #pemutaranfilm

A post shared by Patriot Film๐ŸŽฌ (@patriotfilmbekasi) on

Untuk warga Bekasi dan sekitarnya, kamu bisa berkunjung ke acara pemutaran yang diselenggarakan oleh Patriot Film Bekasi yaitu Be(kasi) Movie Svreening. Film yang diputar merupakan kompilasi beberapa karya filmmaker-filmmaker muda yang dipilih melalui proses kurasi. Kamu juga dapat berdiskusi langsung dengan sang pembuat film. Be(kasi) Movie Screening dilakukan sebulan sekali tepatnya pada hari Sabtu di Fit nโ€™ Food, Ruang Kolab Kedutaan Besar Bekasi, Jl. Jatikramat Raya, Jatiasih. Patriot Film Bekasi juga kerap melakuakan pemutaran ala layar tancap. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti pemutaran yang diselenggarakan oleh Patriot Film Bekasi.

 

Jakarta Cinema Club

Instagram: https://www.instagram.com/jakartacinemaclub/

Jakarta Cinema Club merupakan komunitas film yang kerap memutarkan berbagai film mulai dari sinema lama Hollywood hingga film Asia pilihan. Jakarta Cinema Club mengusung tema tertentu yang berbeda setiap bulannya. Untuk bisa mengikuti pemutaran, kamu harus mendaftarkan diri melalui https://www.meetup.com/jakartacinemaclub/. Beberapa program pemutaran yang ditawarkan adalah Secret Movie Saturday, The After Hours, Bukunema, Philosophizeme, dan Layar Lokal. Tidak hanya pemutaran, komunitas Jakarta Cinema Club juga melakukan diskusi membahas isu seputar film yang ditayangkan. Biasanya pemutaran dilaksanakan di Kenobi Space, Gedung Colony Lt. 6, Kemang, Jakarta Selatan. Untuk mengikuti pemutaran dan diskusi, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 30.000, angka ini sudah termasuk camilan dan kopi.

 

Forum Sinema

Instagram: https://www.instagram.com/forum.sinema/

Forum Sinema merupakan program yang digagas oleh Forum. Forum ini bertujuan sebagai wadah menonton dan mengapresiasi budaya sinema di Indonesia. Kamu dapat menonton kompilasi film pendek maupun film panjang dari filmmaker lokal dan internasional. Tempat pemutaran Forum Sinema akan pindah dari Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta Selatan. Namun belum ada pengumuman resmi untuk tempat pemutaran baru. Film-film yang pernah diputar adalah Turah karya Wicaksono Wisnu Legowo, Bitter, Sweet, Seoul karya Park Chan-Wook dan Park Chan-Kyong, dan Istirahatlah Kata-Kata karya Yosep Anggi Noen.

 

Radiant Cinema

Instagram: https://www.instagram.com/radiantcinema)

Radiant Cinema merupakan program regular yang kerap diadakan saat akhir pekan. Pemutaran film oleh Radiant Cinema dilakukan di The Radiant, Jl. H. Abdul Gani No. 17, Ciputat, Tanggerang Selatan. Beberapa waktu terakhir ini, Radiant Cinema juga melaksanakan pemutaran Sinema Sang Akar di Jl. Tebet Barat Dalam 1 No. 22, Jakarta Selatan. Untuk menonton film di Radiant Cinema, kamu perlu memberikan donasi sebesar Rp 25.000. Radiant Cinema juga pernah melaksankan pemutaran film-film karya Studio Antelope melaui program Focus on Jason Iskandar yang dapat kamu baca pada tautan artikel berikut. Beberapa film yang pernah diputar adalah Bulan di Atas Kuburan karya Edo Sitanggang dan Something In The Way karya Teddy Soeriaatmadja.

Comments