Entertainment

Film ‘Seperti Dendam’ Berjaya di Festival Film Locarno 2021!

Share

Kabar gembira datang dari Locarno, Swiss. Film ‘Seperti Dendam, Rindu Dibayar Tuntas’ mendapatkan penghargaan Golden Leopard atau Leopard Emas, yang merupakan hadiah tertinggi di festival film yang telah diselenggarakan selama 74 tahun ini. Tahun ini, ada 3 film Indonesia yang beraksi di festival film tersebut.

Film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ adalah film panjang kelima Edwin sebagai sutradara, setelah Babi Buta Yang Ingin Terbang, Postcards from the Zoo, Posesif, dan Aruna & Lidahnya. Film adaptasi novel Eka Kurniawan ini bercerita tentang Ajo Kawir (diperankan Marthino Lio), seorang laki-laki yang mengamuk karena rahasia akan ‘ketidakberdayaannya’.

Sejak pemutaran perdana di Locarno, 9 Agustus silam, film ini telah menerima banyak pujian. Jay Weissberg dari Variety misalnya, menyebut film ini sebagai “sebuah ode untuk sinema Asia Tenggara era 1980an yang dirancang sebagai kritik atas toxic masculinity“.

Related Post

Dalam pidato kemenangannya, produser Mohammad Zaidy juga menyebut bahwa kemenangan film ‘Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas’ juga merupakan kemenangan untuk sinema Asia Tenggara.

Sejalan dengan Zaidy, Edwin sang sutradara juga menambahkan, “saya merasa terhubung dengan seluruh kawasan Asia Tenggara karena kita menghadapi kurang lebih semangat yang sama dan juga pada saat yang sama menghadapi masalah yang sama, Anda tahu kami memiliki sensor, kami memiliki kekerasan di sana-sini.”

“Dan bahkan di masa yang sangat sulit ini, kita dapat menemukan energi dan semua semangat yang dapat menyatukan kita, menjaga kita bersama dan …. merayakan diri kita sendiri dan pada saat yang sama mengkritik dan mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masalah kita melalui sinema.”

Kemenangan ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ seakan melengkapi kejayaan delegasi Indonesia di Festival Film Locarno 2021. Sebelumnya, project film ‘Our Son’ karya sutradara Luhki Herwanayogi mendapatkan Open Doors Grant sebesar 10.000 CHF atau setara IDR 157.650.858,-. Selain itu, film pendek Monica Vanesa Tedja juga mendapat Special Mention di kompetisi film pendek Open Doors Locarno.

This post was published on August 16, 2021 10:01 pm

Published by

Recent Posts

Merayakan Sinema Tanah Air: 8 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Di setiap perayaan Hari Film Nasional, ada baiknya kita mengingat kembali karya-karya sinema Indonesia yang…

March 29, 2024

Menguak Rahasia Low Light Cinematography: Tips dan Trik untuk Sineas

Dalam dunia sinematografi, memfilmkan dengan cahaya rendah bukan hanya sebuah kebutuhan tetapi sering kali merupakan…

March 27, 2024

8 Situs Terbaik untuk Musik dan Sound Effect Gratis

Dalam dunia kreatif, musik dan efek suara memegang peranan penting dalam memberikan nuansa dan atmosfer…

March 26, 2024

Mengenal Berbagai Jenis Festival Film dan Keunikan Masing-Masing

Dalam dunia perfilman, festival film adalah salah satu momen yang paling dinantikan oleh para sineas,…

March 25, 2024

Proses Brainstorming Series CinLock: Transformasi Ide Menjadi Skenario

Dalam dunia yang penuh dengan tayangan menarik dan beragam, terkadang kita penasaran, bagaimana sih proses…

March 22, 2024

Apakah Kamu Dilahirkan Untuk Menjadi Penulis? Ini 8 Tandanya!

Menulis bukan hanya kegiatan menggoreskan pena di atas kertas atau mengetik di depan layar komputer.…

March 21, 2024