Berkenalan Dengan Branded Entertainment

Sebagai production house yang aktif memproduksi film-film pendek & series, branded entertainment adalah salah satu fokus utama kita. Namun, memang belum banyak yang familiar dengan istilah ini. Branded entertainment adalah istilah yang sedang banyak diucapkan belakangan ini. Wikipedia mendefinisikan branded entertainment sebagai berikut:

“Branded Entertainment is an entertainment-based vehicle that is funded by and complementary to a brand’s marketing strategy.”

Branded entertainment adalah konten hiburan yang didanai, disokong, dan diintergrasikan dengan strategi marketing brand. Dengan kata lain, sebuah prodak hiburan yang digagas oleh kreator yang kemudian melibatkan brand dalam proses kreatif hingga distribusinya. Kami punya definisi sendiri soal branded entertainment, yaitu kolaborasi antara visi pembuat film dengan core value dari sebuah brand.

Sudah ada banyak contoh branded entertainment. Kita sendiri sudah pernah membuat beberapa, antara lain yang teranyar adalah Hijab Love Story 3, sebuah web series yang berkolaborasi dengan brand Wardah Beauty. Sebelumnya, kita juga pernah membuat film pendek dengan Yamaha Indonesia dan Milna Organic.

Ini adalah beberapa contoh branded entertainment:

Film pendek brand fashion H&M yang disutradarai oleh Wes Anderson.

 

Film pendek untuk brand otomotif BMW.

 

Campaign dalam bentuk social experiment yang mengeksplor stereotype tentang perempuan.

 

Dan juga beberapa film pendek dan series yang pernah kami produksi:

Hijab Love Story 3 adalah web series yang kami produksi bekerjasama dengan brand kecantikan Wardah.

 

Cinta Tulus Bunda adalah film pendek yang disutradarai oleh Monica Tedja, bekerjasama dengan brand Milna Organic.

 

Balik Jakarta adalah film pendek yang ditulis & disutradarai oleh Jason Iskandar, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, menceritakan persahabatan Jerman & Indonesia dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari.

 

Namun sekarang pertanyaannya adalah kenapa branded entertainment dianggap sebagai masa depan brand marketing? Apa saja keuntungannya? Berikut adalah penjabaran kami:

Memperkuat Brand Story
Setiap brand memiliki cerita dan value. Setiap cerita dan nilai tersebut penting untuk dishare ke konsumen / penonton. Ada berbagai cara untuk menceritakannya. Naratif adalah kendaraan yang cukup tepat untuk itu.

Berbeda dengan iklan-iklan tradisional yang to the point dan sedikit punya unsur hiburan, branded entertainment lebih fokus pada cerita dan value. Kendaraan naratif ini dinilai cukup ampuh untuk membuat penonton terhibur sambil memperkenalkan brand story & value ke penonton.

Style hijab di Hijab Love Story 3 oleh Elvira Sundari

Berinteraksi Dengan Konsumen
Berbeda dengan marketing tradisional yang sangat bersifat satu arah, branded entertainment membuka peluang untuk berinteraksi dengan penonton. Revolusi digital memang membuka kemungkinan-kemungkinan ini. Interaksi dengan konsumen bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan membuat aktivasi lain, seperti kuis berhadiah, kontes, dsb; hingga interaksi tanya jawab di kolom komentar yang tentu membuat brand anda semakin dikenal.

‘Memprovokasi’ Penonton
‘Call to action’ merupakan hal yang amat penting dalam dunia marketing digital. Panggilan untuk bertindak meggiring penonton untuk melakukan sesuatu, antara lain membeli prodak / jasa brand anda. Branded entertainment telah terbukti mampu mengkonversi penonton menjadi pembeli. Audio visual yang menghibur terbukti mampu memprovokasi penonton untuk melakukan sesuatu.

Puteri Modiyanti and Rian Adianto Hijab Love Story Season 2

Kesimpulan
Hiburan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Hiburan digunakan manusia untuk pergi sejenak dari segala penat dan rutinitas yang menekan mereka. Ini adalah era dimana anda punya kesempatan untuk berkolaborasi dengan pembuat film / kreator untuk mengintergrasikan visi mereka dengan brand story / value yang ingin diceritakan. Menggunakan branded entertainement merupakan cara yang efektif untuk bisnis Anda.

Ada tambahan atau punya pendapat lain? Tuliskan di kolom komentar!

Comments